Pilih Mana, Ngedit Foto Pakai Photoshop Atau Lightroom?

Photoshop dan Lightroom Software Pengolah Foto Wajib Kamu Pakai

mrfdn.com - Setelah kamu melakukan taking picture, kamu pasti membutuhkan software pengolah foto untuk mempercantik foto yang kamu miliki. Meski tidak semua foto harus diolah lagi, tapi bagi sebagian orang kurang lengkap rasanya kalau belum memoles fotonya lagi di software pengolah foto.
Photoshop dan Lightroom Software Pengolah Foto Wajib Kamu Pakai


Berikut 2 software pengolah foto yang bisa wajib kamu gunakan untuk memaksimalkan hasil foto kamu.

1. Photoshop

Pertama dan paling direkomendasikan adalah photoshop. Siapa sih yang tidak tahu software pengolah foto satu ini. Orang yang tidak mengerti foto saja sering menyebut edit di photoshop meski belum pernah tahu apa itu photoshop. Yap, photoshop sebagai salah satu sotware photo yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. 


Sortware satu ini memiliki fitur yang sangat lengkap. Mulai dari fitur dasar seperti crop, level, curve, sampai fitur pro seperti masking, filter, dan lain-lain. Fitur-fitur yang dibawanya juga sangat user friendly. Dengan mengetahui fungsi dasar dari tool-tool photoshop kamu bakalan tidak kewalahan menggunakannya.

Baca juga :: Tools yang Sebaiknya Dikuasai Untuk Edit Foto di Photoshop

Saking terkenalnya photoshop mulai digunakan oleh orang-orang yang memang bergelut di dunia foto seperti karyawan studio foto yang kerjanya tiap hari hanya mengambil gambar dan mengedit sesuai keinginan klien di studio. Sampai pada orang-orang yang hanya membuka jasa edit foto di pinggir jalan. 

Kalau dahulu saya ingin mencetak foto, di pinggir jalan itu mereka hanya dalam bentuk kamar gelap lalu mencetak klise foto yang saya bawa. Tetapi sekarang mereka sudah mengganti menjadi serba komputer. Foto dicetak dari printer.

Kemudian para mahasiswa, para pehobi foto, bahkan sampai pada perusahaan besar seperti advertising yang mengerjakan full time job di fotografi. Mereka dalam menciptakan foto yang berkualitas pasti menggunakan photoshop sebagai tool wajib.

Menggunakan photoshop gampang-gampang susah, gampang karena tampilannya yang simple dan sangat mudah dipahami fungsi tools nya. Dan susah karena terkadang ada beberapa format kamera yang tidak bisa terbaca file RAW nya, jadi untuk mengatasi itu dibutuhkan software lain untuk membaca file raw dari kamera itu. 

Dengan menggunakan photoshop kamu bisa berkreasi foto berupa edit foto, mengganti latar, memperbaiki gambar, menambahkan objek, mempertajam foto, menghilangkan objek, memperbesar foto, melakukan digital imaging, menambahkan text, sampai mencetak foto. 

sumber foto :: google.com

 Saya sendiri menggunakan photoshop sebagai tool yang wajib untuk mengolah foto-foto yang saya buat. Saya biasa melakukan pembersihan terhadap foto saya dari objek-objek yang saya anggap mengganggu pada foto itu dan photoshop melakukannya dengan baik. 

Jadi apa kamu sudah menggunakan photoshop juga?

2. Lightroom

Yang kedua yaitu Lightroom. Software itu adalah bisa dibilang sebagai software gandengan dengan photoshop. Menggunakan Lightroom sebagai software pengolah foto tidak akan membuat kamu mengedit foto seleluasa mengedit di photoshop, sebab di satu sisi photoshop bisa melakukan banyak hal. 


Namun untuk kamu yang tidak ingin mengolah dari tingkat lanjut itu, kamu dapat menggunakan lightroom sebagai software foto kamu.

Kelebihan Lightroom dibandingkan Photoshop

1. Lightroom dapat membuka file raw dengan mudah secara bersamaan ke dalam satu software. Lightroom sebagai software yang sangat powerfull untuk mengolah file file RAW dari kamera-kamera kamu. Mengedit di Lightroom hanya sekedar memperbaiki warna, crop gambar, menghilangkan objek kecil namun untuk beberapa objek tidak se advance photoshop.

Baca juga ::  10 Keuntungan Memotret dengan Format RAW

sumber foto :: google.com

2. Dengan ligtroom dapat mempersingkat waktu mengedit foto jika memiliki banyak file yang sama dan ingin disamakan style editnya. Misal kamu mau bikin album foto keluarga, setelah kamu memotret kamu mungkin memiliki file foto yang berbeda-beda warna dan pencahayaannya mungkin karena menggunaan white balance auto. Jika menggunakan photoshop kamu harus mengedit satu per satu gambar itu. Tetapi dengan lightroom kamu tinggal buka foto-foto itu lalu melakukannya dengan beberapa klik saja, dan foto yang berbeda-beda warna tadi bisa sama settingannya. 

3. Saya melihat dengan mengedit di photoshop bisa meminimalisir pixelete pada foto yang diedit di photoshop. Misal kamu punya file foto yang kamu edit di photoshop dan kamu melihat dynamic range dari langit terlihat pixelete atau pecah-pecah. Maka kamu dapat melakukan load terhadap foto itu di lightroom lalu export file nya. Beberapa foto saya yang saya dapatkan pixelete saya coba perbaaiki di lightroom saja.


sumber foto :: google.com

4. Tidak perlu save foto sebelum tutup aplikasi. Setiap klik yang dilakukan di lightroom disimpan sebagai sebuah history. Jadi tidak perlu khawatir selama ngedit foto kamu pindah-pindah foto lalu kembali ke foto yang pertama, semua settingan kamu disimpan oleh lightroom.

5. Bisa cross software. Maksudnya dengan menggunakan lightroom kamu bisa membuka hasil editan lightroom mu ke photoshop lalu mengeditnya di photoshop lalu membukannya kembali di lightroom. Ini adalah fitur favorit saya. Saya terkadang dalam mengolah foto, saya pertama membukanya di lightroom lalu untuk beberapa hal saya harus melakukan edit di photoshop, setelah itu save di photoshop dan otomatis akan terbuka settingan photoshop saya di lightroom dan melanjutkan edit di lightroom.

Kekurangan Ligthtroom

Untuk kekurangannya sendiri hanya terkendala dari tool tool advance dari photoshop. Namun itu bukan hal yang berat. Sebab lightroom diperuntukkan untuk mengolah foto-foto yang tidak butuh banyak perbaikan. Sedangkan photoshop diperuntukkan bagi mereka yang ingin melakukan editing yang lebih advance. 

Semua tool yang ada di lightroom ada di photoshop, tetapi tidak semua tool yang ada di photoshop ada di lightroom. Lightroom mempermudah edit foto dasar sedangkan photoshop mempermudah edit foto secara advance.  

Kesimpulan

Lightroom adalah software untuk mengolah foto yang murni foto tanpa penambahan atau pengurangan objek yang terlalu banyak. Sedangkan photoshop bagi mereka yang melakukan editing foto yang lebih lengkap.

https://www.mrfdn.com/2018/06/photoshop-dan-lighroom-software.html
sumber foto :: google.com
Jadi untuk memaksimalkan foto kamu alangkah baiknya kedua software ini kamu miliki. Dan kamu tinggal memaksimalkan kemampuan kamu dalam fotografi dan memaksimalkan hasil foto mu di Lightroom atau Photoshop.

Loading...