Tahun 2018 Beli Kamera DSLR atau Mirrorless

mrfdn.com - Hobi fotografi selalu menjadi hobi yang menyenangkan. Seiring perkembangan jaman sejak diramakan dengan kamera SLR, yang berganti ke kamera DSLR, dan kini sudah semakin beragam dengan munculnya kamera mirrorless.

Fotografer yang dahulu menenteng kamera besar dan berat-berat, kini bisa membawa kamera yang kecil namun dengan fitur setara dengan kamera DSLR yang besar.

Sebelum membeli kamera, untuk lebih jelasnya yuk simak artikel ini.
 harga kamera dslr canon kamera dslr terbaik harga kamera dslr nikon  bridge camera harga kamera dslr canon canon powershot sx410 is point and shoot kamera dslr murah harga kamera dslr nikon mirrorless camera sony canon mirrorless camera mirrorless camera vs dslr sony alpha a9 best mirrorless camera for beginners best mirrorless camera under 1000 best mirrorless camera under 500 best mirrorless camera for professionals sony mirrorless camera a6000 harga kamera mirrorless fujifilm sony mirrorless camera a5000 kamera mirrorless 2 jutaan harga kamera mirrorless canon sony alpha a7r iii jual kamera mirrorless bekas mirrorless adalah sony mirrorless camera a7 mirrorless camera wiki sony a6000 second hand mirrorless harga mirrorless camera price in india sony mirrorless camera best buy used mirrorless camera ebay   mirrorless vs dslr canon mirrorless best mirrorless camera for beginners best mirrorless camera under 1000 best mirrorless camera for professionals best budget mirrorless camera which mirrorless camera to buy
Sumber foto :: google.com

Perkembangan kamera DSLR dan Mirrorless

Kamera DSLR semakin hari semakin banyak penggunanya. Tidak hanya kalangan dewasa, remaja pun kini sudah memakai kamera dslr. Bukan hanya dipakai oleh kalangan profesional seperti wartawan atau fotografer pro, tetapi lebih merakyat. 

Kalau dulu kebanyakan yang menggunakan kamera dslr hanya dipakai untuk sebuah pekerjaan sekarang para hobi pun semakin marak. Semakin harganya yang relatif murah, hasilnya pun lebih memuaskan. 

Sebagai seorang yang hobi fotografi saya melihat perkembangan ini semakin hari semakin meningkat. Kamera dslr yang dahulu ukurannya besar-besar dan berat kini lebih kecil dan ringan. Bahkan ada yang lebih ringan dan kecil yaitu disebut sebagai kamera mirrorless.

kamera dslr video terbaik kamera slr kamera vlog murah merek kamera terbaik merk kamera terbaik urutan kamera canon
Sumber foto :: google.com

Kamera mirrorless memiliki sistem yang berbeda dengan kamera DSLR. Kamera DSLR memiliki cermin sedangkan kamera mirrorless tanpa menggunakan cermin pantul untuk mengintip ke viewfinder.

Karena bentuknya yang kecil dan ringan, tidak banyak fotografer hobbist sekarang beralih menggunakan kamera mirrorless. Selain itu juga memiliki hasil yang sama dengan hasil foto DSLR pada umumnya.

Produsen Kamera

Produsen kamera mirrorless yang pertama memboomingkan kamera mirrorless setahu saya adalah Sony kemudian disusul oleh jajaran Olimpus, dan diikuti oleh jajaran produsen kamera ternama seperti nikon dan canon. Waktu itu nama sony sebagai produsen kamera tidak begitu diminati oleh pada pembeli kamera. 

Namun seiring perkembangan jaman, konsumen pun beralih, mereka tidak hanya butuh yang praktis tapi juga tetap bisa diandalkan dalam urusan fotografi. Sejak mirrorless pertama kali dipakai oleh para kalangan fotografer, memang kebanyakan dipakai oleh mereka yang hobbist. Menjadikan kamera mirrorless sebagai kamera kedua mereka, dan masih mengandalkan kamera dslr sebagai kamera utama. 

Tapi perkembangan jaman semakin hari semakin pesat. Produsen kamera mirrorless menyematkan sensor full frame ke dalam body kamera mirrorless. Itu adalah sebuah trobosan yang sangat menggemparkan dunia fotografi.
kamera dslr video terbaik kamera slr kamera vlog murah merek kamera terbaik merk kamera terbaik urutan kamera canon
Sumber foto :: google.com

Sebagaimana diketahui bahwa kamera full frame dipresentasikan dengan body yang besar dan berat. Lihat saja contoh kamera full frame seperti Canon 5D, Nikon D4. 

Kamera mirrorless muncul dengan berbagai model. Sony dengan ciri khasnya dengan membawa kesan kecil, tipis, ringan dan dengan seri full frame dengan seri sony A7.

Kemudian ada Olimpus OMD dan Fuji X series yang mengeluarkan bentuk kamera mirip seperti kamera SLR jaman dahulu.

Ini sangat menjadi daya tarik bagi para pecinta fotografi, bisa memiliki kamera model jadul tapi dengan fitur full digital. 


Pilihan Kamera di tahun 2018

Menurut saya melihat tahun 2018 ini sepertinya produsen kamera sudah semakin banyak memproduksi kamera mirrorless. Melihat daya saing pasar, mereka berlomba-lomba mengeluarkan kamera mirrorless andalan mereka. 

Jika kamu adalah seorang hobbist dalam fotografi, tidak ada salahnya membeli kamera mirrorless. Namun kalau ingin tetap merasakan sensasi ber DSLR itu tidak masalah. 

Kenapa saya lebih memilih untuk merekomendasikan kamera mirrorless kepada para hobbist? berikut beberapa alasannya ::
harga kamera dslr harga kamera nikon kamera canon kamera dslr kamera dslr canon kamera dslr pemula kamera dslr terbaik untuk profesional mirrorless camera sony canon mirrorless camera mirrorless camera vs dslr sony alpha a9 best mirrorless camera for beginners best mirrorless camera under 1000 best mirrorless camera under 500 best mirrorless camera for professionals sony mirrorless camera a6000 harga kamera mirrorless fujifilm sony mirrorless camera a5000 kamera mirrorless 2 jutaan harga kamera mirrorless canon sony alpha a7r iii jual kamera mirrorless bekas mirrorless adalah sony mirrorless camera a7 mirrorless camera wiki sony a6000 second hand mirrorless harga mirrorless camera price in india sony mirrorless camera best buy used mirrorless camera ebay   mirrorless vs dslr canon mirrorless best mirrorless camera for beginners best mirrorless camera under 1000 best mirrorless camera for professionals best budget mirrorless camera which mirrorless camera to buy
Sumber foto :: google.com

  1. Hobbist fotografer memiliki kesenangan untuk memotret bukan dari satu gendre saja. Misalnya, para hobbist di awal-awal membeli kamera hanya untuk melakukan foto model, lalu tidak lama bosan foto model, akhirnya beralih ke foto landscape, lalu gak bertahan lama beralih ke street lagi, dan lain-lainnya. Dari sekian banyak gendre fotografi yang bisa digeluti, kamera mirrorless menjadi pilihan yang menarik dan cocok untuk semua gendre. Tidak seperti dslr yang dengan ukurannya yang besar misalnya untuk dibawa hunting street, akan kelihatan sangat besar dan saya rasa kurang cocok untuk kebutuhan street atau jalan-jalan.
  2. Bentuk kamera mirrorless yang unik.
  3. Harga yang terjangkau.
  4. Fungsi dan kualitas gambar tidak kalah jauh dengna kamera dslr.
  5. Pilihan lensa yang banyaaaaakk.. Yang lebih menarik adalah bahwa dengan menggunakan kamera mirrorless seperti merek Sony, kamu bisa menggunakan lensa-lensa manual dengan bantuan adapter. Lensa manual adalah lensa-lensa jaman dahulu yang memiliki sistem serba manual. Mulai dari memutar F stop nya sampai menemukan fokus yang tepat pada objek yang akan difoto. Keuntungan menggunakan kamera mirrorless dengan lensa manual adalah kamu bisa merasakan sensasi yang berbeda dalam berfotografi. Tidak seperti dalam menggunakan lensa auto yang kita hanya tinggal memencet tombol shutter dan foto jadi. Jika menggunakan lensa manual kamu akan sangat berpikir sebelum memutuskan untuk mengambil sebuah gambar. Dan juga karena harga lensa manual yang ada di pasaran terbilang murah meriah, tapi bisa memberikan kualitas foto yang tidak kalah dengan lensa-lensa terbaru jaman sekarang. Saya sendiri menggunakan lensa manual dan sudah lama sekali tidak memiliki lensa auto. Hehehe..
  6. Portablility.. Menggunakan kamera mirrorless, kamu bisa melakukan charge baterai secara portable. Kamu bisa menggunakan sambungan kabel micro usb dan mencolokkannya ke power bank langsung menuju ke body kamera. Sangat simple bukan? Daripada menggunakan kamera DSLR yang baterainya harus dicopot lalu dipasang ke charger baterai seperti biasanya. Pernah sekali saya sudah kehabisan baterai, dan di mobil ada charger hp, saya colokin saja body kamera ku ke sana sambil jalan menuju lokasi hunting. 
Berikut rekomendasi saya pilihan Kamera mirrorless terbaik yang bisa kamu beli sampai tahun 2018 ini ::
  1. Sony A6000, A6300, A6500
  2. Sony A7 series
  3. Fujifilm X series
  4. Olympus OM-D series
  5. Lumix GH series
 
Nah untuk kamu yang masih memilih kamera dslr di tahun 2018. Ini pertimbangan yang mungkin bagus untuk diketahui.
harga kamera dslr harga kamera nikon kamera canon kamera dslr kamera dslr canon kamera dslr pemula kamera dslr terbaik untuk profesional  harga kamera dslr canon kamera dslr terbaik harga kamera dslr nikon  bridge camera harga kamera dslr canon canon powershot sx410 is point and shoot kamera dslr murah harga kamera dslr nikon
Sumber foto :: google.com
  1. Pilihlah kamera dslr yang memiliki sensor Full frame. Full frame jaman sekarang sudah merupakan suatu yang tidak langka lagi. Memiliki kamera full frame adalah hal yang sangat bagus. Kalau belum bisa membeli full frame, mending beli mirrorless saja deh. Hehehe.. (best for budget).
  2. Kualitas hasil jepretan kamera dslr sangat dipengaruhi oleh lensa. Pilihlah lensa premium dari produsen kamera mu. Jangan terlalu mengandalkan lensa bawaan dslr, kecuali kamu membeli kamera dslr full frame dengan lensa bawaan full frame juga. Itu sudah bagus.
  3. Jangan hanya mau kelihatan profesional menggunakan kamera dslr tetapi pengetahuan masih sedikit. Baca-baca-baca dan berlatih …
  4. Sebelum membeli kamera dslr, alangkah baik jika kamu terlebih dahulu mengecek ranking nya di dxomark. Situs itu akan memberikan informasi kamera dslr kamu berada di rank apa, dan bisa disandingkan dengan kamera apa. Jangan heran ya melihat rank-rank tinggi di sana juga dimiliki oleh kamera-kamera mirrorless. 
Berikut rekomendasi saya daftar kamera DSLR yang bisa kamu beli sepanjang tahun 2018 ini ::
  1. Nikon D750
  2. Canon 5D mark III
  3. Canon 6D
  4. Nikon D610 
camera 360 camera canon camera terbaru daftar kamera dslr terbaik
Sumber foto :: google.com

Nah dari berbagai hal di atas, apa kamu sudah memutuskan bakalan membeli kamra dslr atau mirrorless. Semoga artikel ini membantu dalam memilih kamera di tahun 2018 ini.

Loading...