5 Aplikasi Smartphone yang Sangat Membantu Untuk Foto Landscape

mrfdn.com - Hobi foto landscape selalu menuntut orang untuk selalu keluar ke alam untuk mencari spot menarik.

Namun terkadang cuaca yang ditemukan kadang tidak menentu. Terkadang kita mendapatkan cuaca yang cerah kadang juga mendapat cuaca mendung.

Dengan perencanaan yang matang maka kita akan mendapatkan hasil yang lebih baik. 
long exposure photographers long exposure camera long exposure photos long exposure photography settings long exposure photography ideas long exposure photography in daylight long exposure photography tips long exposure photography tutorial
sumber foto :: google.com
Jaman sekarang dengan mudahnya teknologi informasi, smartphone kamu bisa andalkan untuk membantu kamu dalam berfotografi.

Aplikasi aplikasi yang disediakan di playstore bertaburan untuk membantu fotografi kita. Berikut 5 aplikasi yang bisa membantu untuk membantu memaksimalkan foto landscape kamu.

1. Nisi ND Calculator 

Nisi ND Calculator
Fotografer landscape tentu sering sekali menggunakan filter nd sebagai andalan untuk memotret landscape.

Fungsinya tidak lain adalah untuk mengurangi/mereduksi besar cahaya yang masuk ke kamera, biasa dilakukan untuk melakukan foto long exposure.

Aplikasi satu ini berfungsi untuk para pemula yang kadang kebingungan untuk menentukan berapa exposure yang dibutuhkan untuk frame foto yang akan dibuat setelah memasang nd filter yang dimiliki.

Sebenarnya aplikasi serupa dengan ini sudah banyak bertebaran di internet dengan gratis, salah satunya aplikasi ini. aplikasi gratis ini bisa kamu download di ios atau android kamu.

2. Light Polution Maps 

Jika kamu hobi foto landscape di malam hari, seperti melakukan foto milky way atau star trail, kamu pasti mencari spot dimana yang tidak banyak polusi cahayanya.

Aplikasi satu ini fungsinya menampikan lokasi mana yang masih gelap tanpa polusi cahaya perkotaan.

Jadi dengan aplikasi ini akan mengarahkan kamu dimana mestinya lokasi untuk mengambil gambar foto bintang.

Jika kamu tertarik menginstall aplikasi ini kamu bisa mendownloadnya ke ios atau android kamu secara trial.

3. Weather & Radar 


Keunggulan aplikasi satu ini terletak pada kemampuannya untuk memprakirakan cuaca dan segala mengenai keadaan alam, seperti mengetahui kemungkinan cuaca di lokasi tujuan memotret landscape, mengetahui suhu, tinggi ombak.

Selain itu dengan aplikasi dengan segala keunggulannya akan menyarankan peralatan fotografi yang sebaiknya dibawa ke lokasi.

Bagaimana? Kamu pasti tertarik untuk memiliki aplikasi ini kan! Silahkan download ke ios atau android kamu guys.

4. Cascable 


Kabel release sering sekali digunakan untuk foto landscape, namun bagaimana kalau remote itu bisa kamu kendalikan langsung dari smartphone kamu.

Dengan bantuan jaringan wifi antara kamera dengan smartphone, aplikasi satu ini menjawab hal tersebut.

Selain sebagai remote shutter, kamu bisa melakukan review gambar di dari kamera, dan berbagai fitur lainnya.

Untuk mencoba aplikasi ini bagi kamu pengguna android kurang beruntung, aplikasi ini hanya tersedia untuk kamu yang menggunakan ios saja secara gratis.

5. Photo Pills

Aplikasi ini bisa kamu download ke iphone atau android kamu.

Keunggulan aplikasi ini bisa membantu dalam fotografi dasar seperti memperhitungkan nilai exposure, menghitung depth of field (dof), dan buat kamu yang hobi bikin foto time-lapse bisa mengandalkan aplikasi ini untuk mengkalkulasikan settingan yang kamu pakai.

Dengan segala keunggulannya aplikasi ini ternyata hanya tersedia versi berbayar. Untuk menikmati fitur nya kamu harus membayar senilai Rp. 149.000.

Kesimpulan 

Nah itu dia guys 5 aplikasi canggih yang bisa kamu andalkan untuk membantu kamu memotret landscape.

Mulai dari lokasi sampai settingan kamera kini bisa dilakukan dengan menginstall aplikasi-aplikasi ini.

Aplikasi semacam ini bisa juga kamu cari di playstore smartphone kamu. Semoga informasi ini bermanfaat.


Loading...