11 Tips dan Cara Edit Fotografi Landscape yang Benar

mrfdn.com - Mengambil fotografi landscape rasanya belum maksimal kalau belum masuk ke proses edit foto. Ini disebabkan karena dalam mengambil gambar terkadang kita mendapatkan area yang sedikit mengganggu, seperti contoh higlight pada area langit terlihat terlalu terang, shadow pada bagian daratan agak gelap, atau terdapat titik-titik kecil yang muncul karena kamera/lensa yang sudah kotor, dan masih banyak lagi.

Tujuan utama melakukan edit foto ini untuk memaksimalkan hasil foto, bukan untuk mengubah secara total hasil dari fotografi kita.
Cara Edit Foto Landscape berwarna warna yang keren
Photo-by-Rayi-Christian-Wicaksono-on-Unsplash
 Berikut tahapan untuk edit foto pada fotografi landscape kita.

1. Persiapkan software


Pertama anda mesti install software / aplikasi edit foto. Pada umumnya setiap fotografer harus mempelajari aplikasi editing foto seperti Photoshop atau Lightroom. Kedua aplikasi ini akan membuat foto kamu menjadi lebih bagus. Ada banyak kelebihan dari aplikasi ini. Silahkan membaca artikel ini.

2. Pilih foto yang akan kamu edit


Syaratnya foto itu harus foto terbaik kamu. Kalau kamu menggunakan lightroom, kamu bisa mengimport foto apa saja yang menjadi foto terbaik kamu kemudian kamu bisa mengeditnya satu per satu tanpa harus memilih kembali di folder utama kamu menyimpan foto kamu. Kalau menggunakan photoshop kamu harus membuka folder foto kamu terlebih dulu lalu memilih foto mana yang mau kamu edit.

3. Pastikan untuk meluruskan bidang horizontal


Foto landscape/pemandangan adalah sejatinya harus memiliki bidang horizontal yang lurus. Sebab ini hal yang paling krusial untuk dilihat orang secara sekilas. Maka hal pertama kamu harus melakukan straigten atau meluruskan bidang yang datar. Misalnya kamu memotret di pantai dengan pemandangan laut dan matahari, maka posisi laut itu harus benar-benar lurus, kalau miring sedikit saja akan membuat orang kurang nyaman melihat foto kamu.

4. Exposure dan white balance


Exposure itu mengenai kecerahan gambar yang pas. Sedangkan white balance itu mengenai natural atau tidak warna dari foto landscape kamu. Untuk mengedit exposure dan white balance ini pastikan untuk mengambil foto dengan mode raw.

5. Lakukan dodge dan burning


Dodge dan burn ini mengenai bagian-bagian yang akan kamu kurangi atau tambahkan kecerahannya. Misalnya jika kamu mendapatkan exposure pada langit kamu terlihat terlalu terang, maka kamu harus melakukan burning, sedangkan jika kamu mendapatkan daratan kamu agak gelap maka kamu harus melakukan dodging. Dodge dan burn bisa dilakukan di photoshop dan lightroom.

Mulai lakukan dengan opacity yang rendah seperti 10% terlebih dahulu.

6. Besihkan area yang mengganggu dengan fitur clone stamp


Foto landscape / pemandangan yang bagus itu selalu menyajikan foto yang terlihat bersih. Jika kamu menemukan area yang kotor seperti bintik pada langit atau terdapat sampah di daratan, kamu bisa membersihkannya menggunakan clone stamp yang terdapat pada photoshop. Clone stamp akan menjadikan foto kamu terlihat lebih bersih dari kotoran. Sayangnya tidak ada aplikasi yang bisa mendeteksi kotoran yang ada di kamera, maka dari itu harus dilakukan secara manual.

7. Masking


Sebenarnya masking adalah teknik advance yang bisa kamu pakai untuk edit foto. Sebelum mempelajari masking, kamu harus mengetahui fungsi dasar dari photoshop itu sendiri. Dengan masking kamu akan melakukan editing foto pada area tertentu dengan mudah tanpa mengubah keaslian foto di layer aslinya (ribet menjelaskannya). Fungsi masking sebenarnya sama saja, bisa dilakukan editing foto tanpa masking, seperti dodge and burning, white balance, dan lain-lain.

8. Perbaiki noise


Noise pada foto bisa muncul karena exposure yang tidak pas, penggunaan filter yang terlalu berlebihan gelap, atau kemampuan kamera yang tidak bagus untuk meredam noise. Foto landscape yang memiliki noise yang sangat parah akan terlihat tidak bagus. Cara memperbaiki noise yang terbaik adalah mulai dengan mengambil gambar yang pas, dengan exposure yang pas maka noise yang muncul setidaknya bisa diredam. Sedangkan jika noise yang sudah sangat parah akan susah untuk dihilangkan. Kelebihan melakukan editing pada noise foto akan membuat foto terlihat aneh. Jadi perhatikan batasannya, jangan sampai foto landscape kamu terlihat aneh di layar.

9. Pertajam gambar


Hal terakhir yang dilakukan adalah melakukan sharpen. Mengatur ketajaman gambar bisa dilakukan dengan fitur sharpen, atau highpass yang terdapat di photoshop. Sedangkan pada lightroom kamu bisa menemukan mode sharpen details. Batas untuk melakukan penajaman gambar adalah dengan melihat pixel, usahakan jangan dibuat terlalu tajam juga, sebab akan membuat foto kamu terlihat aneh. Sesuaikan agar terlihat normal.

10. Manfaatkan fitur snapshot yang terdapat pada lightroom


Fungsi dari snapshoot adalah seperti melakukan history perekaman settingan foto. Terkadang kita sudah mendapatkan hasil yang mantap dari foto kita, tetapi masih ingin melakukan editing lagi. Nah fungsi snapshoot itu untuk merekam jejak settingan foto kita, tanpa harus menyimpan file gambar, lalu melanjutkan editing lagi. Dengan snapshot kamu bisa memilih hasil edit foto mana yang kamu sukai. Sedangkan untuk melakukan snapshot pada photoshop kamu harus melakukan secara terpisah dengan melakukan save terlebih dahulu pada foto kamu dalam file .PSD, kemudian buat settingan baru ke dalam grup layer, dengan memisahkan grup layer editing yang lama dengan grup layer edit yang baru.

11. Resize foto sebelum upload ke instagram


Jika kamu suka upload foto di website atau sosial media seperti facebook atau instagram. Kamu bisa melakukan resize foto terbih dahulu. Atur panjang terlebar foto kamu maksimal antara 900px sampai 2048px saja. Favorit saya untuk sisi terpanjang foto saya adalah dengan 1000px. Kemudian save menggunakan fitur save for web yang ada di photoshop, dan save dengan file .JPG.

Kesimpulan


Terakhir, saya mau tunjukin cara saya mengedit foto guys. Saya mengupload satu video tentang cara edit foto landscape ke youtube.


Nah itu dia guys 11 tahap untuk mengedit foto landscape kamu, kamu bisa melangkahi beberapa bagian jika kamu sudah mendapatkan hasil yang mantap pada langkah sebelumnya. Dengan begitu hasil foto landscape kamu akan lebih maksimal. Jika artile fotografi landscape ini bermanfaat, silahkan dishare ke teman-teman kamu.

Loading...