5 Hal Penting Ketika Menggunakan Lensa Wide Angle Bukan Sekedar Lebar

mrfdn.com - Lensa sudut lebar adalah salah satu lensa yang paling sulit untuk digunakan dalam fotografi dan videografi. Semakin lebar maka semakin sulit untuk menanganinya. Kadang orang tidak menganggapnya sebagai suatu masalah, asal lebar saja. Mengira bahwa semakin lebar maka hasil foto akan lebih keren.

Menggunakan lensa lebar sebenarnya perlu perlakuan khusus. Dengan memahami lensa wide yang dimiliki maka kamu akan mendapatkan hasil foto yang lebih optimal. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan mengenai lensa wide angle atau ultra wide angle.
5 Hal Penting Ketika Menggunakan Lensa Wide Angle, lensa wide canon, harga lensa wide angle canon, lensa wide angle nikon hasil lensa wide angle, lensa wide angle untuk hp, pengertian wide angle, cara menggunakan lensa wide angle, foto pakai lensa wide, landscaper, lensa landscaper, 11-16, tokina, canon, nikon, sony, , gambar wide angle
Photo-by-sergio-souza-on-Unsplash

1. Distorsi selalu ada pada lensa ultra wide

Memakai lensa ultra wide akan membuat foto mendapatkan distorsi. Contohnya, objek yang ada di depan kamu dengan jarak setengah meter dapat kamu foto dengan tajam, menjadikannya terlihat sangat dekat, dan objek di belakang terlihat mengecil.

Sebenarnya ini yang dikejar oleh para landscaper. Yaitu untuk menonjolkan benda-benda yang ada di depannya untuk dijadikan foreground. Menjadikan foto landscape menjadi unik.

Ada yang menganggap bahwa distorsi itu tentang bagaimana lensa itu membuat objek foto yang tegak lurus menjadi miring, bukan itu.

Pemanfaatan distorsi lensa wide yang tepat akan menjadikan foto lebih menarik, bukan sekedar lebar.

2. Semakin lebar lensa maka semakin banyak objek yang bisa masuk ke frame

Ada istilah fill the frame. Jika tidak dimanfaatkan dengan baik maka semua objek yang berada di depan kita bisa masuk. Istilah yang sangat berseberangan dengan apa dimiliki oleh lensa wide.

Lensa wide memungkinkan kamu mengambil hampir semua benda yang ada di depan. Membuat orang menjadi sangat rakus. Ingatlah untuk tidak memasukkan objek yang tidak ada kaitannya dengan foto yang akan kamu bikin

Ketika sudah sampai di meja photoshop maka akhirnya kamu pun harus melakukan cropping foto. Lucu kan jadinya. Maka pertimbangkan matang-matang.

Kita harus pandai memilih objek yang akan dimasukkan ke dalam frame sehingga foto tersebut tidak hanya terlihat lebar, tetapi objek yang ada di dalamnya memang saling mendukung.

3. Menggunakan lensa wide harus perhatikan jarak dengan objek

Misalnya kamu memotret sebuah ruangan. Jika kamu mengambil dari sudut yang tepat maka distorsi akan berkurang. Maksud saya dengan kata tepat itu adalah mengenai tinggi rendahnya kamu mengambil gambar, jauh dekatnya dengan objek.
blog kamera harga lensa wide lensa wide sony  lensa wide tamron  lensa wide angle nikon pengertian lensa tele kamera wide angle android
Photo-by-Marc-Olivier-Jodoin-on-Unsplash
Agar ruangan tersebut terlihat alami maka kamu harus mencari angle terbaik untuk mengambil gambar. Tidak terlalu tinggi, tidak juga terlalu rendah, tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat.

4. Perhatikan kemiringan kamera

Menggunakan lensa wide/lebar akan membuat kita bisa memotret objek dengan sudut yang lebar. Garis horizontal dan vertikal akan terlihat ketika memotret objek garis berupa garis pantai/laut atau gedung-gedung.

Jika kamu tidak memperhatikan kemiringan kamera maka kemiringan satu derajat pun akan terasa aneh bagi foto yang kamu hasilkan. Selalu pastikan bahwa kamu sudah mengambil gambar dengan level yang pas/tidak miring.

Meskipun ini dapat dilakukan pada post processing alangkah baiknya untuk tidak mengabaikan hal ini.

5. Gunakan depth of field tepat

Tidak selamanya memiliki lensa ultra wide digunakan untuk memotret dengan f yang kecil saja. Tetapi dengan menggunakan f yang besar maka kamu akan mendapatkan efek bokeh yang asyik. Meskipun harga yang harus ditebus untuk lensa wide ini cukup mahal, tetapi itulah salah satu kelebihannya.

Misalnya nikon 24mm f/1.4 pasti akan membuat foto kamu terlihat menarik ketika dipakai untuk foto portrait. Mungkin lensa ini diciptakan lebih untuk mengambil foto portrait, bukan foto landscape secara umum.

Kesimpulan

Lensa wide angle memang salah satu peralatan foto yang banyak sekali digunakan oleh fotografer hobist yang menekuni bidang landscape. Jika kamu memiliki sebuah lensa wide, bagaimana kamu menggunakannya? Apakah kamu sudah mendapatkan hasil yang optimal dari lensa wide kamu?

Pertimbangkan baik-baik saat mengambil gambar dengan lensa ultra wide agar hasil yang didapatkan lebih maksimal, bukan hanya sekedar lebar saja.