Fotografer Menjadi Blogger

Ini cerita saya..

Tentang hobi saya..

Jadi pilih mana mau meneruskan untuk membaca atau tidak? Sebab mungkin tidak ada manfaat yang bisa kamu temukan dalam tulisan ini. Tidak ada tutorial macam-macam juga. Sebab saya hanya sedang ingin menyalurkan apa yang sedang ada di dalam kepala saya ini..

Kalau kamu masih membaca kalimat ini saya yakin kamu masih melanjutkan untuk membacanya.

Lets get started.

fotografer menjadi blogger, menulis artikel, blogging, mrfdn, fotografi, hunting, story telling,  blog fotografi terbaik website fotografi indonesia cara membuat blog fotografi situs photography terbaik contoh blog fotografi cara membuat photoblog website photografi situs fotografer terkenal website fotografi indonesia  blog fotografi indonesia  info fotografi mirrorless    cara membuat photoblog  situs photography terbaik twitter storytelling synonym story telling example storytelling stories storytelling for children storytelling in business storytelling book storytelling pdf storytelling tips story telling adalah basic storytelling storytelling stories with a moral what is storytelling in marketing storytelling live
Photo-by-JC-Gellidon-on-Unsplash
Apa yang dilakukan /disukai seseorang sangat berpengaruh dari lingkungan dimana dia hidup atau bergaul. Jika lingkungan kita dekat dengan orang-orang yang gemar membaca, maka kita akan ikutan gemar membaca, kalau gemar diskusi maka kita akan pandai berdebat, dan lain sebagainya.


Dan itu yang terjadi juga kepada saya.

Hobi saya memotret, maka lingkungan saya sudah pasti banyak sekali orang-orang yang hobi foto juga. Mulai yang profesional sampai yang baru mulai belajar foto.

Menyenangkan memang.

Bisa memiliki banyak teman sehobi, sehingga sangat membantu jika memiliki kesulitan dalam berfotografi. Bisa sharing juga, sehingga ilmu yang didapat tidak dimiliki oleh seorang saja.

Namun akhir-akhir ini saya sedang jenuh memotret.

Saya lebih senang tinggal di rumah, menatap laptop sambil membaca artikel-artikel yang ada di internet. Entah itu berkaitan dengan berita, fotografi, atau artikel pendukung penyusunan tesis saya. Hehehe.. Maklum guys masih pelajar yang menuntut ilmu, dan sekarang tujuannya hanya ingin cepat-cepat selesai kuliah.

Sampai suatu hari saya mengenal hobi blogging.

Ada teman saya yang sering saya temui di kafe tempat saya biasa nongkrong bersama teman-teman foto. Dia juga fotografer. Tetapi juga seorang blogger pro.

Saya diperkenalkan olehnya tentang dunia blogging ini, sampai cara-cara mendapatkan uang. Ya, namanya juga manusia, siapa sih yang tidak mau mendapat uang dari blogger?

Jadi awalnya dia memberitahu saya bahwa dengan blogging kita bisa menghasilkan uang disitu. Caranya? Dengan membuat artikel.

Waktu itu saya tidak begitu tertarik dengan apa yang disampaikannya..

Sampai suatu hari saya melihat penghasilannya dari blogging. Lumayan..

Sekarang lingkungan saya mulai bergaul tentang dunia blogging, sungguh menyenangkan mendapat teman baru lagi.


Pengetahuan saya tentang fotografi saya tulis ke dalam artikel. Meskipun pendek, maklum masih belajar. Dengan bekal itu saya mencoba membangun sebuah blog. Dan jadilah blog yang anda sedang baca kunjungi ini.

Di kepala saya sudah berisi daftar isi daftar judul-judul artikel yang sekiranya akan saya bahas dalam blog ini. Saat ini masih dalam draft, seperti panduan dasar pengenalan kamera, teknik mengambil gambar, komposisi foto, cara edit foto, dan lain-lain.

Meskipun tidak sebesar dan selengkap blog-blog fotografi yang sudah dahulu ada dan eksis. Setidaknya saya bisa menuliskan apa yang saya ketahui sekaligus juga bisa mewarnai dunia blog fotografi di indonesia.

Hobi blogging benar-benar mengubah kebiasaan saya. Ada semangat untuk mempelajari hal-hal baru lagi. Menemukan hal baru, dan membagikan ke orang-orang. 

Hal yang kemudian saya dapatkan selama blogging ini adalah saya lebih senang membaca. Sebelumnya saya bukan orang yang begitu hobi membaca dan menulis. Tidak ada ketertarikan sama sekali. Semoga kebiasaan positif selalu saya pelihara.

Kalau kamu juga punya hobi fotografi, alangkah baiknya jika kamu membangun sebuah blog juga. Menurut saya sebagai fotografer memiliki sebuah blog itu perlu, selain memiliki sosial media.

Salah satu alasan saya membangun blog ini adalah di luar negeri sana, saya melihat banyak sekali fotografer yang memiliki website sendiri. Mereka juga menulis blog, dan membagikan cerita dan foto-foto mereka di sana. 

Rasanya dengan memiliki website sendiri, seperti punya rumah sendiri untuk tempat kembali sehabis kegiatan memotret. Bisa mencatat kegiatan atau share pengalaman yang telah dilalui.

Menjadi blogger tidak membuat saya meninggalkan hobi fotografi. Selama saya masih memiliki kamera hobi fotografi tetap saya jalani. Dan menjalani keduanya adalah sebuah pengalaman hidup yang sangat menyenangkan bagi saya saat ini.

Kalau sampai di sini kamu masih membaca tulisan ini, saya hanya bisa mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya. Sebab tulisan ini akhirnya saya harus tutup. Salam fotografi dan happy blogging.