Membuat Artikel Sesuai Mood dan Waktu yang Tepat

Apalah artinya blog tanpa artikel. Ibarat punya perpustakaan tapi gak ada bukunya. Kita ingin perpustakaan yang kita bikin itu ramai dikunjungi orang. Ada yang buka satu atau dua artikel dan mereka merasa terhibur atau mendapat manfaat dari situ. Rasanya enak bgt yah..

Namun membuat artikel pada sebuah blog bagi saya harus sesuai mood saya. Kalau saya mau membuat tulisan, saya harus memiliki mood yang sangat baik agar tulisan itu menjadi utuh dan enak untuk dibaca.

sumber foto :: google.com

Saya juga merasa kalau mood saya lagi senang, artikel yang saya buat tentang hal-hal yang menyenangkan, kalau lagi serius, maka artikel yang jadi tentang hal-hal yang serius, kalau lagi sedih, artikel yang jadi tentang curhat-curhatan. Ups.. Kamu gimana? hayoo..

Berdasarkan pengalaman pribadi ada waktu-waktu yang baik yang biasanya sy gunakan untuk membuat tulisan artikel.

1. Bangun pagi hari, minum teh lalu mulai menulis

Bangun di pagi hari adalah waktu yang paling tepat digunakan untuk membuat satu tulisan. Otak yang merasa segar rasanya membuat setiap kata mengalir terus. Apalagi membuat artikelnya sambil minum teh atau susu, wah itu ide mengalir sangat deras seperti hujan di awal musim penghujan.

membuat artikel sesuai mood dan waktu yang tepat
sumber foto :: google.com

Kalau kamu bangun pagi antara waktu subuh, itu adalah waktu yang tepat, sebab setelah melaksanakan shalat subuh, bisa langsung memikirkan sesuatu yang menairk. Kadang ide muncul begitu saja, sayang kalau dibiarkan melintas lalu lalang di pikiran saja tanpa dieksekusi.

Cobalah segera eksekusi ketika mendapat ide, meskipun hanya dalam bentuk draft.

Buat kamu yang bersiap untuk bekerja, mungkin waktu di pagi hari gak cukup.

2. Sore hari, saat santai setelah tidur siang atau setelah pulang kerja

Sore hari setelah tidur siang, antara jam 4, sehabis mandi, terus bikin kopi/the sambil makan pisang goreng, hhhmm.. enak ya.. Kalau pun kamu tidak tidur siang, biasa waktu ini adalah waktu-waktu dimana orang dalam keadaan santai-santainya.

membuat artikel sesuai mood dan waktu yang tepat menulis artikel
sumber foto :: google.com

Jika sedang santai pada jam-jam sore hari cobadeh pikirkan satu ide, kalau dapat, segera eksekusi biar gak jadi basi.

Di tengah orang-orang melakukan browsing internet, buka youtube, atau mengintip sesuatu yang update di antara instastory teman-teman, kamu bisa mendapat inspirasi dari situ loh.

Pada sore hari, juga kamu bisa gunakan untuk melanjutkan tulisan kamu yang belum selesai. Atau coba deh buka-buka bagian draft di blogmu, kamu mungkin bisa menemukan tulisan kamu yang dahulu masih dalam bentuk draft.

Oiya pemilihan tempat juga pengaruhi mood di sore hari, jika kamu kebetulan suka bikin artikel di kamar saja, its okay, tapi ada juga orang yang biasa mencari inspirasi di sore hari dengan bepergian ke tempat-tempat seperti coffe shop.

Ada yang masih di kantor dimana teman-teman kantor sudah mulai pada pulang, atau yang mobile, biasa membawa hanya android nya trus pergi ke pinggir pantai misalnya, sambil menanti sunset.

Seperti kata Danilla, bertegur sapa di kala senja, memerah meredam nyala surya, lalalala.. Lagunya enak sambil nulis artikel sore-sore guys.

3. Malam hari sebelum tidur

Nah yang terakhir yang biasa saya lakukan adalah pada waktu malam hari sebelum tidur. Setelah menyelesaikan semua pekerjaan yang utama, saya kadang menyempatkan diri untuk membuka-buka draft artikel yang belum selesai saya bikin.

membuat artikel sesuai mood dan waktu yang tepat menulis artikel
sumber foto :: google.com

Waktu malam hari adalah waktu yang paling santai, beban sudah tidak ada. Di pikiran hanya mau tidur. Tapi buat kamu yang belum bisa tidur, kamu bisa membuka draft artikel yang belum selesai dan melihat kembali. Sebab terkadang ide muncul pada malam hari, untuk dipersiapkan buat besok.

Artikel yang belum selesai itu ibarat PR yang belum diselesaikan atau yang lebih ekstrim sedikit ibarat skripsi yang belum kunjung selesai. Gak bakalan selesai kalau si penulisnya gak mulai-mulai nulis. Haha.. Intinya kalau ingin menulis artikel harus dengan suasana dan mood yang bagus sebab disitulah pikiran, ide mengalir dengan baik, tidak asal jadi.

Akhirnya sampai disini tulisan saya mengenai waktu yang baik untuk menulis artikel. Kalau kamu punya cara yang berbeda dengan saya, coba beritahu saya pada kolom komentar di bawah.

Oiya di atas tadi saya bilang menulis blog agar enak dibaca, saya belum tahu apakah tulisan saya sudah enak dibaca atau belum nih. Tolong beri penilaian kamu tentang tulisan-tulisan saya yah.. Minimal dari tulisan ini saja deh.. Ditunggu..
Loading...