5 Hal dalam Memilih Tas Kamera Untuk Peralatan Fotografi yang Banyak

quotes android photography pubg mobile legend aplikasi whatsapp gapps apk teknik fotografi kamera dslr bluetooth headset insurance foto keren
mrfdn.com - Memilih tas kamera bagi fotografer sebenarnya bukan hal yang terlalu diutamakan. Memilih tas untuk menyimpan peralatan fotografi yang dimiliki sekiranya hanya dilakukan disekali saja. Sebab fungsi tas kamera bukan untuk gaya-gayaan.

Memilih tas kamera sekiranya lebih kepada fungsinya dan fiturnya ketimbang model yang diperlihatkan. Sebab percuma model yang bagus jika fungsinya tidak membantu atau memudahkan kamu dalam berfotografi.
5 Hal dalam Memilih Tas Kamera Untuk Peralatan Fotografi yang Banyak, fotografer landscape, model, travel, jalan-jalan, keren, simple, kokoh, kulit, selempang, tas ransel, tas selempang,
Photo-by-Harsh-Jadav-on-Unsplash
Ada banyak sekali merek tas kamera di pasar.

Salah satu merek yang sering didengar di kalangan fotografi adalah think tank. Merek ini sangat terkenal akan fiturnya yang lengkap. Tetapi di sini saya tidak akan membahasnya, takut dikata promosi lagi.

Kali ini saya mencoba memberikan pandangan saya tentang beberapa hal yang menjadi poin untuk memilih tas kamera untuk menyimpan peralatan fotografi saat dibawa bepergian.

1. Sesuaikan banyaknya kamera dan lensa serta aksesoris yang dimiliki

Umumnya pemula memiliki satu kamera dan satu lensa. Pada saat membeli kamera pun biasanya sudah bundle dengan tas kamera. Biasanya tas kamera bawaan berukuran kecil-kecil yang hanya muat satu kamera dan satu lensa itu.

Tapi seiring waktu orang pasti berkembang. Menambah gear fotografi adalah salah satu yang paling terasa. Jika harus dibawa ke mana-mana akan mereporkan jika tidak memakai satu tas yang cukup untuk memuat gear yang dimiliki.
5 Hal dalam Memilih Tas Kamera Untuk Peralatan Fotografi yang Banyak
Photo-by-Roberto-Nickson-(@g)-on-Unsplash
Kamu harus mempertimbangkan berapa banyak gear yang kamu punya. Jangan sampai asal membeli tas kamera lalu ternyata tidak bisa membuat kamu lebih praktis dalam berfotografi.

Umumnya orang yang membeli tas kamera ransel untuk membawa gearnya yang banyak. Ada juga yang membeli tas kamera dengan model koper, dan sedikit yang membeli dengan model selempang. Dan yang terbaru tas kamera dengan model slingshot.

2. Tempatkan peralatan aksesoris kamera pada tas khusus

Misalnya kamu memiliki filter untuk kegiatan foto landscape kamu. Maka seharusnya kamu membelikan tas khusus untuk filter untuk menyimpan filter-filter yang kamu punya. Bukan menyimpannya bersamaan di dalam tas kamera kamu.

Tas filter biasanya dipakai dengan ikat pinggang kita, sehingga akan mempermudah untuk mengganti dan menyimpan filter. Tidak perlu membuka tas besar.

Contoh lain, jika kamu membawa peralatan lighting yang besar. Maka setidaknya kamu membelikan tas khusus untuk itu. Jangan asal meletakkannya ke dalam mobil. Itu sangat tidak aman.

3. Lihat fitur yang dimiliki

Fitur yang dimiliki seperti tersedianya rain cover, kualitas bahannya yang kuat dan tidak mudah sobek atau putus. Untuk tas kamera yang berbahan kulit harus memiliki perawatan khusus agar bahannya tidak mudah rusak.
5 Hal dalam Memilih Tas Kamera Untuk Peralatan Fotografi yang Banyak
Photo-by-Jordan-Andrews-on-Unsplash
Tas kamera yang baik adalah yang memiliki sekat-sekat ruang kamera dengan bahan yang lembut dan tebal. Ini akan melindungi kamera dari benturan ketika dimasukkan ke dalam tas.

4. Melihat langsung sample barangnya lebih baik daripada meraba-raba membeli online

Tidak bisa dipungkiri, memilih barang seperti ini di internet sebagai konsumen awam kurang saya sarankan untuk membelinya secara online.

Kecuali kamu sudah mencobanya sendiri. Saya pernah membeli tas kamera di toko online internet. Saya melihat gambarnya di foto ukurannya kecil. Saya mengira saya bisa membawanya kemana-mana sebab ukurannya yang kecil dan simple.
Ternyata setelah barangnya tiba, tidak sesuai ekspektasi saya. Ukurannya lebih besar dari yang saya kira. Mau ditukar juga tidak bisa lagi. Jadi ya dipakai saja, meskipun sedikit tidak suka.

5. Sesuaikan budget

Terakhir adalah kamu tinggal menyesuaikan budget yang kamu punyai. Sebenarnya budget juga bisa ditempatkan di awal jika kamu hanya punya dana yang terbatas untuk membeli tas kamera baru.
5 Hal dalam Memilih Tas Kamera Untuk Peralatan Fotografi yang Banyak
Photo-by-Matthieu-Joannon-on-Unsplash
Ingat juga bahwa ada harga yang ditebus untuk memiliki tas kamera yang bagus.

Itu dia guys hal-hal yang diperhatikan sebelum membeli tas kamera baru. Sekarang pilihan ada di tangan kamu, semoga sedikit membantu.