Peralatan Esensial untuk Foto Landscape

mrfdn.com - Memotret pemandangan sebenarnya tidak membutuhkan peralatan yang banyak, cukup dengan kamera hape/smartphone kita sudah bisa membuat satu karya foto pemandangan. Namun dengan itu, hasil yang didapat pasti berbeda dengan kamera dengan sistem slr atau mirrorles.

Untuk memaksimalkan hasil foto landscape dibutuhkan gear-gear yang dapat membuat foto lebih bagus. Kategori lebih bagus yakni, detail foto bisa didapatkan dengan baik, dynamic range foto menjadi lebar, ukuran foto menjadi besar dengan megapixel yang tinggi, dan masih banyak lagi.


Peralatan Esensial untuk Foto Landscape nikon sony kamera long exposure terbaik long exposure photographers long exposure camera long exposure photos long exposure photography settings long exposure photography ideas long exposure photography in daylight long exposure photography tips long exposure photography tutorial
sumber foto :: google.com


Kali ini saya mencoba memberikan list peralatan foto yang biasa saya gunakan ketika foto landscape. Dan jika kamu mengikuti arahan ini saya pikir kamu tidak akan sesat.

Peralatan utama untuk landscape  

1. Filter
Yap, pertama kamu harus punya filter. Filter dibuat berbagai macam bentuk, ukuran, dan fungsi yang berbeda-beda. Mulailah dengan membeli filter CPL (circular polarizer), ND (neutral density), dan GND (gradient netral density).
filter CPL ring

Untuk filter CPL, sesuaikan dengan ring lensa yang kamu miliki. Pada umumnya ring filter lensa yang banyak dipakai adalah ring 77mm.

Untuk filter ND, ada 2 macam, pilih salah satunya saja antara ND ring atau ND square. Saran saya kamu beli satu set filter ring dan holder ukuran slot filter 100x150. Ini adalah ukuran filter yang paling banyak dicari dan paling laku di pasaran.

filter ND Big Stopper 100x100mm square

Sekarang penggunaan ND ring sudah jarang, kebanyakan orang mengganti dengan ND square/kotak. Dengan ND kotak, sangat mempermudah dalam memotret nantinya, sebab filter tidak mesti diputar didepan lensa, tetapi tinggal dimasukkan ke dalam slot filter yang disediakan di holder filter.
Peralatan Esensial untuk Foto Landscape holder filter terbaik terbaru long exposure filter gnd cpl nd square big stopper little stopper
holder filter ukuran 100mm system


Kemudian belilah ND little stopper dan big stopper. Little stopper memiliki kekuatan mengurai cahaya  sampai 6 stop, dan big stopper bisa menurunkan cahaya sampai 10 stop. Dengan ND little stopper kamu bisa gunakan saat foto saat senja atau sunrise, sedangkan ND big stopper digunakan saat cahaya matahari masih terang atau semakin terang.

Peralatan Esensial untuk Foto Landscape filter kamera foto gnd nd cpl pemandangan
filter GND ukuran 150x100mm

Selanjutnya membeli filter GND, gunanya untuk mengurangi cahaya keras yang didapat pada area langit. Beli dengan ukuran 100x150 sesuai dengan holder kamu tadi, lalu untuk spek nya gunakan yang soft 0.9 dan hard 0.6. Soft 0.9 gunanya untuk menurunkan 3 stop cahaya di langit, yang kamu bisa gabungkan dengan hard 0.6. Dengan 2 GND di atas sudah menjadi esensial filter kamu.

2. Tripod
Milikilah satu tripod yang kokoh, yang bisa menahan berat kamera kamu dan terpaan angin saat memotret. Juga yang bisa kamu atur ketinggiannya setinggi kamu dan bisa pula diturunkan sehingga rata dengan tanah.

tripod carbon fiber untuk landscape


Spek tripod yang bagus itu dengan bahan karbon, memiliki ballhead yang kokoh, dan memiliki sistem penguncian tripod bukan klik, tetapi tangkai tripodnya diputar untuk bisa dipanjangkan/ditinggikan. Bahan karbon gunanya agar batang tripod tidak jadi keropos saat dipakai foto di pantai/laut.

Tripod yang kokoh akan menunjang kamu memiliki komposisi foto yang baik. Trust me.

3. Lensa
Untuk urusan lensa saya harus menuliskannya di bagian akhir dari list ini. Sebab dalam tulisan ini saya menganggap kamu yang lagi membacanya adalah orang yang tertarik di dunia landscape dan ingin mencoba terjun ke sana. Nah dari situ saya pikir kamu sudah punya kamera dan lensa masing-masing.

Namun bagi kamu yang belum sama sekali memiliki kamera atau ingin membeli kamera dan memulai foto dengan foto pemandangan, ini rekomendasi saya.

Peralatan Esensial untuk Foto Landscape
lensa-lensa ultra wide untuk landscape

Pertama beli kamera yang memiliki nilai dynamic range yang lebar, minimal kamera dslr, meskipun banyak yang bilang untuk landscape Nikon, tetapi merek lain seperti Canon, Fuji, atau Sony juga masih bangus performanya di lapangan.

Saran saya cobalah kamera mirrorles. Selain ukurannya yang kecil dan ringan, performanya untuk menghasilkan gambar juga sama seperti dslr. Meskipun ini tidak juga bisa dibilang sebagai kamera terbaik untuk landscape tetapi lebih ke price to perfomance.

Untuk lensa, kamu harus tentukan dulu kamera yang kamu mau pakai, apakah full frame atau APSC. Jika kamu pakai full frame, rekomendasi saya belilah lensa dengan focal lenght terlebar 16mm, dan untuk kamu yang pakai kamera APSC, alangkah baik jika menggunakan lensa dengan focal lenght terlebar 10mm atau 12mm. Saya sendiri menggunakan lensa fix untuk landscape dengan focal lenght 17mm (Tokina rmc 17mm f/3.5).

Upgrade ::
Jika kamu berpikiran untuk upgrade gear, pikirkanlah bahwa gear yang akan kamu pakai itu memiliki fitur yang lebih baik dari yang ada sekarang, bukan hanya karena mempertimbangkan lebar lensa atau besarnya sensor.


 
Dari ketiga hal di atas, yaitu pertama filter, kedua tripod dan ketiga lensa, selanjutnya peralatan yang umum, seperti tas kamera, tas filter, memori, dan baterai, serta aksesoris foto landscape seperti remote shutter release.

Peralatan tambahan untuk foto landscape

Selanjutnya ada peralatan tambahan yang menurut saya kamu butuhkan jika suatu saat kamu mengalami keadaan yang extreme. Seperti jika kamu bepergian ke gunung, kamu pasti membawa peralatan mendaki seperti, tenda, hammoc, senter, sleeping bag. Ini yang dilakukan oleh fotografer luar negeri, mereka rela berjalan jauh ke gunung untuk menemukan spot baru yang bisa diexplore.

Peralatan Esensial untuk Foto Landscape fotografer pemandangan keren terbaik photo keren long exposure android teknik fotografi bulb teknik foto freezing long exposure xiaomi yi teknik panning canon long exposure camera 2 full version apk long exposure iphone long exposure waterfall long exposure android long exposure portraits
sumber foto :: google.com

Kemudian jika kamu berada di Indonesia yang kebanyakan pantai, memotret landscape di siang hari akan membuat kulit kamu terbakar, maka dari itu selalu gunakan peralatan ini ::
  1. Hand and body spf 30 atau lebih tinggi.
  2. Baju lengan panjang
  3. Topi landscape
  4. Cemilan

long exposure photographers long exposure camera long exposure photos long exposure photography settings long exposure photography ideas long exposure photography in daylight long exposure photography tips long exposure photography tutorial photo keren long exposure android teknik fotografi bulb teknik foto freezing long exposure xiaomi yi teknik panning canon long exposure camera 2 full version apk
foto by rafi_45

Selanjutnya setelah kamu memiliki semua alat di atas, tinggal maksimalkan foto landscape kamu. Jika tulisan ini bermanfaat silahkan dishare ke teman-teman kamu. Terima kasih.