Inilah Sosial Medianya Para Fotografer Jaman Sekarang

quotes android photography pubg mobile legend aplikasi whatsapp gapps apk teknik fotografi kamera dslr bluetooth headset insurance foto keren
mrfdn.com - Memotret tanpa sharing foto itu rasanya hambar, seperti sayur tanpa garam. Hidup rasanya hampa. Sebagai mahluk sosial manusia suka menunjukkan apa yang dimiliki. Tidak terkecuali oleh fotografer. Hobi memotret harus dibarengi dengan rajin memposting foto.

Dan media yang digunakan tidak lain adalah sosial media. Kita pasti sudah tidak jarang menemui hal ini di aplikasi sosial media yang kita punya di smartphone kita.
Banyak Fotografer Menggunakan Sosial Media ini Untuk Sharing Fotografi, instagram, facebook, flickr, pinterest, blog, website foto
Photo-by-Ant-Rozetsky-on-Unsplash

Manfaat sosial media bagi fotografer


Mendapatkan informasi terbaru tentang fotografi
Di sosial media, informasi yang masuk dan keluar sangat banyak. Satu aplikasi media sosial yang terinstall di smartphone akan memberikan informasi terupdate. Apakah itu dari teman fotografer, atau dari feed following kita.

Saling bertukar ilmu fotografi
Satu lagi yang paling bermanfaat adalah seorang yang sudah mahir dalam fotografi, bisa membagikan pengetahuan yang dimilikinya. Ada yang berupa tutorial, ada juga yang secara gambaran umum saja. Intinya pengetahuan yang didapatkannya tidak hanya diketahuinya sendiri, tetapi bermanfaat bagi orang lain.

Mendapatkan klien
Satu yang tidak bisa dipungkiri oleh fotografer jaman sekarang. Mendapatkan klien tidak mesti menebar brosur kemana-mana. Dengan sosial media, orang bisa mengunjungi portofolio kita dan menjadi klien.

Ikutan lomba fotografi
Masih terkait dengan hal sebelumnya yaitu informasi, ternyata di media sosial sekarang sangat mudah orang untuk mengikuti lomba foto. Dengan memberikan beberapa syarat yang mudah, maka seorang dapat mengikuti lomba foto. Tidak jarang teman saya banyak yang mendapat hadiah dari mengikuti lomba foto yang dibagikan melalui media sosial.


Inilah yang dilakukan oleh para fotografer profesional, yakni orang-orang yang hidup dari penghasilan kamera dan fotografi.

Berikut sosial media yang banyak dipakai oleh fotografer untuk saling berkomunikasi.

1. Instagram

Kehadiran instagram menggeser facebook secara derastis. Platform instagram memang sangat populer dan dikhususkan bagi mereka yang suka dengan fotografi. Fotografer dapat terkoneksi dengan sangat mudah dan tidak terbatas di instagram.

Instagram saya @rafi_45. Cek ig kita ya gan. :)

Kalau kamu fotografer pasti aplikasi satu ini selalu ada di handphone kamu deh.

2. Facebook

Sekitar tahun 2012 dulu orang-orang masih belum mengenal instagram, hanya mengetahui media sharing foto melalui facebook. Kehadiran facebook bagi fotografer membawa banyak manfaat. Selain bisa sharing foto, ada juga yang jualan baik jasa maupun peralatan fotografi.

Apakah kamu salah satu yang pernah membeli alat fotografi melalui facebook?

Sekarang ketenaran facebook sebagai media sharing antara fotografer sudah digeser oleh instagram. Tetapi masih tetap ada yang share fotonya di facebook. Namun tidak seramai dahulu.

Dahulu tuh kalau abis motret, edit dikit, terus upload ke facebook, dan tidak lupa di tag semua teman facebook. Menunggu komentar-komentar yang akan diberikan teman-teman.

3. Blog

Di luar negeri para fotografer yang serius pasti mempunyai blog fotografi. Di sana fotografer itu akan menyimpan semua cerita dan hal-hal yang dia ketahui tentang fotografi.

Bagaimana dengan di indonesia?

Saya sendiri melihatnya masih sedikit yang punya blog sendiri. Mungkin karena tidak mau repot mau nulis artikel ya. Hehehe..

4. Flickr

Kalau kamu hobi fotografi, website satu ini jangan kamu anggap remeh. Di sana kamu bisa menyimpan foto-foto kamu. Dengan membuat email yahoo kamu bisa membuka sebuah akun di flickr. Tidak tanggung-tanggung, penyimpanan yang diberikan untuk foto sampai 15 giga. Gratis.

Keuntungan memiliki akun flickr ::
1. Bisa menyimpan ribuan file foto
2. Bisa sharing foto-foto ke orang-orang melalui grup-grup flickr yang ada.
3. Kalau tidak mau dishare ke orang lain, kamu bisa membuatnya privat sehingga hanya kamu yang bisa melihat foto kamu.

5. Google plus

Banyak yang menganggap remeh google plus. Di sana orang-orangnya malah lebih serius diskusi tentang fotografi. Ini salah satu sosial media yang sangat jarang digunakan orang. Khususnya di indonesia. Begitu yang saya lihat.


6. Pinterest

Pinterest mempunyai cara sendiri untuk membagikan karya fotografi. Tidak seperti sosial media lain, di Pinterest penggunanya bisa menyimpan foto-foto yang dilihatnya di internet. Memiliki akun pinterest seperti memiliki sebuah gudang penyimpanan foto-foto favorit yang pernah dilihat. Dengan begitu bisa dijadikan inspirasi untuk suatu saat akan membuat konsep foto yang serupa.

7. Website jual foto online 

Seperti eyem, viewbug, shutterstock, getty images, dan lain-lain.
Banyak Fotografer Menggunakan Sosial Media ini Untuk Sharing Fotografi, instagram, facebook, flickr, pinterest, blog, website foto
Photo-by-Tiago-Almeida-on-Unsplash
Ini sebenarnya website foto sih, bukan murni sosial media, tetapi ada yang juga yang semi sosial media. Peruntukan utamanya yaitu untuk menjual foto, tetapi bisa terkoneksi ke sosial media yang dimiliki oleh fotografer.

Kesimpulan

Sosial media hadir sebagai pelengkap dalam fotografi jaman now. Semacam paket lengka untuk menikmati fotografi. Orang-orang juga bisa terbantu dengan hadirnya sosial media, mendapatkan klien untuk job. Selain itu secara personal sosial media menjadi media untuk sharing karya dan cerita dalam berfotografi.

Jadi ada berapa banyak sosial media terpasang di smartphone kamu sekarang?