Review Xduoo X3 Digital Audio Player Murah Terbaik Untuk Budget Terbatas

Review Xduoo X3 digital audio player portable

mrfdn.com - Hanya ingin mengisi postingan tentang Digital Audio Player (DAP) xduoo x3. Satu satunya yang saya miliki. Kesannya sangat personal, sebab ini yang saya rasakan sendiri selama memakai DAP ini.

Saya membeli dap ini sekitar 2 tahun lalu yaitu pada tahun 2016. Melihat review kawan-kawan di forum audio kere hore di facebook. Sepertinya bagus, akhirnya iseng berkunjung ke warung audio kere hore. Eh dapat penjualnya, saya beli nya bekas. Seharga 900 ribu.


Setelah barangnya sampai di tangan, saya senang dikasi bonus kabel pendek kurang lebih 10 cm.

Saya tidak tahu itu kabel apa. Soalnya ukurannya tebal. Saya bertanya ke penjualnya ternyata itu kabel buat bikin sambungan jack 3.5 nanti suatu saat kalau mau pasang amplifier tambahan. Sampai sekarang masih belum punya ampli dan kabel tersebut masih tersimpan di dus bawaan DAP


Mencoba xduoo x3 di beberapa headphone dan earphone


Pertama menggunakan dap ini rasanya emang beda dari player handphone saya. Rasanya lebih jernih. Suaranya lebih jujur. Tidak dibuat-buat. Sebab di menu tidak ada pilihan untuk mengubah equalizer.

Saya menancapkan beberapa headset yang saya punya seperti Radius Neff 11, Codonguri Shizuku, Sennheiser HD202, Grado SR60e, dan terakhir saya punya Rock Zircon. Ampun suaranya enak banget. Sempat eargasm beberapa kali...

Saya sangat menyukai dap ini. Sangat simple. Layarnya monokrom dengan tulisan layar berwarna hijau kebiruan. Ukurannya kecil, dan berbobot, sangat pas digenggaman. Bahannya metal sangat kokoh.
Xduoo X3 Digital Audio Player Kesayangan dap mp3 player xduoo x3 review xduoo x3 rockbox xduoo x3 manual xduoo x3 bluetooth xduoo x3 battery life xduoo x3 ii xduoo x3 review indonesia xduoo x3 rockbox fiio x3 2 xduoo d3 xduoo x3 firmware xduoo x20 review xduoo x3 vs fiio x1 xduoo x3 case xduoo x3 firmware update xduoo xq 10 review xduoo x3 vs x10 xduoo x3 aliexpress xduoo mp3 player

Terdapat 2 slot memori micro sd sehingga bisa untuk memutar musik lebih banyak.

Port yang disediakan masih micro usb. Sudah lebih dari cukup. Saya bisa mengecasnya dari mana saja. Bisa gantian dengan charger handphone yang saya punya.

Terus mengenai penghasilan suaranya. Saya rasa bright.
Bassnya tidak melimpah.
Tidak juga terlalu cring.

Intinya datar gitu deh tetapi tetap detail juga.
Dengar lagu EDM enak, dikasi lagu akustik juga tidak mengecewakan.

Pengalaman memasang/install Rockbox di Xduoo x3

Suatu hari saya melakukan rockbox terhadap dap xduoo x3 ini.

Rockbox itu adalah software yang diinstall ke dalam dap. Sehingga sistem dap menjadi berubah.

Dengan rockbox membuat operation sistem di dalam player ini menjadi 2. Ketika dinyalakan bisa dipilih mau masuk ke mana.

Dengan rockbox suara dari xduoo x3 bisa diubah sesuai selera. Terdapat banyak sekali pilihan untuk itu. Bukan hanya equalizer, suara bass, treble, soundstage, kedalaman, dan lain-lain bisa diubah sesuai selera. Xduoo x3 memiliki basic sistem operasi linux, sehingga rockbox bisa diinstall secara normal dan gratis.

Sampai suatu hari ...

Xduoo X3 saya eror, tidak bisa masuk ke menu. 


Pasalnya untuk menginstall rockbox itu file nya akan tersimpan dalam sd card. Sedangkan untuk melakukan transfer file musik, saya biasa langsung mencolok kabel micro usb ke komputer saya yang ada virusnya.

Tanpa saya ketahui virusnya langsung menyebar ke memori micro sd yang terpasang rockbox itu. Sehingga file rockbox menjadi rusak dan menyebabkan gagal masuk ke sistem.

Saya sempat bingung bagaimana membuatnya normal kembali. Karena ketidaktahuan saya, akhirnya dap ini saya simpan saja di atas meja.

Selama setengah tahun lebih saya tidak mendengar suaranya.

Kemudian saya menemukan tutorial yang benar, mengenai cara memperbaiki xduoo x3 yang rusak. Totorial itu terdapat di website rockbox.

Caranya dengan menginstall ulang software / firmware bawaan xduoo ke dalam dap. Agak ribet jika tidak dibaca perlahan step by step.

Setelah berhasil install kembali os bawaaannya saya sangat senang. DAP favorit ku bisa ku pakai kembali.

Saya tidak usah pikir tentang mau colok ke mana saja untuk transfer musik. Yang penting bisa pakai dap ini lagi. Rasanya lebih nyaman memakai os bawaan saja, hasilnya tidak kalah baik dari pada pakai rockbox.

Saran saya kalau anda tidak pernah install rockbox sebelumnya, lebih baik cari tahu dulu baik-baik tutorial atau caranya. Karena kalau salah bisa-bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Kesimpulan

Xduoo x3 adalah dap favorit hampir semua pecinta audio portable kere hore. Kamu bisa memilihnya sebagai teman bersantai, atau perjalanan. Kalau saya tidak sayang sama dap ini mungkin sudah lama saya jual atau kasi ke orang lain. 😋

Cek harga Xduoo X3 versi terbaru di Lazada sekarang