Cara Mudah Meningkatkan CTR Google Adsense - PEMULA

Ada 8 Hal Untuk Meningkatkan CTR Google Adsense Blog


mrfdn - Artikel ini dibuat hanya untuk melengkapi artikel-artikel yang ada. Berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan blog dan masih pemula di dunia blogging. Tolong jangan hakimi artikel ini yah, saya hanya ingin teman-teman mendapatkan manfaat dari tulisan ini.

Baiklah, kita mulai saja, eh, jangan lupa siapkan teh dan cemilan biar bisa fokus bacanya. Hehehe..

Siapa sih yang tidak mau uang dari internet, semua orang mau dong kalau bahas tentang uang. Uang menjadi kebutuhan semua orang. Tidak hanya anak muda, orang tua juga butuh uang, orang kaya, orang miskin juga butuh, semua butuh uang untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup.

Ada satu kegiatan yang mengasyikkan yang dilakukan oleh blogger yakni menulis di blognya. Kalau dahulu blog mungkin hanya berisi curhatan semata, kini setelah adanya Google Adsense, beramai-ramai blogger memonetize (menguangkan) blog tempat dia mencurahkan segala isi di dalam hati dan pikirannya.

Itulah dikenal dengan nama Google Adsense.

Menurut wikipedia Google adsense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google.

Jadi melalui program periklanan AdSense, anda sebagai pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan di blog/situs. Bentuk iklan tersebut sudah ditentukan oleh Google di halaman web mereka.

Dengan begitu kita sebagai pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs.

Jadi untuk mendapatkan uang dari internet, melalui blog yang anda miliki, terlebih dahulu anda harus mendaftarkan blog anda ke google untuk melakukan kerjasama. Seperti penandatanganan kontrak kerja atau mou, wuih keren banget ya, bisa melakukan kerja sama dengan perusahaan sebesar google. Setelah disetujui ananti google akan memberikan kode adsense kepada kita untuk dipasang di blog kita.

Sampai di sini pembahasan awal mengenai pengenalan google adsense dan keuntungan yang bisa didapatkan oleh blogger. Anda pasti sudah tidak sabar menuju ke pembahasan meningkatkan CTR Google Adsense.

Okey, kita masuk sekarang deh..

Apa sih CTR atau RKT itu?


Sesuai penelusuran yang saya dapatkan, saya menemukan google si pemilik program berkata seperti ini..

CTR atau Click Through Ratio yang dalam Bahasa Indonesia disebut juga Rasio Klik Tayang (RKT) adalah hitungan matematis yang menunjukkan seberapa sering orang-orang yang melihat iklan Anda pada akhirnya mengklik iklan tersebut. Rasio klik-tayang (CTR) dapat digunakan untuk mengukur seberapa baik performa kata kunci dan iklan Anda.

- CTR adalah jumlah klik yang diterima iklan dibagi dengan frekuensi iklan ditampilkan: klik ÷ tayangan = CTR. Misalnya, jika Anda memiliki 5 klik dan 100 tayangan, CTR Anda adalah 5%.

- Setiap iklan dan kata kunci memiliki CTR masing-masing yang dapat Anda lihat tercantum di akun Google Adsense. Masuk ke Performance Report >> My Report >> Default Report.

- CTR tinggi merupakan indikasi yang baik bahwa pengguna merasa iklan anda berguna dan relevan. Secara default, kita tidak mengetahui iklan apa yang akan muncul di halaman web kita yang muncul di web broweser orang yang sedang membuka blog kita.

Pada umumnya iklan yang muncul adalah iklan yang sesuai apa yang sedang dicari oleh orang tersebut. Misalnya orang itu pernah mencari jam tangan, maka iklan yang muncul di halaman web kita adalah iklan jam tangan yang akan dilihat orang tersebut. Begitupun orang lain, semuanya berbeda-beda.

Namun anda bisa menentukan iklan apa yang tidak akan anda tampilkan di blog anda, ini bisa anda lakukan dengan mensetting di akun google adsense kita. Kadang kita tidak menginginkan satu iklan tertentu muncul di blog kita.

- Anda dapat menggunakan CTR untuk mengukur iklan dan kata kunci mana yang berhasil untuk Anda dan mana yang perlu ditingkatkan. Ini sangat erat kaitannya dengan isi artikel dan konten yang kita sajikan di blog kita secara umum. Misalnya, blog saya ini, kalau saja blog ini sepenuhnya membahas tentang fotografi, maka mungkin saja 90 persen hasil iklan yang saya dapatkan hanyalah iklan mengenai fotografi saja, seperti iklan jualan kamera, alat fotografi dan lain-lain.

Jadi semakin bagus konten di situs anda maka iklan yang muncul juga semakin tertarget.

Nah, Di internet sebenarnya sudah bertebaran banyak sekali tutorial tentang meningkatkan Click Through Rate atau CTR Google Adsense pada blog anda. CTR dalam Bahasa Indonesia disebut Rasio Klik Tayang (RKT). Maka dari itu tutorial ini mungkin hanya pengulangan atau sebagai bagian pelengkap dari tutorial yang ada.
meningkatkan ctr google adsense, rkt rasio klik tayang pada blog

8 Cara mudah meningkatkan CTR / RKT Google Adsense 

Sependek pengalaman saya ada 8 hal yang sangat mempengaruhi meningkatnya CTR Google Adsense di blog anda.

1. Page loading yang cepat

Page loading yang anda miliki di website yang anda buat sangat berpengaruh terhadap nilai CTR. Semakin cepat page load pada web kita maka semakin bagus juga angka CTR nya. Anda bisa melihat page loading blog anda melalui page speed insight google.

Jika nilainya di atas 90, maka tidak menutup kemungkinan nilai CTR blog anda akan bagus. 

Sekedar info bahwa setelah update google yang terakhir, google memasukkan kategori page loading yang cepat sangat mempengaruhi posisi ranking sebuah situs. 

Namun bukan faktor ini saja yang mempengaruhi hal tersebut. Silahkan lanjut membaca tulisan ini.

2. Posisi atau penempatan iklan yang tepat

Mari kita atur posisi iklan yang baik di blog kita. Atur penempatannya agar mudah terlihat dan tidak terlihat sebagai iklan.

Penempatan yang bagus adalah ::
- Tepat di bawah judul postingan. Ukurannya adalah ukuran terlebar dari bagian artikel anda misalnya 600px tempatkan iklan berjenis tautan/link ads.
- Tepat di bawah paragraf pertama artikel. Pada bagian ini isi dengan iklan berjenis gambar. Anda bisa memakai iklan square dengan ukuran 300x250px atau lebih besar, atau iklan lain misalnya in-article ads. Ini akan menyumbang CTR yang banyak.
- Akhir artikel. Pada bagian ini anda isi dengan iklan gambar. Ada 2 opsi yaitu satu gambar besar atau beberapa gambar kecil. Posisi ini biasanya paling banyak menyumbang klik pada blog kita. Orang akan membaca blog kita pasti penasaran untuk lanjut mengklik paling bawah.
- Sidebar. Seperti biasa anda bisa mengisinya dengan iklan berjenis sidebar responsif.

Dengan memilih penempatan iklan yang tepat maka peluang anda untuk mendapatkan CTR yang tinggi pada blog anda akan semakin bagus.

3. Landing page

Landing page berbicara tentang bagaimana pengunjung menemukan halaman web anda. Halaman web anda muncul karena mengandung informasi yang berisi keyword yang dicari oleh pengunjung.
meningkatkan ctr atau rkt google

Misalnya anda tadi sedang mencari di google tentang meningkatkan CTR Google Adsense blog, lalu anda menemukan website ini. Mungkin saja google mengatakan bahwa informasi yang anda cari ada pada blog ini.

4. User interface

Ini mengenai tampilan blog kita. Tampilan blog yang tidak terlihat profesional kadang membuat pengunjung tidak mempercayai satu website tertentu.

Sebaliknya jika tampilan blog dibuat sederhana dan rapih maka secara psikologis akan membuat pengunjung mempercayai bahwa blog ini dibuat secara profesional, dan secara psikologis akan berdampak pada kepercayaan bahwa konten yang disajikan juga terpercaya.

Maka dari itu user interface yang baik haruslah dimasukkan dalam salah satu hal yang sangat mempengaruhi meningkatnya (click throught ratio) CTR Google Adsense blog kita.

5. Kualitas tulisan dan isi konten di blog

Kita harus belajar membuat konten yang menarik dan berkualitas. Semakin berkualitas artikel anda, semakin bermanfaat kepada orang lain, maka nilainya akan semakin meningkat.
meningkatkan rkt rasio klik tayang google adsense pada blog


Perhatikan juga format penulisan anda. Usahakan untuk membuat tulisan yang tidak typo, atau penggunaan huruf kapital pada awal kalimat. Jika huruf kapital pada awal kalimat anda saja sudah kacau, pembaca akan mengira bahwa tulisan itu hanya dibuat asal-asalan saja.

Orang mungkin tidak sungkan-sungkan untuk menshare tulisan anda jika memang itu bagus dan berkualitas. Dan inilah yang akan meningkatkan CTR di blog anda.

Artikel dan konten itu berbeda. Konten itu bukan diartikan artikel saja.

Konten itu secara menyeluruh mengenai apa yang ada di blog anda. Apa yang bisa ditemukan oleh pembaca ada di blog kita. Misalnya, anda memiliki blog fotografi, maka secara keseluruhan umumnya isi kontennya tentang fotografi. Artikelnya pasti membahas tentang fotografi saja.

Bagaimana menurut anda mengenai blog yang sedang anda kunjungi ini?

6. Niche Blog

Blog dengan satu niche adalah blog yang konsen pada satu pembahasan tertentu/konten tertentu. Misalnya anda membuat blog tentang kopi. Maka pembahasan di dalamnya hanyalah seputar kopi. Jangan memasukkan konten berupa olahraga, atau wisata. 
meningkatkan ctr ga dengan artikel niche

Jika anda konsisten mengisi blog anda pada satu niche tertentu maka blog anda akan lebih mudah dikenali orang. Mungkin saja orang akan langsung mencarinya di google dengan mengetikkan nama blog anda di belakang pencarian. Misalnya kata kunci meningkatkan CTR Google Adsense 'namabloganda'.

7. Meningkatkan CTR dengan memilih template yang baik

Gunakanlah template yang bagus, sederhana, yang paling direkomendasikan orang-orang, biasanya template berbayar akan lebih bagus. Tampilan blog yang indah tidak selamanya menyumbangkan CTR yang tinggi. Di pasaran terdapat berbagai macam review template yang memberikan RKT yang tinggi bagi blog anda. Ciri-ciri template yang memiliki CTR tinggi adalah bisa menampilkan iklan dengan posisi yang tepat dan tetap enak dilihat.

8. Pemilihan warna iklan yang tepat

Warna secara psikologis sangat berpengaruh terhadap pengunjung. Pilihlah warna yang bagus mulai dari template anda hingga warna tampilan iklan yang anda buat.

Pilih warna biru atau warna merah pada iklan tautan yang anda buat. 

Warna tersebut sangat mempengaruhi orang untuk tidak mengkliknya. Begitupun warna link yang anda buat pada link tulisan yang anda buat pada halaman artikel anda. Pilih warna biru atau merah.

Kesimpulan

https://www.mrfdn.com/2018/08/cara-mudah-meningkatkan-ctr-google-adsense-blog.html
Nah itu dia delapan hal yang sangat berpengaruh untuk meningkatkan CTR Google Adsense pada blog anda. Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk anda dan saya doakan semoga perolehan adsense kita semakin meningkat. Jika anda menemukan hal yang kurang pada tulisan ini silahkan isi komentar di bawah.