9 Ciri-Ciri Fotografer Landscape

mrfdn.com - Menjadi seorang fotografer itu sangat menyenangkan. Selain bisa punya banyak teman, banyak pengalaman juga. Kemampuan fotografer dalam mengoperasikan kamera dengan baik juga salah satu daya tarik seorang kepada fotografer.
9 Ciri-Ciri Fotografer Landscape Nomor 9 Paling Greget

Seiring waktu hobi fotografi seorang bisa menemukan aliran yang paling digemarinya. Ada yang suka foto landscape, model, macro atau menjalankan bisnis fotografi wedding/prewedding misalnya.

Nah artikel ini akan membahas sedikit tentang mereka yang menggeluti bidang fotografi landscape / pemandangan.

Hobi ini banyak sekali digemari oleh kalangan mahasiswa sampai yang sudah tua. Pasalnya dengan melakukan foto landscape, selain mendapatkan gambar yang bagus, kita juga bisa menikmati keindahan alam yang ada di dunia ini. Mengunjungi tempat-tempat yang eksotis, menikmati perjalanannya, menemukan hal-hal baru dan tantangan selama memotret untuk menghasilkan foto yang menarik.

Berikut ciri-ciri seorang fotografer landscape yang saya catat sebagai pengalaman pribadi.

#1 Suka bawa tripod kemana-mana

Pertama-tama, fotografer landscape itu kemana-mana wajib membawa tripod. Tanpa tripod rasanya ada yang kurang. Tanpa tripod sepertinya sayang untuk melewatkan satu moment untuk mengambil gambar long exposure. Tripod adalah hal esensial bagi para landscaper.

Jika kamu menemukan orang dengan tas besar dengan menenteng atau mengaitkan tripod pada tasnya, sudah bisa dipastikan dia adalah pehobi foto landscape.
9 Ciri-Ciri Fotografer Landscape Nomor 9 Paling Greget

Tripod yang dibawa juga bukan tripod sembarang tripod. Mereka yang serius di bidang ini bahkan memiliki tripod dengan bahan karbon, dengan ball head yang besar dan batang tripod yang besar dan panjang.

#2 Di dalam tasnya pasti ada lensa ultra wide

Seorang fotografer landscape pasti punya lensa ultra wide. Ini adalah salah satu peralatan esensial bagi mereka yang hobi foto pemandangan. Terkadang objek yang ada di depannya harus diambil secara lebar supaya foto kelihatan luas.

#3 Punya tas kecil digantung di ikat pinggangnya

Tas tersebut adalah tas filter. Gunanya untuk menyimpan filter-filter yang dimiliki. Tas kecil itu akan memudahkan si fotografer untuk mengganti filter yang akan dipakai pada kondisi tertentu.

#4 Yang dicari ketika berkunjung ke suatu tempat adalah tempat objek wisata terkenal

Fotografer landscape ketika berbicara lokasi pemotretan adalah bisa dibilang cukup menguasai lokasi. Ketika berkunjung ke suatu tempat, dia sering bertanya dimana lokasi menarik di tempat tersebut. Entah itu pantai, gunung, air terjun, dan lain-lain. Pokoknya sangat wajib untuk mengunjungi suatu tempat meskipun hanya sekedar melihat-lihat saja.

#5 Suka turun di air/lumpur

Fotografer landscape sejati adalah mereka yang berani menyatu dengan alam. Salah satunya dengan turun ke air untuk mendapatkan angle yang lebih menarik.
9 Ciri-Ciri Fotografer Landscape Nomor 9 Paling Greget

Misalnya ketika memotret di pinggir laut, kadang mereka akan mendekati suatu bibir pantai hingga turun ke sana untuk mendapatkan frame yang diinginkannya. Ada juga ketika memotret di air terjun, mereka kadang suka mendekat untuk mendapatkan foto yang menarik.

#6 Kalau memotret lama sampai lupa waktu

Pernahkah kamu memotret bersama fotografer landscape ini? Ada yang saking asyiknya memotret sampai lupa waktu. Matahari sudah tenggelam, kamu sudah mau pulang ke rumah, tetapi mereka masih di sana untuk menunggu bintang/milkyway muncul. Kalau kamu tidak tahan tinggalin saja.
9 Ciri-Ciri Fotografer Landscape Nomor 9 Paling Greget


#7  Cuaca buruk adalah teman sejatinya

Fotografer landscape pasti setuju dengan ini. mengejar moment saat cuaca buruk adalah kesenangan tersendiri. Mendapatkan foto yang menarik lebih penting daripada urusan kamera harus basah atau kotor. Meskipun begitu tidak semua juga fotografer menyukai cuaca yang buruk.

Menunggu waktu berlalunya hujan badai reda adalah salah satu hal yang dinantikan. Berada di dalam rumah hanya membuat pikirannya jadi penat. Namun ketika melihat melalui jendela di luar sana alam serasa memanggilnya.

#8 Suka bangun pagi

Satu lagi hal baik yang dimiliki fotografer landscape adalah mereka suka bangun pagi. Mengalahkan diri untuk tidur di kasur adalah suatu kemenangan tersendiri. Mereka lebih senang berada di suatu lokasi sambil menunggu matahari terbit.
9 Ciri-Ciri Fotografer Landscape Nomor 9 Paling Greget

Ada yang suka ke pantai, pelabuhan, dermaga, gunung, sawah, dan lain-lain. Untuk menangkap moment ini setiap paginya adalah suatu kegiatan yang menyenangkan bagi fotografer landscape.

#9 Suka siksa kamera 

Siksa kamera adalah sebutan bagi mereka yang hobi merekam gambar dengan mode long exposure. Fotografer adalah salah satu dari pelakunya. Merekam gambar dengan waktu yang lama akan membuat efek motion pada foto. Teknik ini yang akan membuat foto menjadi eye catching. Selain itu sensasi memotret siksa kamera adalah sebuah sensasi tersendiri bagi si fotografer.
9 Ciri-Ciri Fotografer Landscape Nomor 9 Paling Greget


Nah, itulah ciri-ciri yang bisa kamu kenali dari seorang fotografer yang hobi foto landscape/pemandangan. Apakah kamu termasuk salah satu ciri di atas? Tulis komentar mu di kolom komentar di bawah ini.