Foto Harus Berani! Aturan Komposisi Foto Saya Pribadi

Foto harus berani, aturan saya dalam mengkomposisikan foto


mrfdn.com - Setiap orang memiliki pengetahuan dan kemampuan yang berbeda-beda dalam fotografi. Dalam hal teknis komposisi adalah hal yang tidak bisa langsung dipelajari dengan mudah bagi fotografer pemula. Tanpa ada niat untuk belajar maka komposisi foto yang dihasilkan akan standar saja.
Foto Harus Berani, Aturan Komposisi Foto Saya Pribadi


Bagi saya sendiri komposisi fotografi itu sangat perlu dikembangkan dengan melakukan banyak percobaan dan latihan. Dengan demikian hasil foto yang dimiliki seorang fotografer akan semakin meningkat.


Aturan komposisi bagi saya yang pertama adalah bagaimana menciptakan foto yang akan saya buat lebih "berani". 

Saya harus garis bawahi kata "berani".

Apa yang dimaksud dengan berani dalam hal ini?

Disini saya menafsirkan kata berani dengan ::
- Melakukan komposisi dengan low angle atau high angle, dimana foto yang nantinya tercipta tidak akan sama seperti kebanyakan mata manusia melihatnya secara normal sebuah objek. Dengan mengambil secara low angle maka ada perspektif lain yang saya temukan.
- Selain low dan high angle, jarak kamera dengan objek juga kadang saya mengartikannya sebagai keberanian dalam komposisi foto. Saya pun teringat dengan pepatah, jika fotomu kurang bagus artinya kamu belum dekat dengan objek. Nah, kadang ketika saya ingin mengambil suatu komposisi foto, saya mesti turun ke air laut/pantai untuk mendapatkan objek foto yang lebih dekat.
- Melakukan teknik long exposure. Dengan long exposure saya merasa berani untuk menyiksa kamera saya. Setelah mereview hasil foto saya kadang merasa terkejut dengan hasil yang saya dapatkan, kadang di luar ekspektasi saya.
- Kadang muncul pertanyaan, maukah kamu mempertaruhkan diri untuk mendapatkan foto yang bagus? 
Foto Harus Berani, Aturan Komposisi foto Saya Pribadi


Saya rasa dengan menanamkan hal ini kepada diri selama memotret, maka hasil foto yang didapatkan akan semakin keren, stand out dan lain dari yang lain. Bukankah hal ini menyenangkan!

Jika anda mengikuti tips ini, silahkan artikan sendiri kata berani dalam kegiatan berfotografi anda.