Kesulitan Dalam Memilih Foto yang Pas Untuk Artikel Blog

Membuat artikel sebentar tetapi memilih foto terasa lama

mrfdn.com - Apakah anda juga merasa demikian?

Beberapa orang yang sudah mahir di dunia blogging, pasti sangat akrab dengan yang namanya artikel. Seperti biasanya, dalam artikel disematkan beberapa buah gambar untuk mendukung tema artikel yang dibuatnya. Tanpa gambar atau foto dalam artikel rasanya kurang sedap.


Fungsi gambar atau foto dalam artikel

Fungsi gambar sendiri sebagai elemen untuk menghiasi sebuah tulisan, dan untuk menjelaskan gambaran terhadap artikel yang dimuatnya. Sebuah artikel yang baik seharusnya memiliki gambar yang baik dan berkaitan juga. Sehingga pembaca bisa lebih tahu apa yang menjadi inti dari artikel tersebut.

Nilai tambah dari penyematan gambar atau foto yang baik terhadap artikel di blog adalah sebagai daya tarik. Sebab terkadang orang ingin membaca tulisan hanya karena tertarik dengan gambar yang dilihatnya.

Memasang beberapa buah foto tentunya bisa membuat tulisan dalam blog semakin menarik. Sebagai contoh artikel yang mengangkat tentang smartphone terbaru, tentu foto-foto yang disematkan tentang apa saja terkait dengan smartphone tersebut. Tetapi kadang juga untuk tema-tema sosial terkadang sulit mendapatkan foto atau gambar yang pas.

Terkadang dalam memilih foto kita disajikan beberapa jenis gambar yang sesuai kata kunci yang dituliskan. Namun hasil yang ditampilkan tidak sesuai dengan apa yang ada di pikiran. Foto-foto yang ditampilkan belum mewakili keinginan kita sebagai pembuat artikel.

Namun ketika sebuah artikel dibuat berangkat dari sebuah foto, ini akan menjadi hal yang mudah untuk dijelaskan atau disampaikan. Seperti yang dilakukan oleh para jurnalis berita. Setelah mendapatkan foto barulah seorang fotografer menyampaikan isi beritanya melalui deskripsi yang dibuatnya berdasarkan foto yang didapatkannya tersebut.

Berbeda dengan penulis yang tulisannya berawal dari pikirannya. Butuh kerja keras untuk menemukan gambar yang pas untuk mendeskripsikan isi dari artikel tersebut secara menyeluruh.

Makanya tidak sedikit yang menulis artikel lantas artikel tersebut lama terbit sebab kelamaan dalam menentukan gambar atau foto yang pas.

Seorang penulis blog yang teliti akan memilih foto yang paling pas terhadap isi artikel yang dibuatnya.

Memilih foto yang pas untuk artikel di blog

Untuk memudahkan itu seorang blogger perlu untuk menguasai beberapa kata kunci untuk tema yang diangkat di dalam artikelnya. Kata kunci yang dipilih berbeda tetapi masih dalam tema dalam artikelnya. Kata kunci bisa dituliskan dalam bahasa indonesia maupun bahasa inggris.

Untuk pencarian di google kata kunci untuk foto terkait mungkin akan bertebaran banyak sekali. Tetapi jika mencari melalui situs foto seperti pixels, atau unsplash, kata kunci tersebut harus dituliskan dalam bahasa inggris.

Jadi intinya adalah peran dari sebuah foto tidak bisa dianggap enteng dalam sebuah artikel. Bisa saja artikel anda isinya bagus, tetapi orang tidak membacanya karena melihat dari gambar yang diterapkan tidak berkaitan dengan inti artikel anda.

Begitu pula sebaliknya ketika gambar anda bagus, namun artikel anda kurang berbobot, maka nilai tambah dari sebuah foto akan membuat orang untuk tertarik membaca tulisan anda.

Sekian. :)
Loading...