Memilih Jenis Cetakan Foto yang Tepat Agar Tampil Profesional

mrfdn.com - Memutuskan untuk mencetak foto bagi fotografer hobi adalah langkah terakhir untuk menikmati foto secara utuh. Bagaimana tidak sebuah foto sejatinya dinikmati ketika dilihat dalam bentuk cetakan, bukan dilihat hanya melalui layar smarphone atau komputer saja.

Terkadang pilihan untuk mencetak foto adalah pilihan yang sangat berat bagi fotografer. Pasalnya tidak sedikit harga cetakan foto terasa sangat mahal. Belum lagi bagi yang masih awam dalam dunia cetak mencetak foto ini akan kebingungan menentukan mau pilih cetak foto yang seperti apa.
Memilih Jenis Cetakan Foto yang Tepat Agar Tampil Profesional


Ketika anda berkunjung ke toko perabot rumah seperti ace, atau ke sebuah studio cetak foto, biasanya disana terdapat contoh cetakan foto. Mulai dari cetakan foto biasa, canvas, frameless, dengan laminating, dan masih banyak lagi.

Dilema kemudian muncul saat menentukan mau dicetak dalam bentuk apa foto yang kita miliki.

Saya menemukan satu website bagus yang mana mereka memiliki bidang dalam cetak mencetak foto. nama website itu The Pring Space. Di sana melalui video yang diberikan saya melihat bagaimana sebuah karya dicetak dengan sangat bagus dan rapih.

Sebaik-baik karya adalah yang diperlakukan dengan bagus, tidak dicetak secara biasa-biasa saja. Kata orang kita harus memperlakukan karya kita sebaik mungkin, karena disitulah bentuk kita menghargai diri sendiri dan menghargai apa dan siapa yang ditampilkan dalam karya kita tersebut.

Berikut jenis cetakan yang saya rekomendasikan untuk mencetak foto kamu biar kelihatan profesional. Saya mencoba mendeskripsikan dengan bahasa yang sangat awam sebab saya juga masih awam dalam hal ini.

Cetak Foto Frameless

Kalau di tempat saya biasa menyebutnya dengan frameless atau tanpa bingkai. Mencetak dengan frameless akan membuat foto terlihat stand out. Foto akan dicetak dalam sebuah kertas foto khusus lalu ditempelkan pada sebuah papan/tripleks yang kaku. Pada pinggiran keliling foto tidak ada bingkai yang menghiasi foto kita. Meskipun tidak ada bingkainya namun foto akan terasa kokoh dan sangat bagus untuk dinikmati.
Memilih Jenis Cetakan Foto yang Tepat Agar Tampil Profesional

Foto yang saya cetak melalui frameless ini terlihat doff, sehingga tidak mengkilap saat dipajang di bawah lampu. Tidak ada pantulan cahaya sehingga sangat pas dipajang di mana saja.

Mencetak foto dengan model frameless bagusnya dengan ukuran yang besar. Di atas satu meter. Ini akan membuat foto terlihat mengagumkan. Anda bisa melihat detail dari gambar yang anda buat dengan sangat tajam. Hasil cetakan bagus sekali digunakan untuk pameran foto atau dijadikan pajangan di rumah.

Tetapi sebelum mencetak foto sebesar itu perhatikan juga ukuran resolusi foto yang anda miliki. Jangan memaksa foto anda yang kecil untuk dicetak sebesar itu sebab hanya akan terlihat pixelete nantinya.

Biaya mencetak foto ke medium ini tidak murah dan tidak juga terlalu mahal.

Cetak Foto Canvas

Media yang digunakan hampir sama seperti canvas yang digunakan oleh para pelukis. Mencetak foto dengan media kanvas menurut saya sangat artistik. Dengan kanvas anda bisa melihat tekstur dari canvas tersebut dan juga hasil cetakannya kadang mengkilap.

Secara presentasi cetakan kanvas ini juga sama seperti frameless di atas. Di bagian pinggirnya tidak ada bingkai yang mengelilingi. Bagian pinggir tersebut dikelilingi oleh kayu yang menjadi ukuran foto itu. Sedangkan pada baigan tengahnya kosong. Sehingga foto bisa ditekan sebab sifat dari canvas itu sendiri.
Memilih Jenis Cetakan Foto yang Tepat Agar Tampil Profesional


Ukuran foto untuk dicetak dalam bentuk bingkai bagusnya dengan ukuran minimum 30 centimeter, saran saya mulailah dengan ukuran 50cm. Semakin besar makan semakin bagus foto anda. Perhatikan juga resolusi foto anda. Jangan memaksakan foto kecil dicetak sebesar itu.

Mencetak foto dengan canvas bisa terlihat everlasting. Perawatannya juga sangat mudah anda tidak perlu khawatir ketika foto itu jatuh ke lantai, atau terkena debu di rumah anda. Jaman sekarang orang sudah beralih dari cetak foto standar ke foto canvas, biasanya banyak dipajang pada acara pernikahan/wedding pasangan muda.

Ini adalah sebuah solusi bagi mereka yang senang melihat foto sama seperti lukisan dan ingin memiliki foto yang bertahan lama. Harganya juga lebih murah daripada cetak foto frameless di atas.


Cetak Foto Metal Print

 Memilih Jenis Cetakan Foto yang Tepat Agar Tampil Profesional
Belum ada di kota saya. Saya juga belum pernah melihatnya secara langsung hasil foto seperti ini. Tapi yang saya lihat di internet hasilnya sangat mengagumkan. Orang luar negeri banyak memilih media ini untuk foto yang ditampilkan secara elegan misalnya pada ruangan yang minimalis, atau kantor. Harganya pasti tidak murah untuk cetakan foto metal print ini.

Cetak Foto Magazine

Cetakan magazine akan membuat foto anda terlihat seperti kumpulan buku foto. Dimana foto akan dicetak layaknya sebuah majalah foto. Anda mungkin sudah sering melihat majalah foto, begitulah hasilnya. Kertas yang tipis yang berisi foto-foto anda pribadi.
Memilih Jenis Cetakan Foto yang Tepat Agar Tampil Profesional

Hasilnya sangat menarik. Anda bisa mencetaknya dengan sangat banyak sesuai desain yang anda inginkan. Ini bagus untuk anda yang ingin mencetak banyak foto atau membuat portofolio.

Cetak Foto Standar Glossy / Doff / Laminating

Ini yang paling sering kita dapatkan ketika hendak mencetak foto. Selain harganya yang sangat murah, ada 2 pilihan kertas yaitu doff dan glossy.

Doff yakni foto kamu akan dicetak dalam kertas yang permukaannya kasar. Sehingga hasilnya tidak begitu mengkilap. Beda dengan glossy, dimana kertas yang dipilih memiliki permukaan yang mengkilap.
Memilih Jenis Cetakan Foto yang Tepat Agar Tampil Profesional

Anda bisa mencetak standar mulai dari ukuran yang kecil sampai besar. Anda bisa mencetak ukuran 4R sampai 8R untuk foto yang ingin dipasang ke sebuah album tempel. Ini adalah pilihan yang tepat untuk melihat banyak foto anda dalam bentuk cetakan dengan budget terbatas.

Kemudian jika anda ingin mencetak ini dalam ukuran yang besar. Maksimal hanya ukuran 30 RW atau 70x100 cm. Kemudian ada lagi pilihan tambahan yakni dengan memberikan laminating atau tidak pada foto anda. Fungsi laminating adalah melapisi foto supaya tidak kotor dan tetap awet. Setelah dilaminating biasanya foto dipajang tanpa menggunakan kaca pada bingkainya.

Untuk memajang foto dengan cetakan standar ini anda harus menggunakan bingkai. Silahkan datangi toko pembuat bingkai foto di kota anda lalu pilih frame sesuai keinginan anda.

Cetak Foto Art Paper

Bagi sebagian orang yang ingin menikmati foto secara sangat detail dan profesional. Inilah pilihan terbaik. Menggunakan art paper pada cetakan foto bukan hal yang murah. Mencetak foto dengan art paper akan membuat foto menjadi sangat artistik. Inilah yang dilakukan para antusias fotografi, mereka yang mengapresiasi sebuah karya dengan sangat tinggi. Mereka akan membuat foto itu terlihat sangat indah.
Memilih Jenis Cetakan Foto yang Tepat Agar Tampil Profesional
Memilih mencetak foto dengan art paper adalah suatu hal yang rumit. Kita mesti menentukan kertas art paper yang terbaik untuk jenis foto kita, kemudian menentukan printer yang digunakan. Printer tersebut harus memiliki kalibrasi yang sangat akurat. Inilah yang membuat hasil cetakan art paper sangat mahal. 

Meskipun belum pernah melihat secara langsung foto yang dicetak dengan art paper ini. Tetapi saya yakin hasilnya sangat berbeda ketimbang hasil cetakan pada umumnya.

Mencetak foto dengan art paper pastinya harus dikemas dengan sangat baik

Saatnya duduk manis menikmati hasil cetakan foto anda

Baiklah itulah beberapa pilihan model cetakan foto yang bisa anda gunakan. Sekarang saat yang tepat untuk mencetak foto anda. Tunggu apa lagi. Tentukan foto yang anda ingin cetak lalu pilih bentuk cetakan mana yang anda inginkan. Hobi saya foto landscape maka foto yang saya cetak adalah hasil foto pemandangan, dan itu sangat berbeda terlihat ketika dilihat melalui layar komputer daripada hasil cetakannya.
Memilih Jenis Cetakan Foto yang Tepat Agar Tampil Profesional


Di atas itu adalah beberapa rekomendasi cetakan foto favorit para penikmat fotografi. Kemudian pajang di mana foto itu anda ingin nikmati. Alangkah damainya ketika bangun pagi, kemudian sarapan atau sekedar bikin teh, sambil memandangi hasil karya sendiri. Itu salah hal yang tidak semua orang bisa rasakan. :)