Menguasai Kamera Yang Dimiliki Saat ini Penting Dari Pada Mengeluhkannya

Menguasai Kamera Yang Dimiliki Saat ini Penting Dari Pada Mengeluhkannya

mrfdn - Siapa yang setuju dengan judul di atas? Jika anda sedang tidak setuju, mungkin saja sekarang anda sedang mengeluhkan peralatan yang anda miliki.

Begini, saya akan mencoba memberikan semangat kepada anda yang sedang galau terhadap hasil fotonya. Saya tidak memungkiri bahwa kamera bagus pasti memiliki kualitas gambar yang bagus.
Menguasai Kamera Yang Dimiliki Saat ini Penting Dari Pada Mengeluhkannya

Di luar sana banyak sekali orang yang membeli peralatan kamera canggih. Ada yang membeli kamera seharga 20 juta sampai 50 jutaan. Sebuah harga yang sangat fantastis. Belum lagi peralatan kamera tambahan bisa sampai 100 jutaan modal hanya untuk kamera saja.

Namun...

Apakah peralatan tersebut sudah membuat mereka menghasilkan foto yang bagus/menarik? Belum tentu.

Foto yang bagus/menarik itu tercipta dari hasil kreasi kita. Itu berasal dari dalam diri kita. Kita ingin membuat foto seperti itu, maka kita usahakan ingin mendapatkan hasil seperti yang diinginkan. Bukan dengan mengupgrade kamera yang lebih bagus.

Tetapi jika alat yang digunakan masih biasa-biasa saja, jangan dijadikan penghalang untuk membuat foto yang bagus, jangan kita galau karena hal itu.

Apa sebenarnya yang kita kejar dengan membeli kamera bagus?

Terkadang saya heran kepada orang yang mempunyai kamera mahal tetapi hasilnya sama saja seperti orang yang memiliki kamera seharga sejutaan.

Kamera adalah alat untuk menangkap gambar.

Jika kita mampu memaksimalkan peralatan yang kita miliki, maka itu adalah sebuah prestasi yang mengagumkan. Menguasai alat lebih penting daripada mengeluhkan alat yang sedang dimiliki.
Menguasai Kamera Yang Dimiliki Saat ini Penting Dari Pada Mengeluhkannya

Saya beri satu contoh dari pengalaman saya pribadi

Saat pertama kali mengenal kamera dslr, saya rajin melakukan hunting foto. Kamera pertama saya adalah nikon d5100 dengan lensa kit 18-55. Kamera APSC dengan layar bisa dilipat. Foto yang saya dapatkan  saat itu saya anggap luar biasa.

Namun ketika saat ini saya melihat kembali hasil foto saya itu, saya melihat perkembangan yang baik. Saya merasa banyak perbedaan yang meningkat saat ini.

Bercermin dari itu, seiring waktu pengalaman memotret sudah semakin banyak. Saya lebih sering melakukan foto landscape. Foto landscape saya semakin hari semakin bagus, banyak tempat-tempat yang telah saya datangi dan berhasil membuat foto yang menarik dari sana..

Intinya adalah, bagaimana hal itu bisa saya capai? Tentu dengan terus belajar fotografi. Dimulai dari menguasai kamera yang saya miliki. Mempelajari berbagai teknik fotografi adalah hal dasar yang mesti dilakukan oleh fotografer pemula.

Dan tahukah anda, saat ini pun saya masih menggunakan kamera apsc, Sony A3000 dengan lensa manual 17mm. Setelah kamera Nikon saya jatuh tercebur di air laut dan mati total sekitar 4 tahun yang lalu.

Jika saja kamera Nikon saya itu tidak rusak, mungkin saat ini saya masih menggunakannya. Kamera tersebut sudah membuat saya belajar fotografi banyak hal.
Menguasai Kamera Yang Dimiliki Saat ini Penting Dari Pada Mengeluhkannya

Saya kadang iri melihat teman yang memiliki kamera bagus terupdate saat ini. Namun itu tidak membuat saya galau, malah memacu saya untuk membuat foto yang semenarik, sekreatif mungkin hari ke hari. Hasilnya foto-foto saya tidak kalah jauh dengan hasil foto teman-teman yang lain.

Yang terjadi saat ini

Yang terjadi saat ini adalah, banyak orang yang terobsesi untuk membuat foto yang serupa yang telah dibuat oleh orang-orang yang sudah lama di bidang fotografi.

Ini bagus.

Namun dengan memaksakan hal-hal yang saya pikir terlalu dini untuk melangkah ke sana sedangkan teknik fotografi dasar pun tidak diketahui.

Terlalu banyak hal yang dilupakan, sehingga ketika ingin membuat foto pada satu kondisi tertentu tidak tahu harus melakukan apa. Lalu akhirnya perlahan meninggalkan fotografi. Seluruh peralatan fotografi yang telah dibeli mahal-mahal akhirnya dijual.
Menguasai Kamera Yang Dimiliki Saat ini Penting Dari Pada Mengeluhkannya

Saya tidak menunjuk satu golongan tertentu pada artikel ini.

Saya kemudian berpikiran bahwa setelah saya memiliki kamera baru, bisakah saya membuat foto yang lebih bagus daripada kemarin, atau hasilnya malah tidak lebih bagus? Saya pun memilih untuk memaksimalkan alat yang saya miliki saat ini saja.

Semoga anda bisa menangkap poin yang saya sampaikan dalam artikel singkat ini.