Cara Meningkatkan Kemampuan Fotografi Salah Satunya dengan Menambah Referensi Foto

Cara Meningkatkan Kemampuan Fotografi Salah Satunya dengan Menambah Referensi Foto

mrfdn.com - Setiap fotografer pasti ingin mempunyai foto yang bagus. Untuk mendapatkan hal tersebut tidak mudah, kita harus berlatih dan berlatih. Salah satunya dengan menambah referensi bacaaan dan referensi foto-foto menarik, anda bisa meningkatkan kualitas foto anda.

Pernahkah anda mendengar orang mengatakan,

"apa yang kamu lihat itu mempengaruhi style foto kamu"

Saya menangkap kalimat tersebut merasa bahwa referensi foto-foto yang kita lihat akan menambah kemampuan kita dalam melihat suatu objek. Contoh paling mudah adalah dengan memperhatikan foto-foto menarik di instagram dengan berbagai hastag.
Cara Meningkatkan Kemampuan Fotografi Salah Satunya dengan Menambah Referensi Foto

Tangkap dalam-dalam bagaimana foto tersebut disajikan lalu simpan dalam ingatan. Suatu hari anda akan melakukan shot yang sama pada tempat yang sama. Dan review apakah hasilnya bisa sebaik yang anda pernah lihat tersebut.

Jika anda senang dengan foto-foto landscape atau pemandangan, carilah hastag foto-foto landscape menarik semisal #siksakamera #landscapephotomags #telkomselmerahputih dan lain-lain. Dengan memfollow hastag tersebut anda akan terbiasa untuk melihat foto-foto yang menarik.


Bisa juga dengan membeli majalah fotografi, atau dengan berkunjung ke pameran-pameran foto.

Hal semacam ini bukan hanya karangan orang biasa, sebab beberapa orang telah membuktikannya. Secara psikologis ternyata mampu membentuk karakter si fotografer. Memperbaiki referensi foto-foto akan membuat karya foto anda semakin baik.

Semakin banyak foto referensi yang anda lihat, maka semakin tertanam dalam otak anda tentang bagaimana semestinya foto dibuat. Bukan sekedar menekan shutter speed saja.

Nah, apakah anda mempraktekkan hal yang sama dengan ini? Jika anda belum mempraktekkan hal ini, coba beri tahu saya bagaimana cara anda mengembangkan teknik berfotografi anda.