Seberapa Penting Edit Foto Setiap Kali Sehabis Memotret

Seberapa penting edit foto setiap kali sehabis memotret

mrfdn - Pasti anda berpikiran bahwa setiap kali sehabis melakukan hunting, foto yang didapatkan kemudian dimasukkan ke laptop atau komputer untuk diedit. Ya atau iya?

 Seberapa Penting Edit Foto Setiap Kali Sehabis Memotret


Jika demikian sah sah saja, toh tidak ada yang melarang.

Tetapi apakah harus selalu demikian? Mendapatkan foto bagus sejatinya dari kamera sudah terlihat bagus. Untuk mendapatkan itu semua, butuh waktu yang tidak sedikit. Seorang harus memahami mulai dari dasar-dasar fotografi hingga ke tingkat yang lebih tinggi.


Seorang yang belum pernah atau jarang mendapatkan foto bagus yang sudah matang dari kamera mungkin selalu mengandalkan komputer sebagai sejata utama foto-foto yang dihasilkannya.

Sekali lagi.. Memang tidak ada salahnya untuk melakukan editing foto..

Itu tergantung dari masing-masing orang atau ada hal lain yang menuntut untuk menghasilkan sesuatu yang dan itu harus dilakukan di editing di komputer. Misalnya ketika anda mendapat klien yang ingin difoto produknya dan produk itu akan digunakan untuk kebutuhan iklan. Menurut anda apakah foto akan langsung jadi begitu saja dari kamera? Menurut saya mustahil hal demikian langsung jadi dari kamera yang anda gunakan.

Artikel lain :: 11 Tips dan Cara Edit Fotografi Landscape yang Benar

Biar lebih jelasnya kita ambil contoh, anda pasti pernah melihat foto iklan produk rambut yang ada di jalan-jalan. Foto tersebut bisa begitu terlihat indah dan menawan bukan langsung dari kamera. Tetapi sebagiannya adalah hasil olah kerja komputer. Sangat mustahil sebuah iklan besar menerbitkan foto iklannya dengan kondisi pencahayaan yang sempurna.
Seberapa Penting Edit Foto Setiap Kali Sehabis Memotret

Nah untuk itu kita kembali ke diri kita masing-masing.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa ::

"kedewasaan seorang fotografer dalam menghasilkan gambar, bisa dilihat dari seberapa hebatnya dia dengan kamera yang digunakannya"

Jika saya menangkap makna pepatah itu, saya mengira bahwa seorang fotografer harus memiliki pengetahuan teknis fotografi yang matang. Mulai dari dasar fotografi hingga ke tingkat yang lebih tinggi. Tanpa itu semua mustahil seorang bisa menciptakan foto yang bagus.

Jika anda selalu gagal mendapatkan foto yang bagus langsung dari kamera, teruslah berusaha untuk mempelajari fotografi. Ketika anda membuat sebuah karya foto, mungkin alat yang anda gunakan masih sederhana sehingga hasilnya tampak biasa saja.

Seberapa Penting Edit Foto Setiap Kali Sehabis Memotret

Kata mereka yang jago motret, foto yang ribet dalam hal teknis bisa saja langsung matang dari kamera, tetapi itu membutuhkan waktu dan peralatan yang banyak, sehingga untuk memudahkan tinggal melakukan editing di photoshop, atau software sejenis. 

Hal lain yang membuat orang pasti melakukan edit foto lebih lanjut adalah karena hal yang diinginkannya tidak bisa dilakukan di kameranya. Misalnya ketika dia menginginkan sebuah warna terlihat lebih ngejreng. Atau dengan mengubah warna foto menjadi hitam putih yang pekat. Ini adalah sebagian hal yang tidak semua kamera bisa melakukannya.

Baca juga :: Hasil Edit Foto Kamu Mencerminkan Karaktermu

Dalam fotografi tidak ada batasan bagi seorang untuk menciptakan kreatifitasnya. Semakin dihambat orang untuk melakukan ini dan itu, maka kreatifitas tidak akan meningkat. Tidak ada hal baru yang didapatkan. Sehingga pengetahuan tentang fotografi hanya sesempit itu.

Jangan membatasi diri anda dalam fotografi, teruslah berkarya, apapun yang anda inginkan, go get it.

Maafkan saya jika tulisan ini menyinggung sebagian orang yang bekerja di bidang editing foto.