Curhat di Blog! Kenapa Tidak?

Ternyata bukan saya saja yang menulis blog dengan style curhat


mrfdn - Ngeblog bagi saya adalah kegiatan yang baru-baru saya jalani beberapa bulan ini. Seiring waktu tersebut tulisan yang saya tampilkan di halaman postingan saya kadang ada yang terlihat seperti curhatan.

Apakah itu masalah?
curhat di blog kenapa tidak


Menurut saya tidak juga, sebab semua orang bisa berpendapat.

Seorang teman saya yang baru mengetahui saya main blog, mengatakan kepada saya sambil tertawa, sedikit menyindir mengatakan bahwa artikel saya isinya hanya curhatan saya saja.

Well, its okay.

Semua orang bisa berpendapat seperti itu. Itulah gaya tulisan yang sampai saat ini yang setidaknya saya biasa kuasai dahulu.


Saya masih awam, pengetahuan tentang dunia penulisan masih sebesar biji sawi. Perlahan saya menemukan pencerahan dari orang-orang yang lebih dahulu ngeblog daripada saya.

Mereka mengatakan bahwa untuk awal ngeblog, tulislah saja dahulu apa saja yang kamu bisa, tidak usah pikirkan berbagai macam hal yang hanya akan membuat kamu sulit untuk menulis. 

Bijak sekali bukan?

Ya di sini saya mengukur kemampuan saya sendiri. Saya menulis sesuatu berdasarkan apa yang saya ketahui, saya sampaikan berdasarkan apa yang saya bisa. Saya tentu ingin membuat tulisan terlihat enak dibaca, semua blogger mau itu.

Yang bisa dilakukan adalah belajar dan terus latihan

Seiring waktu saya terus belajar dan latihan menulis, membaca tulisan-tulisan dari blogger-blogger lain. Sungguh menyenangkan mendapatkan ilmu gratis seperti itu. Ini bermanfaat buat saya pribadi.

Kemudian mengenai tulisan yang berisi curhat-curhatan. Saya akhirnya menemukan bukan saya saja yang melakukan hal seperti ini.

Beberapa hari ini saya melakukan blogwalking, yakni kegiatan mengunjungi blog orang-orang, membaca tulisannya kemudian memberikan komentar pada tulisannya. Kegiatan seperti ini menambah wawasan saya dalam dunia tulis menulis.

Saya membaca tulisan yang isinya curhatan, atau cerita pendek yang dikemas dengan gaya curhatan. 

Yap, terkesan sangat personal, dan lebih mendekatkan saya dengan si penulis. Saya jadi tahu bahwa tulisan saya juga ada mirip-miripnya dengan blog orang lain.

Sejujurnya saya jarang melakukkan blog walking, saya berpikir bahwa semua pengunjung yang saya dapatkan berasal dari google, ternyata tidak, kegiatan blogwalking ada manfaatnya juga.

Mungkin ini terjadi bagi semua orang awam yang baru memulai sesuatu di dunia tulis menulis. Seperti bayi yang baru belajar merangkak, seperti fotografer yang baru belajar memotret. Semua orang tidak langsung bisa handal dalam menulis, semua butuh waktu dan usaha yang keras.


Jika si bayi tidak berusaha bangkit setelah dia terjatuh selama berdiri mungkin sampai kapanpun dia tidak akan berdiri. Begitupun sebagai penulis artikel/blogger. Saya selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Meskipun pada awalnya ini saya masih terseok-seok, lihat saja nanti suatu saat artikel yang saya tulis akan menjadi lebih baik dari artikel yang saya tulis hari ini.

Seorang blogger butuh semangat seperti ini untuk tetapi melakukan kegiatan menulis, mengisi postingan di blognya dengan artikel-artikel apa saja yang menurutnya menarik untuk dibahas. Dengan begitu secara tidak sadar kita berlatih untuk menulis artikel, dengan kebiasaan seperti itu niscaya artikel yang kita bikin akan semakin membaik dari hari ke hari.

Apakah anda setuju?