Menggunakan Filter GND Reverse

find my pphone android phones android developer insurance car insurance lock phone gfx tool pubg android apk foto keren android os for pc kamera android definition insurance companies car insurance quotes auto insurance android os versions quotes android device manager location history open handset alliance headphone android device manager google gapps android device manager unlock ssd murah android device manager for pc find my device android find my samsung tablet headset google play service android android device manager location unavailable android software download for pc fix my device samsung support europe android phones car insurance companies insurance quotes cheap car insurance android versions foto keluarga android download android 9 gfx tool android pie cara main mobile legend settingan pubg istilah dalam pubg cara main pubg di pc pubg mobile lite pubg mobile online pubg mobile tencent hp murah pubg mobile update pubg mobile apkpure gl tool headset gaming headset iphone cheap insurance auto insurance companies headset samsung earphone gaming earphone terbaik 2018 earphone mega bass terbaik headset bluetooth xiaomi earphone terbaik earphone gaming custom rom earphone jbl earphone miniso teknik fotografi komposisi fotografi pengertian fotografi jenis fotografi sejarah fotografi kamera canon kamera dslr rekomendasi earphone terbaik headset bluetooth terbaik headset bluetooth jbl headset hp kamera mirrorless toko kamera jual kamera auto insurance quotes liability insurance

Gunakan filter GND reverse untuk foto langsung ke arah matahari


mrfdn - Foto landscape biasanya dilakukan pada pagi dan sore hari. Saat tersebut memang paling tepat karena kita bisa menangkap matahari yang berada di bagian horizon.
filter gnd reverse untuk foto landscape matahari
filter GND reverse


Untuk menangkap moment tersebut tentunya kita harus menyeimbangkan exposure antara foreground dan background.

Jika kita menggunakan kamera tanpa menggunakan filter tambahan yang dipasang di depan lensa maka kita akan bingung bagaimana menyeimbangkan exposurenya. Exposure yang dihasilkan dari matahari biasanya berbeda 3 stop dengan daratan atau foreground.

Untuk menyeimbangkan exposure itu, kita bisa menggunakan filter GND hard. Filter GND akan membuat exposure pada bagian atas bagian horizon menjadi turun 2-3 stop tergantung filter GND yang digunakan. Jika GND yang digunakan adalah GND 0.9 maka akan akan menghasilkan penurunan 3 stop.

Efeknya seluruh bagian terkena area gelap dari GND itu akan menjadi gelap.

Namun,

Ada filter yang bisa digunakan lebih baik dalam kondisi seperti ini. Filter tersebut adalah filter GND reverse.

Apa itu GND Revese?

Graduate Neutral Density atau GND Reverse adalah sebuah filter berjenis kotak/square. Karena bentuknya kotak maka filter ini memiliki gradasi dari gelap ke terang. Filter GND reverse sendiri berjenis filter GND Hard, dimana pada bagian tengah fiter tersebut memiliki gradasi yang cukup keras (gradasinya dari gelap ke terang tidak lembut).

GND reverse memiliki area gelap paling gelap di bagian tengah, lalu bergradasi semakin terang ke atas. Dispesialkan untuk menurunkan exposure di area yang paling terang, yakni matahari dan area sisi kiri dan kanannya.

Pada 3/4 bagian atas filter GND tersebut area gelap biasanya hanya 2 stop. Kemudian dengan gradasi yang lembut ke area tengah filter bagian tersebut akan menjadi lebih gelap 1 stop dari bagian atasnya. Sehingga bagian tersebut memiliki penurunan 3 stop.
Tidak seperti GND Hard pada umumnya, GND reverse memiliki gradasi dari tengah ke atas, makanya disebut reverse (terbalik).


Ini adalah keuntungan bagi fotografer untuk menormalkan exposure matahari tanpa harus menjadikan area atas langit menjadi lebih gelap.

Saran Filter GND Reverse

Jika anda memang sering memotret pemandangan dengan memunculkan matahari, cobalah menggunakan filter GND reverse ini. Ini akan sangat membantu menghasilkan foto yang normal dan natural.
filter gnd reverse untuk foto landscape matahari
Foto ini saya ambil menggunakan filter GND reverse. Matahari bisa terlihat normal, bagian atas matahari juga jadi normal.


Namun jika anda belum memiliki cukup dana untuk membeli filter GND reverse, anda bisa menggunakan cara filter GND yang anda miliki. Lalu maksimalkan hasilnya melalui Photoshop atau Lightroom.

Filter GND reverse yang bagus anda beli seperti merek Lee, Nisi, Haida dan HNY, karena hanya filter ini yang banyak beredar di Indonesia, dan hasilnya juga bagus. Banyak orang menggunakan merek-merek filter tersebut untuk foto landscape. 

Untuk dicatat bahwa filter GND hanya akan bagus digunakan untuk foto langsung ke matahari. Jika anda menggunakannya pada area yang tidak memiliki matahari maka hasil foto anda akan terlihat aneh karena exposure yang berbeda di area tengah gambar.

Semoga artikel ini bermanfaat. :)