Tidak Selamanya Foto Landscape Harus Menggunakan Lensa Lebar

find my pphone android phones android developer insurance car insurance lock phone gfx tool pubg android apk foto keren android os for pc kamera android definition insurance companies car insurance quotes auto insurance android os versions quotes android device manager location history open handset alliance headphone android device manager google gapps android device manager unlock ssd murah android device manager for pc find my device android find my samsung tablet headset google play service android android device manager location unavailable android software download for pc fix my device samsung support europe android phones car insurance companies insurance quotes cheap car insurance android versions foto keluarga android download android 9 gfx tool android pie cara main mobile legend settingan pubg istilah dalam pubg cara main pubg di pc pubg mobile lite pubg mobile online pubg mobile tencent hp murah pubg mobile update pubg mobile apkpure gl tool headset gaming headset iphone cheap insurance auto insurance companies headset samsung earphone gaming earphone terbaik 2018 earphone mega bass terbaik headset bluetooth xiaomi earphone terbaik earphone gaming custom rom earphone jbl earphone miniso teknik fotografi komposisi fotografi pengertian fotografi jenis fotografi sejarah fotografi kamera canon kamera dslr rekomendasi earphone terbaik headset bluetooth terbaik headset bluetooth jbl headset hp kamera mirrorless toko kamera jual kamera auto insurance quotes liability insurance

Kreatif dengan lensa tele / lensa panjang untuk fotografi landscape


mrfdn - Ada satu hal unik yang sepertinya tertanam di kepala seorang fotografer yaitu memotret landscape harus menggunakan lensa lebar.

Dalam melakukan foto landscape atau pemandangan, tidak dipungkiri bahwa kita harus menggunakan lensa yang super lebar supaya apa yang kita lihat di depan mata bisa tertangkap kamera.
Kreatif dengan lensa tele / lensa panjang untuk fotografi landscape

Dengan begitu orang pasti kita sudah terpuaskan akan hasil yang didapat.

Itu bukan hal yang salah, tetapi sepertinya keliru..

Mengapa saya katakan demikian?

Keliru karena memiliki pemikiran yang sangat sempit. Tidak melihat karya fotografi pemandangan yang dihasilkan oleh seorang yang hanya menggunakan kamera dengan lensa standar atau kamera smartphone sebagai karya fotografi.

Lebih lanjut baca :: Menggunakan lensa lebar dengan benar

Mengapa kita memakai lensa wide?

Sejatinya memang lensa wide selalu menjadi primadona bagi setiap fotografer landscape. Dengan memiliki lensa wide maka senjata utama sang fotografer sudah lengkap. Sisa menambahkan aksesoris semacam filter saja.

Lensa wide selalu jadi andalan/primadona karena kemampuannya untuk menangkap gambar luas mulai dari depan si fotografer sampai sepanjang mata memandang. Rasanya dengan menggunakan lensa wide maka semua objek yang terlihat di depan mata bisa diabadikan.

Contoh lensa wide dengan focal lenght 12 mm, biasanya memiliki sudut pandang 100-110 derajat. Ini hampir sama dengan sudut pandang mata manusia.

Maka dari itu hal tersebut yang menjadi primadona bagi setiap fotografer, terutama fotografer landscape

Baca juga :: Ciri-ciri fotografer landscape

Apakah tidak boleh menggunakan lensa tele untuk foto landscape?


Seorang fotografer semestinya memiliki wawasan yang luas. Sebuah lensa tele bisa digunakan untuk kebutuhan foto landscape.

Dengan syarat..

Objek foto yang ingin dibuat memiliki jarak yang sangat jauh.

Lensa tele yang biasa digunakan fotografer landscape profesional adalah 70-200. Lensa tersebut mampu menghasilkan gambar yang tajam sekali.
Kreatif dengan lensa tele / lensa panjang untuk fotografi landscape

Selain itu lensa tele juga tidak akan membuat foto menjadi distorsi. Jika anda memiliki lensa tele, cobalah sesekali menggunakannya untuk foto pemandangan. Jangan hanya digunakan untuk memotret mbak model di taman. Xixixix..

Dengan lensa tele kita mampu mengasah kemampuan melihat objek dan melatih mata untuk mengkomposisikan suatu frame.

Mencari objek yang berada jauh di depan mata memang mungkin melelahkan, dengan lensa tele hal tersebut bisa anda minimalisir.

Memang terkadang secara kasat mata kita sulit untuk menemukan focal point untuk membuat foto kita bercerita.

Tetapi dengan lensa tele ini bisa sedikit membantu kita menemukan objek foto yang pas.
Kreatif dengan lensa tele / lensa panjang untuk fotografi landscape

Lalu ketika kita menemukan objek tersebut, maka selanjutnya kita komposisikan secara matang untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Baca artikel :: Memaksimalkan komposisi foto landscape

Akhirnya mari kita ubah mindset bahwa untuk untuk melakukan foto landscape harus menggunakan lensa wide/lebar.

Jangan berpikir fotografi sesempit itu.

Mereka yang mampu menghasilkan foto landscape yang mengagumkan adalah yang menang.

Lensa hanyalah alat bantu untuk kita gunakan membuat sebuah foto.

Bagaimana apakah anda tertarik menggunakan lensa tele untuk memotret foto landscape?