Hunting Foto di Mesjid Terapung Amirul Mukminin Kota Makassar

find my pphone android phones android developer insurance car insurance lock phone gfx tool pubg android apk foto keren android os for pc kamera android definition insurance companies car insurance quotes auto insurance android os versions quotes android device manager location history open handset alliance headphone android device manager google gapps android device manager unlock ssd murah android device manager for pc find my device android find my samsung tablet headset google play service android android device manager location unavailable android software download for pc fix my device samsung support europe android phones car insurance companies insurance quotes cheap car insurance android versions foto keluarga android download android 9 gfx tool android pie cara main mobile legend settingan pubg istilah dalam pubg cara main pubg di pc pubg mobile lite pubg mobile online pubg mobile tencent hp murah pubg mobile update pubg mobile apkpure gl tool headset gaming headset iphone cheap insurance auto insurance companies headset samsung earphone gaming earphone terbaik 2018 earphone mega bass terbaik headset bluetooth xiaomi earphone terbaik earphone gaming custom rom earphone jbl earphone miniso teknik fotografi komposisi fotografi pengertian fotografi jenis fotografi sejarah fotografi kamera canon kamera dslr rekomendasi earphone terbaik headset bluetooth terbaik headset bluetooth jbl headset hp kamera mirrorless toko kamera jual kamera auto insurance quotes liability insurance

Pengalaman Hunting Foto di Mesjid Terapung Kota Makassar


mrfdn - Pernahkah anda mengunjungi tempat wisata di Kota Makassar?

Jika pernah, sudahkah anda mengunjungi Pantai Losari?

Pantai Losari adalah tempat yang selalu ramai di Kota Makassar. Ada atau tidak ada acara selalu saja tempat ini ramai.

Ada beberapa alasan yang saya catat mengapa Pantai Losari selalu ramai
- Pantai Losari punya pemandangan sunset yang indah pada sore hari
- Di Pantai Losari kita bisa menghabiskan waktu jalan-jalan bersama keluarga, teman, maupun pacar.
- Di Losari yang luas kita bisa menikmati enaknya pisang epe
- Di Losari selain bersantai, yang beragama islam juga bisa menunaikan ibadah.

Di sana terdapat mesjid.

Warga masyarakat Makassar menyebutnya dengan Mesjid Terapung.

Mengapa disebut Mesjid Terapung?
Hunting Foto di Mesjid Terapung Amirul Mukminin pantai losari Kota Makassar keren cantik sunset liburan refreshing keluarga fotografer landscape


Sebab mesjid ini dibangun tepat di atas perairan laut Pantai Losari.

Mesjid ini tidak terlalu luas. Namun bisa menyuguhkan keindahan tersendiri melalui arsitekturnya.

Hampir setiap sore hari di Mesjid Terapung ada-ada saja orang yang hunting foto di sekitar sini.

Ada yang suka selfie, foto bareng keluarga, bersama anak, ada juga yang suka foto street, menghabiskan waktu berjalan keliling modar mandir di sepanjang Pantai Losari.

Mengasyikkan sekali..

Nah, tepat di depan Mesjid Terapung tersebut merupakan spot favorit bagi fotografer untuk mengambil gambar dari Mesjid Terapung.

Tidak jarang ketika saya berjalan-jalan pada sore hari ke Mesjid Terapung ini sering sekali menemukan orang yang konsentrasi membuat foto. Mereka meletakkan kamera tepat di atas tripod. Kemudian mengambil gambar.

Waktu yang tepat untuk mengambil gambar di Mesjid Terapung adalah pada sore hari antara jam 5.30 sampai 6.15 ketika matahari mulai turun perlahan di balik mesjid.

Pemandangan ini mungkin sudah sering oleh warga Kota Makassar, tetapi bagi mereka yang baru mengunjungi tempat ini pasti sangat merasa senang ketika berhasil mendapatkan foto menarik dari tempat ini.

Belum sah rasanya berkunjung ke Kota Makassar tanpa mengunjungi Mesjid Terapung di Pantai Losari ini.

Melihat seringnya orang memotret di Mesjid Terapung ini, membuat saya berpikir bahwa mereka adalah fotografer landscape. Ciri-cirinya antara lain ::
- Membawa tripod
- Memiliki lensa wide untuk mengambil selebar mungkin pemandangan
- Memasang filter di depan lensanya
- Menggunakan teknik foto long exposure

Baca juga :: 9 Ciri-ciri fotografer landscape

Sungguh pemandangan yang menyenangkan bisa bertemu dengan para fotografer landscape di sini. Meskipun tidak janjian, ada-ada saja yang akan menyapa kita.

Sudah banyak fotografer yang berasal dari luar Kota Makassar seperti dari jakarta, surabaya, maluku, sumatra, dan masih banyak lagi.

Mereka selalu berkata bahwa penasaran dengan Mesjid Terapung ini.

Menurut ku benar saja,

Mesjid Terapung dengan segala pesonanya bisa membuat orang datang untuk mengunjunginya. Foto Mesjid Terapung paling banyak bertebaran kita temukan di media sosial semacam instagram.

Terutama bagi mereka para pengggemar fotografi landscape, rasanya belum lengkap galleri foto mereka ketika belum memposting foto Mesjid Terapung yang berasal dari Kota Makassar ini.

Teknik mengambil gambar di Mesjid Terapung

Teknik mengambil gambar terbaik yang sebaiknya diterapkan di lokasi ini adalah dengan melakukan teknik long exposure photography.

Dengan teknik long exposure kita bisa meminimalisir bocornya orang-orang yang lalu lalang di Pantai Losari, di sekitaran mesjid.

Tahukah anda bahwa mesjid ini selalu ramai. Bukan hanya anda yang mengunjunginya, tetapi ribuan orang tiap hari lalu lalang di sini.

Ketika hanya mengambil gambar sekali jepretan dengan speed yang cepat maka foto anda mungkin bagus, tetapi saya tidak menjamin foto anda tidak bocor oleh orang-orang.

Baca juga :: Cara membuat foto long exposure

Angle terbaik di Mesjid Terapung Makassar

Ada 4 titik spot terbaik untuk mengambil foto Mesjid Terapung dengan angle foto terbaik. Jika anda memang baru mengunjungi lokasi ini anda sebaiknya mencoba mengambil dari angle berikut ini.

#1 Mulai dari sebelah kiri

Ini adalah spot angle yang paling jarang orang dapatkan. Dari sini foto Mesjid Terapung akan tampak dari sebelah kiri, megah, dan tidak flat.
Hunting Foto di Mesjid Terapung Amirul Mukminin pantai losari Kota Makassar keren cantik sunset liburan refreshing keluarga fotografer landscape


Coba untuk mengambil secara vertikal maupun horizotal. Saya menganggap ini adalah angle paling bagus di antara semua angle untuk mengambil foto ketika masih cerah.

#2 Tepat di depan mesjid, tengah, secara frontal

Bergeser sedikit ke kanan dari angle di atas, anda akan menemukan angle yang berbeda.

Angle ini sangat familiar di kalangan semua fotografer landscape. Hampir semua orang yang melihat foto Mesjid Terapung pasti terpesona dari angle ini.
Hunting Foto di Mesjid Terapung Amirul Mukminin pantai losari Kota Makassar keren cantik sunset liburan refreshing keluarga fotografer landscape

Namun menurut saya rasanya terlalu flat jika mengambil foto dari angle ini. Angle ini bagusnya diambil ketika matahari sudah mulai terbenam.

Biasanya cahaya matahari menembus bagian dalam mesjid, dan cahaya emasnya muncul tepat di bagian bawah Mesjid Terapung mengenai air laut.

#3 Sebelah kanan tepat sebelum tangga naik

Bergeser lagi mengarah ke sebelah kanan. Menuju ke bagian tangga Mesjid Terapung. Dari angle ini anda sebaiknya membuat foto long exposure. Sebab banyak orang yang lalu lalang di sini.

Angle ini sangat pas ketika diambil pada saat blue hour. Ketika lampu-lampu mesjid pertama dinyalakan.
Hunting Foto di Mesjid Terapung Amirul Mukminin Kota Makassar

Sedangkan langit sudah menjadi biru gelap. Tidak sedikit orang yang mengambil dari angle ini mendapatkan foto yang bagus loh.

#4 Samping mesjid setelah tangga turun

Bergeser sedikit lagi ke sebelah kanan, anda akan menemukan tangga turun. Anda bisa memasang tripod anda dari sudut itu.

Angle ini sangat cocok untuk mendapakan mesjid dengan cahaya highlight dengan shadownya. Cahaya sunset akan menerpa bagian samping mesjid dan ini akan memberikan efek dimensi terhadap foto kita.
Hunting Foto di Mesjid Terapung Amirul Mukminin Kota Makassar


Berkunjung di Kota Makassar memang belum cukup satu atau dua kali.

Mesjid Terapung sudah menjadi icon kota Makassar di mata dunia. 

Sudah banyak sekali foto-foto mesjid terapung terlihat di media sosial, instagram, facebook, twitter, dan sebagainya.

Apakah anda tertarik juga untuk mengambil foto di lokasi ini?

Saya sendiri meskipun sudah beberapa kali memotret di sini, saya belum bosan mencari foto bagus dan menunggu moment yang pas untuk mendapakan foto terbaik.

Semoga artikel ini bernilai informatif dan bermanfaat bagi anda. Ini bisa jadi referensi juga bagi anda yang belajar komposisi fotografi, dan berencana untuk mengambil gambar di Mejid Terapung Amirul Mukminin Makassar.