Alasan Menggunakan Kamera Mirrorless Untuk Street Fotografi

Apa bagusnya sih nyetrit menggunakan kamera mirrorless?


mrfdn - Nyetrit merupakan hobi foto yang mengasyikkan. Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Mau pagi, siang, sore, malam, mau di pasar, mall, kantor, jalanan, dan dimana saja. Sebab kegiatan ini hanya memotret kejadian unik di sekeliling. Makanya disebut hunting.

Mungkin kesannya kita seperti memburu moment seperti yang dilakukan oleh wartawan, tetapi street fotografi saya pikir dilakukan lebih santai namun tetap fokus.

Untuk menunjang keberhasilan foto street, sekarang kamera sudah banyak diciptakan dengan bentuk yang kecil dan ringan. Menurut saya ini memiliki dampak yang bagus untuk melakukan pendekatan dalam melakukan foto street.
Alasan Menggunakan Kamera Mirrorless Untuk Street Fotografi

Berikut beberapa alasan menggunakan kamera mirrorless untuk foto street.



1. Kamera mirrorless memiliki body kecil

Dengan kamera yang memiliki ukuran yang kecil orang atau objek yang menjadi foto kita tidak merasa malu untuk difoto.

Pengalaman pribadi saya sewaktu memotret orang dengan menggunakan kamera dslr dan lensa yang panjang, tidak sedikit orang yang saya ambil fotonya merasa heran, atau melihat dengan tatapan sinis. Mereka mungkin tidak senang akan hal ini.

Kemudian berbeda jika menggunakan kamera yang ukuran kecil, yang ditentang di tangan, orang yang kita masukkan ke dalam foto kita akan merasa bahwa saya tidak sedang melakukan apa-apa dengannya. Saya terlihat hanya seperti memegang handphone, dan tidak melakukan apapun kepada mereka. Saya juga terlihat ramah kepada mereka, dibandingkan ketika menggunakan kamera yang lebih besar.

Hobi foto street ini didukung oleh produsen kamera, seperti nikon, canon, sony, fuji, dan lain-lain dengan menciptakan kemera dengan ukuran kecil. Meskipun kecil tetapi hasilnya tidak kalah dengan kamera dslr yang ukurannya lebih besar.

2. Kemera mirrorless tidak berisik

Kamera mirrorless diciptakan tanpa menggunakan cermin tambahan untuk memantulkan cahaya ke viewfinder. Cahaya yang masuk melalui lensa akan diteruskan ke sensor yang kemudian diolah menjadi gambar live view yang bisa dilihat melalui viewfinder dalam bentuk digital, dan juga di lcd.

Karena tidak memiliki cermin pantul maka suara shutter release juga terdengar sangat minim, tidak berisik. Ini bagus untuk mengambil gambar orang secara diam-diam tanpa harus ketahuan.

Dengan demikian kita bisa mengangkap moment yang lebih natural.

3. Kamera mirrorless bentuknya menarik dan klasik

Untuk keren-kerenan saja, kamera mirrorless tidak kalah sama kamera dslr. Lihat saja kamera fuji seperti seri x, yang bentuknya kecil dan klasik. Ini menjadi daya tarik kamu sebagai fotografer.

4. Kamera mirrorless kualitas gambarnya bisa diadu

Untuk kualitas gambar, saya kira setara dengan kamera dslr yang lain. Bahkan beberapa kamera mirrorless diciptakan mampu menciptakan foto yang lebih bagus daripada kamera dslr.

Dengan semakin banyaknya kamera mirrorless di pasaran. Maka sangat cocok untuk dijadikan gear foto street.

Beberapa alasan di atas sebenarnya tidak membuat hasil foto street yang didapatkan lebih bagus dibandingkan menggunakan kamera dslr pada umumnya.
Alasan Menggunakan Kamera Mirrorless Untuk Street Fotografi

Itu kembali kepada siapa yang menggunakannya.

Jika anda masih setia menggunakan kamera dslr untuk segala kegiatan fotografi anda, its okay. Yang penting kita mampu berusaha untuk menciptakan foto yang lebih bagus dari alat yang kita gunakan.

Semoga bermanfaat. :)