Membuat Foto Prewedding Indoor Dan Outdoor

Tahapan Untuk Membuat Foto Prewedding Indoor dan Outdoor


mrfdn - Jasa foto prewedding merupakan salah satu jasa foto di bidang komersil. Komersil singkatnya bisa dibilang dengan arti "dibayar".

Foto prewedding dahulunya kita hanya mengenalnya hanya bisa dilakukan oleh orang-orang studio foto. Dimana orang/klien yang ingin dibuatkan foto prewedding atau mengabadikan foto sebelum hari pernikahannya.
membuat-foto-prewed-indoor-dan-outdoor-sederhana-lucu-islami-romantis-unik
foto sengaja diblur bagian wajah demi privasi klien.

Sekarang foto prewedding sudah bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kemampuan fotografi yang handal, tidak mesti memiliki studio foto. Cukup dikenal dari orang-orang melalui akun instagram, atau lewat mulut ke mulut orang-orang yang telah mempercayai hasil fotonya.

Baca juga :: Memulai bisnis foto prewedding

Jasa foto prewed yang paling sering ditawarkan adalah ada 2 macam yakni foto indoor dan foto outdoor.


Foto indoor yakni foto prewedding yang dilakukan di dalam ruangan, atau biasanya dikerjakan di studio foto. Dengan memanfaatkan pencahayaan artificial lighting yang kompleks. Maupun penggunaan cahaya available yang seadanya.

Sedangkan foto prewed outdoor itu dilakukan di luar ruangan, seperti di tepi pantai, tengah hutan, pinggir sawah, di tengah kota, dan masih banyak lagi. Foto outdoor biasanya dilakukan dengan mempermainkan komposisi dari tempat / lokasi yang ditunjuk untuk melakukan sesi foto prewedding.

Alasan orang melakukan foto prewedding outdoor biasanya adalah bisa memilih tempat yang unik, yang tidak banyak dipakai orang, dan ingin tampil beda. Sangat berbeda sekali ketika kita melakukan foto prewedding di dalam ruangan atau studio foto, dimana lokasinya itu-itu saja, mainstream.

Namun kelebihan dari foto prewed indoor yakni si klien dan fotografer tidak mesti capek-capek ke luar. Menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk pergi ke suatu tempat. Foto prewed indoor ini kelebihannya yakni kita bisa mengatur pencahayaan dari lighting yang digunakan, hasil foto biasanya lebih rapih ketimbang melakukanya di outdoor.

Oiya, foto prewed indoor biasanya dilakukan dengan menggunakan kostum atau pakaian kerja. Misalnya seorang pasangan pegawai/instansi negeri dengan pangkat tinggi, dengan memakai pakaian dinas yang dimilikinya bisa menunjukkan pangkat dan jabatannya. Jadi foto tersebut bisa tampak sangat gagah dan cantik.

Disini saya akan membahas tentang proses melakukan foto prewedding indoor dan outdoor.

Pertama-tama setelah kita sudah deal dengan klien / pasangan calon pengantin yang akan melakukan foto prewed, kita biasanya melakukan survey lapangan atau cek lokasi. Setelah memiliki lokasi yang dipilih, tentukan pakaian atau kostum yang akan dipakai. Kemudian setelah itu lakukan foto prewedding pada hari h.

1. Cek lokasi

Mengecek lokasi ini sangat penting. Tahap awal dalam merencanakan dan membuat foto prewedding itu.

Konsep foto prewed yang matang akan menghasilkan foto yang bagus, dan tidak asal-asalan.

Dalam proses cek lokasi, yang dilakukan yakni mencari angle-angle foto yang kiranya menarik untuk kita bikin buat klien. Nanti pada hari h di lapangan kita bisa bereksplorasi dengan berbagai tempat foto yang unik.

Melakukan cek lokasi bisa dilakukan sendiri saja oleh si fotografer. Lakukan dengan merekam lokasi tersebut dengan beberapa shot. Anda bisa memperlihatkannya kepada klien jika klien belum pernah mendatangi lokasi itu. Supaya mereka juga mengetahui nantinya medan dan lokasi yang akan digunakan untuk foto prewedding mereka.

Selain itu dalam hal mengecek lokasi, sangat perlu dilakukan plan B. Artinya rencana backup jika nanti ternyata terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya lokasi tersebut ditutup pada hari H pemotretan, cuaca tidak mendukung, atau tiba-tiba klien tidak bisa bepergian ke lokasi yang dituju.

Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menawarkan untuk melakukan foto prewed di studio saja. Cara ini adalah cara yang paling aman yang bisa dilakukan.

2. Memilih kostum dan make up

Dalam melakukan foto prewed, kostum dan make up bagi si klien sangat penting. Kostum yang pas akan sangat mempengaruhi hasil foto yang dibuat. Jangan sampai salah pilih kostum.

Misalnya, ketika melakukan foto prewed di tepi pantai, alangkah bagusnya dengan memakai kostum yang kasual saja. Memilih kostum pakaian dinas atau kostum yang lebih formal sepertinya kurang cocok.

Untuk memaksimalkan foto prewed yang ada maka peran dari make up artist sangat diperlukan. Seorang yang memiliki bakat make up atau mendandani orang adalah skill yaang bagus. Sangat bermanfaat dan bisa menghasilkan uang.

Makanya seorang fotografer yang terjun di bidang komersil fotografi biasanya sangat berkaitan dengan para desainer pakaian dan para make up artist.

Tim wardrobe dan tim make up datang pada saat hari h pemotretan. Mereka akan melakukan make up biasanya untuk si calon pengantin cewek. Supaya tampil lebih cantik di depan kamera.

3. Proses foto prewed

Setelah semua persiapan telah matang maka saatnya melakukan sesi foto prewed.

Jika dilakukan di outdoor. Foto prewedding yang dilakukan bisa agak lama, sebab fotografer kadang harus menentukan moment yang pas untuk mengambil foto yang unik dari si klien. Sedangkan jika dilakukan di dalam ruangan waktu pengerjaan bisa lebih cepat karena tinggal mengarahkan mereka untuk berpose lalu mengatur lighting yang digunakan.

Foto prewedding outdoor menjadi unik ketika dalam membuat foto kita mendapatkan moment unik. Moment unik tersebut bisa diciptakan oleh tim fotografer yang turut membantu, atau bisa juga dengan keadaan alam yang mendukung. Ini semua kembali lagi kepada kreatifitas si fotografer.
Membuat Foto Prewedding Indoor Dan Outdoor
foto sengaja diblur bagian wajah demi privasi klien


Dalam sesi foto prewed outdoor ini biasanya banyak berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain. Ini dilakukan untuk mendapatkan angle dan komposisi foto yang lebih menarik. Foto prewed dilakukan seharian penuh di lokasi pemotretan, dari pagi sampai sore. Capek tapi menyenangkan bisa mengabadikan foto prewed bagi klien.

Proses foto prewed yang dilakukan di dalam ruangan biasanya dilakukan di lain hari, tergantung dari request klien. Melakukan sesi foto prewed indoor tidak begitu melelahkan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cukup mendatangi / menyewa satu studio foto kemudian melakukan foto prewed.

Yang dilakukan juga tidak ribet, cukup mengatur pose dan ligting yang pas bagi pasangan calon pengantin. Proses ini sangat singkat dan bisa menghemat banyak waktu dan tenaga.

Kesimpulan

Jika anda hendak turun melakukan job foto prewedding, anda dituntut untuk memberikan hasil yang bagus bagi klien. Buatlah foto-foto prewedding yang berkesan bagi mereka. Ciptakan hal-hal unik lalu maksimalkan foto prewed anda lakukan.

Karena tidak sedikit orang yang jadi baper (bawa perasaan) ketika melihat satu foto prewed yang unik. Dengan demikian seiring waktu kemampuan anda dalam memotret foto komersil menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat.

Baca juga :: Membangun bisnis fotografi dari kamera sendiri