Panduan Memilih Kamera Filter Untuk Foto Landscape

quotes android photography pubg mobile legend aplikasi whatsapp gapps apk teknik fotografi kamera dslr bluetooth headset insurance foto keren

Memilih kamera filter yang tepat untuk foto landscape keren


mrfdn.com - Jika kamu melihat foto-foto pemandangan di instagram, kamu mungkin bertanya bagaimana sih mendapatkan foto pemandangan sebagus itu?

Kok bisa airnya jadi halus begitu?

Atau kok awannya bisa jadi ketarik?

Semua itu dilakukan dengan teknik pengambilan gambar yang baik dan pemahaman fotografi dasar yang mumpuni oleh fotografernya.

Salah satu teknik yang biasa digunakan untuk mengambil foto pemandangan adalah dengan melakukan teknik long exposure. Dasarnya hanya membuka rana pada kamera dengan waktu yang lama seperti 30 detik ke atas.

Baca juga :: Panduan teknik membuat foto long exposure ala siksa kamera

Untuk mendukung teknik long exposure tersebut, fotografer harus menggunkan peralatan tambahan, yang paling pengaruh efeknya di foto adalah penggunaan filter. Kamera filter yang digunakan ada berbagai macam seperti CPL, ND, GND, dan lain-lain.

Pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan filter apa saja yang harus kamu miliki untuk melakukan foto landscape.

Filter CPL

Filter pertama yang sebaiknya kamu miliki adalah filter CPL (circular polarizer). Fungsinya untuk sedikit menaikkan kecerahan dan saturasi warna hijau dan warna biru. Foto pemandangan pada umumnya kan identik dengan kedua warna itu.

Warna biru pada air atau langit, dan warna hijau pada rerumputan. Fungsi lainnya adalah untuk menghilangkan atau memunculkan bayangan pada pantulan cahaya.

Filter ND

Filter nd yang digunakan untuk membuat efek air jadi lembut, awan jadi ketarik. Tanpa filter nd foto long exposure kamu tidak bisa kamu abadikan dengan sekali shot saja jika kondisinya memotret di pagi, siang, atau sore hari.

ND ada 2 macam yakni yang berbentuk ring, dan yang berbentuk kotak. Untuk menggunakan yang kotak anda harus membeli holdernya juga.

Filter GND

Kamera filter ini digunakan untuk menutupi area yang memiliki cahaya yang keras. Seperti langit yang terlalu terang daripada daratan. Dengan filter ini maka exposure pada langit bisa diturunkan. Bentuknya kotak sehingga untuk menggunakannya harus membutuhkan holder yang dipasang di depan ring lensa anda.

Ketiga kamera filter di atas menurut saya sebaiknya anda miliki untuk memaksimalkan foto landscape anda. Jika memang belum pernah menggunakannya, maka anda akan surprise akan hasilnya di kamera anda nanti.

Tips memilih camera filter yang berkualitas bagus

Carilah review masing-masing produk yang akan anda beli. Lihat perbandingannya di youtube, atau jika anda punya teman yang menggunakan kamera filter lebih baik anda mencobanya dahulu sebelum memutuskan membeli barang tersebut.

Jika anda tidak suka membeli berbagai macam barang, pertimbangkan untuk membeli camera filter yang berbahan resin. Ada filter yang terbuat dari resin yang warnanya bisa memudar atau berubah menjadi warna pink/ungu.

Ini disebabkan oleh kualitas optik resinnya. Berbeda dengan filter GND yang berbahan kaca/glass. Saya belum menemukan filter dari bahan glass ini warnanya menjadi pudar, tetapi jika tanpa diminta-minta filter tersebut terjatuh maka mungkin filter tersebut akan pecah.
memilih-kamera-filter-untuk-foto-landscape

Pada umumnya camera filter yang ada di pasaran Indonesia berharga sekitar di atas 1 jutaan untuk tipe GND dan ND square. Sedangkan CPL dan ND ring, masih anda dapatkan mulai dari harga 800 ribu ke atas.

Beberapa merek yang saya sarankan adalah seperti Lee, Nisi, Haida, dan HNY. Merek tersebut sudah beredar banyak di pasaran Indonesia. 

Saya pernah menggunakan filter yang berharga 70 ribuan, tetapi hasilnya tidak begitu maksimal. Filter yang saya miliki sekarang lebih baik dan hasil foto yang didapatkan juga lebih bagus. Memang harga tidak pernah bohong, ada harga ada kualitas. Hehe..

Tetapi perlu dicatat, bahwa yang terpenting adalah bagaimana kita bisa memaksimalkan peralatan kamera yang dimiliki. Apapun itu, pada akhirnya hasil foto kitalah yang akan berbicara. 

Demikian artikel ini. Semoga bermanfaat.