Notepad++ Untuk Kegiatan Ngeblog Yang Lebih Produktif

Kelebihan Notepad++ yang saya rasakan dalam kegiatan ngeblog


mrfdn - Untuk membuat kegiatan ngeblog yang semakin lancar, pasti kita punya cara masing-masing. Bagi saya yang penting adalah bagaimana saya bisa mengetik ide yang muncul dengan segera sebelum ide itu saya lupakan.

Untuk itu saya menggunakan aplikasi gratis bernama Notepad++

Notepad++ sebenarnya sudah lama sekali saya mendengarnya. Namun tidak pernah ada ketertarikan untuk menginstall dan menggunakannya di komputer saya. Karena saat itu saya merasa bahwa sudah ada Notepad bawaan Windows, dan fiturnya pasti sama saja.

Hingga akhirnya saat produktivitas saya dalam menulis blog saya sedang semangat-semangatnya. Saya perlu untuk mencatat banyak hal yang bisa saya kembangkan menjadi ide. Saya perlu sebuah aplikasi yang bisa melakukan dengan cepat.

Seperti membuat draft artikel tanpa mesti men-save nya terlebih dahulu, menghitung kata dalam artikel, atau melihat dan mengedit template blog saya.
menulis artikel dengan notepad++ di blog

Saya akhirnya menemukan fungsi utama dari Notepad++

Aplikasi gratis ini menjawab kebutuhan saya. Sebuah window dengan area putih untuk menulis dengan dilengkapi berbagai macam tool sederhana untuk edit tulisan seperti copy, cut, pasti, print, find, replace, dan masih ada beberapa lagi, saya tidak terlalu tahu menggunakannya. Saya hanya butuh untuk mencatat ini secara cepat.

Yang saya sukai dari aplikasi ini adalah ketika saya mengetik di satu tab, saya bisa berpindah ke tab yang lain tanpa harus menyimpannya terlebih dahulu. Meskipun komputer saya sudah matikan, tulisan yang saya tulis tadi masih bisa diakses untuk melanjutkan menulisnya lagi.

Selain itu untuk kebutuhan menulis blog ini saya biasa memberi standar tulisan paling tidak mencapai 400 kata atau lebih. Saya bisa melihatnya langsung pada bagian bawah dengan mengklik dua kali tulisan lenght. Segala informasi tentang jumlah kata dan karakter saya akan ditampilkan.

Kadang di tengah-tengah sedang menulis satu artikel, muncul kata-kata yang saya anggap bisa dijadikan ide nantinya, dengan mudah saya mencatatnya di tab baru. Jadi sangat memudahkan menulis draft blog dengan cepat.

Membuka dan mengedit html template

Kemudian hal menarik yang selanjutnya yang saya sukai dari Notepad++ ini adalah saya bisa mengetahui kode-kode html dengan mudah. Notepad++ bisa membaca file html dengan menandai kode-kode html berdasarkan warna tulisannya. Jadi lebih memudahkan untuk membacanya.

Saya kadang mengedit kode html tempate saya melalui aplikasi ini dengan mudah. Jika ada yang tidak benar maka dia akan memberitahukannya segera.

Selain kode html, Notepad++ juga bisa membaca kode bahasa komputer yang lain seperti CSS, C++, PHP, Pascal, dan lain-lain. Saya yakin para pemain koding sudah sangat akrab dengan aplikasi satu ini.

Dengan menggunakan Notepad++ rasanya kegiatan ngeblog saya semakin terbantu. Bagaimana dengan anda?