Pengalaman Memotret Acara Pernikahan Bugis Makassar

Pengalaman memotret wedding pengantin Bugis Makassar


mrfdn - Beberapa hari kemarin saya mendapat sebuah job.

Job, ya begitulah istilah bagi anak-anak disini dalam lingkungan fotografi.

Job yang saya dapatkan adalah dengan menjadi tim dokumentasi dalam sebuah acara pernikahan.

Karena saya tinggal di Sulawesi Selatan, maka acara wedding ini digelar dengan adat Bugis Makassar.

Ikut serta saya dalam job ini adalah membantu teman saya yang merupakan fotografer spesialis wedding dan prewedding.


Tanggal pernikahan 9 September mungkin jadi tanggal keramat bagi semua fotografer di sini. Bagaimana di kota kamu?

Kemudian saya pun ditawari untuk job ini, dan saya menerima. Sekalian belajar dan praktek langsung untuk memotret acara wedding bugis makassar.


Noted :: ini adalah pertama kali saya melakukan dokumentasi acara pernikahan. Menjadi langkah awal saya untuk memulai usaha fotografi komersil menggunakan kamera sendiri.

Saya bukan fotografer yang handal di segalanya. Dari job ini saya mulai belajar untuk turun di dunia komersil fotografi.
Pengalaman Memotret Acara Wedding Pernikahan Bugis Makassar

Baiklah saya akan mencoba menuliskan apa saja pengalaman saya selama mengikuti wedding Bugis Makassar ini.

Hari pertama prosesi pernikahan pengantin Bugis Makassar


Mappacci

Hari pertama dalam prosesi adat pernikahan bugis makassar, biasanya dilakukan dengan acara mappacci.
Mappacci dalam bahasa bugis maknanya membersihkan, sehingga kelak pasangan pengantin bisa bersih dahulu sebelum memasuki acara akad nikah untuk memulai rumah tangga barunya.

Acara mappacci dilakukan oleh pihak perempuan.

Pada umumnya acara mappacci ini dilakukan pada malam hari sebelum acara akad nikah. Dilakukan di rumah kediamannya sendiri. Dan dihadiri oleh orang tua, paman, bibi, kakek, nenek, dan kerabat terdekat si calon pengantin.

Fotografer bersiap-siap untuk mengambil moment selama acara mappacci ini. Dimana pengantin akan duduk di suatu tempat sambil menaruh tangannya di atas bantal di depannya.

Lalu satu per satu orang-orang yang berada di depannya akan maju untuk memberikan doa kepada si pengantin kemudian membasuh tangan si calon perempuan itu dengan beberapa benda salah satunya daun pacar, yang telah disediakan yang akan membuat telapak tangan si calon pengantin menjadi kehitaman.

Fotografer harus mengambil moment tersebut. Tantangannya adalah fotografer harus mencari tempat yang pas untuk mengambil gambar, dan fotografer harus fokus kepada orang yang dimemberikan doa/mappacci daripada si pengantin cewek.

Tantangan selanjutnya adalah karena acara ini dilakukan pada malam hari maka gunakanlah flash external. Lakukan dengan bounce.

Namun pada wedding bugis makassar, sangat terkenal dengan warna warninya. 

Hampir setiap dekorasi pernikahan bugis makassar dipasangi dengan warna-warna yang mencolok seperti merah, kuning, hijau, ungu, hitam, putih, dan lain-lain.

Pada saat anda mendapatkan langit-langit dengan warna putih ini akan bagus bagi anda. Namun jika warna langit-langit tempat kita melakukan bouce flash maka warna cahaya flash akan ikut berubah sehingga warna foto juga ikut berubah.

Setelah acara mappacci selesai, semua orang yang terpilih sudah memberikan doa kepada pengatin cewek, maka dilanjutkan dengan sesi khusus antara fotografer dan pengantin untuk melakukan beberapa pose menarik.

Karena tadi pada saat prosesi mappacci sangat sulit mendapatkan moment untuk foto mappacci maka sekarang fotografer mengarahkan pengantin dengan beberapa pose menarik dan terlihat cantik di kamera.

Si pengantin bisa memperlihatkan tangannya yang sudah dipacci tadi.

Pengajian

Sedangkan pada malam hari yang sama, di kediaman calon pengantin cowok dilakukan pengajian.

Acara pengajian biasanya tidak seramai acara mappacci yang dilakukan perempuan.

Fotografer hanya tinggal melakukan foto dokumentasi seperti biasanya. Ambil gambar acara pengajian tersebut.

Pada sesi akhir setelah acara pengajian telah usai maka fotografer harus mengarahkan pose bagi pengantin cowok. 

Beberapa pose bisa dilakukan dengan mengambil gaya yang gagah bagi si pengantin cowok, seperti contohnya sambil memegang kitab suci, sambil membaca kitab suci, dan lain sebagainya tergantung kreatifitas kita.

Hari pertama selesai pada malam itu. Sekarang saatnya siap-siap untuk acara akad nikah yang dilakukan pada keesokan harinya.

Hari kedua prosesi pernikahan pengantin Bugis Makassar

Akad nikah

Prosesi akad nikah biasanya dilakukan pada pagi hari jam 10.

Sebelum akad nikah dimulai fotogrfer harus bersiap-siap di rumah pengantin perempuan. Datang lebih awal dengan mengambil beberapa persiapan pengantin cewek.

Pengantin cewek biasanya sudah berpakaian pengantin dan akan menunggu di dalam kamarnya. Di sana fotografer harus masuk dan mengambil beberapa moment awal sebelum akad nikah.

Fotografer akan mengatur pengantin cewek untuk berpose. Biasanya fotografer akan berduet dengan videografer, dan satu lagi videografer khusus live acara pernikahan.

Aturlah si pengantin cewek angle foto yang menarik, seolah-olah dengan ekspresi bahagia menunggu si pengantin cowoknya.

Arahkan juga dengan sambil memegang gelang atau aksesoris yang dikenakannya. 

Make up si cewek akan terlihat sangat cantik sehingga foto kita juga harus bagus, inilah kita harus belajar untuk mengatur pose pengantin layaknya seorang model. Bukan hanya dokumentasi biasa.

Supaya foto tersebut kelihatan bagus nantinya pada saat telah dicetak dan dipasang di dalam album foto pengantinnya. Foto tersebut akan selamanya akan dikenang oleh mereka. Dan moment tersebut tidak akan bisa diulang lagi.

Setelah itu fotografer harus siap-siap untuk menunggu kedatangan dari pengantin pria ke rumah pengantin perempuan.

Pengantin pria datang dengan iring-iringan mobil yang banyak.

Dalam prosesi pernikahan ini fotografer yang bertugas ada 2 orang, satu fotografer khusus mengambil foto lebar, dan satu lagi khusus mengambil foto sempit/detail.

Kedua fotografer menunggu kedatangan di pengantin pria.

Setelah datang, iring-iringan pengantin pria akan disambut dengan tarian-tarian adat istiadat bugis makassar.

Mereka membawa banyak bingkisan, berupa mahar, masuk ke rumah pengantin perempuan. Jangan lupa memotret si pembawa bingkisan/mahar itu.
Pengalaman Memotret Acara Wedding Pernikahan Bugis Makassar


Bingkisan mahar tersebut langsung ditempatkan di kamar pengantin perempuan. Sedangkan pengantin laki-laki akan diarahkan ke tempat akad nikah.

Satu fotografer akan mengambil foto bingkisan tersebut yang diatur mengelilingi pengantin perempuan. Setelah itu kembali ke tempat akad nikah.

Fotografer, videografer, dan videografer live akan bersiap-siap mengambil moment yang paling sakral. Pada saat ini sangat menegangkan bagi pengantin cowok untuk melakukan ijab kabul. Fotografer biasanya akan berhimpitan dengan keluarga pengantin yang juga turut mengambil moment pernikahan ini.

Kemudian satu fotografer bertugas untuk mengambil detail, dengan menggunakan lensa yang agak panjang. Yang utama seperti mengambil detail wajah si pengantin pria, tangannya, orang tua pengantin, dan moment unik lainnya.

Satu fotografer lain akan mengambil prosesi akad nikah ini dengan lebar sehingga nampak ramai dalam acara tersebut.

Pengantin pria akan menyebutkan kalimat ijab kabul,

Saya terima nikahnya ....

Sampai semua orang mengatakan sah.

Pengantin telah sah menjadi suami dan isteri. Lalu dilanjutkan dengan penandantangan buku nikah.

Mappasikarawa

Setelah ijab kabul akad nikah selesai, maka pengantin pria akan menuju ke kamar pengantin perempuan.

Fotografer harus sudah lebih dahulu ada di sana menunggu pengantian pria datang.

Kemudian prosesi ini dinamakan mappasikarawa, yakni mempertemukan kedua belah pihak. Kedua pengantin akan saling memasangkan cincin, pada moment ini sangatlah ramai.

Bukan hanya fotografer dan pengantin, tetapi semua keluarga akan memasuki area ini. Ditambah lagi yang melakukan instastory dan instalive.

Sangat sempit dan sangat sulit untuk mengambil moment mappasikarawa dengan baik. Inilah tantangan besar dalam mongabadikan moment.

Setelah acara ini selesai, maka saatnya melakukan foto-foto bersama keluarga pengantin.

Mapparola

Pada acara pernikahan bugis makassar. Setelah akad nikah usai dilakukan di rumah pengantin perempuan, maka pengantin pria akan membawa pengantin ke rumahnya.

Prosesi ini dikenal dengan istilah mapparola.

Di rumah pengantin pria sudah menunggu keluarga untuk menyambut kedua mempelai datang.

Begitupun fotografer.

Lagi-lagi fotografer harus lebih dahulu tiba di rumah pengantin laki-laki.

Untuk mengambil moment ini. Jangan sampai ketinggalan. Di rumah pengantin pria biasanya dilangsungkan foto-foto dokumentasi biasa.

Pengantin pria dan wanita akan duduk di pelaminan yang sudah disediakan. Lalu keluarga dekat pria akan berfoto bersama mereka.

Setelah acara mapparola ini selesai, biasanya sore hari, fotografer kemudian sejenak bisa istirahat.

Resepsi pernikahan

Resepsi pernikahan biasanya dilakukan pada malam hari, dimana para tamu undangan akan berdatangan. Biasanya dilakukan di gedung/ballroom.

Jika acara tersebut dilangsungkan di gedung, maka fotografer sudah harus tiba di sana sebelum pengantin tiba.

Fotografer akan mengambil moment kedatangan mereka. Terus sambil menuju ke pelaminan. Setelah itu pengantin, dan kedua orang tua pengantin akan berdiri masing-masing di pinggir pelaminan.

Tamu yang datang akan bersalaman dengan pengantin pria dan wanita.

Tugas fotografer

Fotografer dengan lensa wide akan mengambil moment di atas panggung saja. 

Seperti moment bersalaman dengan tamu, bertemu teman lama, dan permintaan foto bersama pengantin dengan tamu.

Fotografer dengan lensa yang lebih panjang akan mengambil moment. 

Tugasnya keliling di seluruh area pernikahan untuk mengambil moment. Seperti kedatangan tamu, moment tamu menulis buku tamu, moment makan bersama, mengambil foto keluarga dekat pengantin, melayani foto bersama teman-teman yang menjadi tamu pengantin. Biasanya kan moment pengantin teman menjadi ajang reuni teman-teman dahulu.

Fotografer yang setia berdiri di depan panggung pelaminan akan melayani foto bersama antara keluarga dan teman terdekat pengantin. Biasanya dibekali dengan lampu lighting dengan aksesoris payung berwarna putih, sehingga daya sebaran cahaya lampu tersebut lebih lebar.

Sesi foto pose akhir pengantin

Pada akhir acara, setelah semua tamu undangan pulang. Sebelum gedung ditutup maka biasanya pengantin diarahkan lagi oleh fotografer untuk mengambil pose terakhir khusus mereka berdua.

Foto ini biasanya untuk dicetak lalu dipajang di rumah mereka. 

Disini fotografer harus mampu mengarahkan pengantin untuk berpose yang sedikit stylish, biar kelihatan keren dan tidak kaku.

Biasanya dilakukan dengan satu lampu dengan modifier softbox, lalu dengan tambahan bareflash untuk munculkan efek dimensi pada foto.

Selesai


Setelah semuanya selesai. Prosesi dokumentasi pun selesai. Saatnya pulang ke rumah dan mengamankan file dokumentasi pernikahan yang telah diambil.

Semua file selanjutnya akan disortir untuk dimasukkan ke dalam album untuk dicetak, sedangkan semua file foto akan diberikan kepada klien.

Intinya adalah fotografer harus berada lebih dahulu di setiap moment penting berlangsung, jangan sampai ketinggalan.

Itulah pengalaman saya memotret dokumentasi wedding / pernikahan pengantin Bugis Makassar. Tadinya saya pikir ini adalah pekerjaan yang sangat berat, tetapi ternyata tidak begitu sulit.

Bagaimana? Tertarik untuk memulai memotret wedding juga?