Ternyata Saya Membaca Blog Orang Mati

Pengalaman membaca blog orang yang sudah meninggal dunia

mrfdn - Hari ini saya mendapat pengalaman yang menarik.

Di Wordpress saya tidak menyangka telah membaca blog orang yang sudah meninggal dunia.

Awalnya saya sedang mencari-cari artikel di Wordpress Reader. Dari link ke link yang lain saya telurusi begitu saja.

Akhirnya saya menemukan satu link yang membahas satu topik menarik.

Setelah membaca sampai selesai, saya hendak berkomentar di blog tersebut. Komentar yang diberikan orang lain cukup banyak, tandanya artikel tersebut menarik dan bermanfaat kepada orang lain. Namun komentarnya telah ditutup.

Ok fine..

Karena rasa penasaran saya, saya hendak melihat tulisan-tulisan yang lain di blog tersebut. Saya menekan link yang menuju ke beranda blog tersebut.

Satu artikel pertama yang muncul adalah "salam terakhir dari kami"

Saya penasaran, apa sih yang ingin dia tulis di sana? dalam diri saya berpikiran bahwa mungkin dia sudah akan menutup akunnya di blog wordpressnya itu.

Tetapi..

Tulisan tersebut berisi beberapa kata saja.

Hanya penjelasan singkat.

Di dalam artikel tersebut penulis menjelaskan bahwa

- Dia adalah adik dari si pemilik blog. Kakaknya yang sebagai penulis satu-satunya di blog tersebut sudah meninggal pada tanggal yang dicantumkan.

Pesan yang disampaikan adalah, permohonan maaf jika ada salah kata dan harapan semoga tulisan-tulisan yang telah ditulis oleh kakaknya bisa bermanfaat. -

Saya terkejut, dan ikut merasa sedih.

Ya, sekarang blog wordpress(dot)com tersebut hanya tinggal jejak hidup sang kakak. Yang hanya tinggal kenangan.
pengalaman membaca blog orang yang sudah meninggal dunia


Kesimpulan

Kita sebagai manusia semuanya pasti akan mengalami kematian, cepat atau lambat, kita tidak tahu kapan waktu itu akan tiba.

Namun, untuk mengisi kehidupan ini kita setidaknya harus melakukan hal-hal yang baik, baik kepada diri sendiri lebih-lebih kepada orang lain.

Ngeblog bagi saya adalah salah satu alternatif bagi kita untuk menjadi bermanfaat kepada orang lain. Melalui informasi yang kita buat di sana, setidaknya kita telah berkontribusi untuk membantu orang lain dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Suatu hari kelak jika kita semua sudah menua tulisan-tulisan kita yang tersimpan di internet, orang menemukannya lalu mendapat manfaat di sana, kita sudah bermanfaat kepada mereka.

Semoga kita semua bisa menjadi blogger yang bermanfaat bagi sesama manusia. :)