Yuk Belajar Edit Foto Pakai Photoshop

Teknik editing foto pada photoshop

Jika anda baru belajar photoshop, maka anda sebaiknya memahami untuk mempelajari beberapa fungsi dari photoshop. Ya, fungsi utama photoshop itu untuk edit foto, di dalamnya terdapat berbagai macam tool. Tool nya sudah saya jelaskan pada artikel ini, lalu sebagai pemula terdapat beberapa teknik yang harus anda pelajari terlebih dahulu. Ini akan sangat membantu anda dalam memahami cara kerja editing foto di photoshop nantinya.

#1 Pertama sekali pahami tentang seleksi

Teknik dasar pertama yang sebaiknya dipelajari saat edit foto adalah belajar menseleksi. Melakukan seleksi terhadap objek foto ini susah susah gampang. Tantangannya anda harus menggunakan kombinasi tangan untuk memegang keyboard dan tangan satu lagi memegang mouse.
Yuk Belajar Edit Foto Pakai Photoshop

Untuk yang lebih expert mereka akan menggunakan alat yang bernama wakom. Begitulah orang-orang menyebutnya. Alat tersebut seperti sebuah papan dan pena khusus yang berfungsi sebagai alat gambar. Penggunaan wacom saat mengedit foto akan memberikan kemudahan bagi yang terjun di dunia desain grafis.

Untuk belajar seleksi awal gunakan 3 tool di atas yakni, Marque tool (M), Lasso tool (L) dan Magic tool (W).


#2 Ketahui fungsi dari layer

Layer pada photoshop itu adalah tumpukan tumpukan berkas yang di edit pada satu file foto. Layer pada photoshop bisa mencapai ratusan. Layer terdapat pada bagian kanan bawah jendela photoshop. Jika ingin melihat perubahan terhadap apa yang kita edit, pastikan kita melakukan editing pada layer yang tepat.

Yuk Belajar Edit Foto Pakai Photoshop
Seperti contoh di atas, kita sedang mengedit foto pada layer 1 copy, jika saya hendak melakukan edit foto pada layer background saya harus mematikan gambar mata yang terletak pada sisi kiri thumbnail layer tersebut.


Fungsi layer ada banyak sekali. Kita bisa menyimpan rekaman editing kita di layer, kemudian kita juga bisa milih layer mana yang akan kita edit, kemudian layer layer tersebut bisa digabungkan dengan layer yang lain kemudian melihat hasilnya dengan mengubah layer style, dan masih banyak lagi.

#3 Belajar Masking

Teknik selanjutnya adalah belajar masking. Masking sangat erat kaitannya dengan layer. Masking akan mengubah foto anda sesuai yang anda inginkan. Misalnya anda ingin menggabungkan 2 foto lalu mengganti background nya.
Yuk Belajar Edit Foto Pakai Photoshop

-Pertama anda pilih dahulu layer mana yang akan di masking.
-Kemudian tekan tombol masking di bawah
-Lalu anda akan melihat layer masking di samping layer yang akan anda edit.
-Lalu pilih brush tool untuk menggunakan tool yang akan digunakan untuk menghapus dan memunculkan background
-Lalu reset warna brush dengan menekan tombol d sekali saja.

Area masking ditandai dengan daerah putih dan hitam. Area putih akan menjelaskan pada anda bahwa layer yang dimasking akan tetap muncul, selama masih ada area putih wilayah itu akan tetap muncul di layar utama foto anda. Sedangkan area hitam menandakan bahwa anda sedang memasking area tersebut untuk menunculkan layer yang terdapat di bawahnya.

Kalau kesemua area masking di atas saya hitamkan maka hanya akan kelihatan layer di bawahnya saja, begitupun sebaliknya.

#4 Gunakan Filter sebagai pemanis

Terakhir yang menjadi favorit kalian semua adalah filter. Siapa sih yang tidak suka kalau dengan kata filter. Di bayangan anda pasti sudah muncul bayangan bakalan foto semakin cantik nanti.

Yup, betul sekali.

Fungsi filter pada photoshop selalu menjadi favorit. Di menu filter kita bisa melakukan edit foto ke berbagai gaya. Misalnya jika foto kita mau dibuat tampak tajam, silahkan masuk ke bagian sharpen, terus kalau foto mau dibuat bokeh, silahkan klik bagian blur.
https://www.mrfdn.com/2018/09/yuk-belajar-edit-foto-pakai-photoshop.html

Selain itu anda juga bisa menambahkan plug in di filter.

Plugin yang paling bagus adalah nik software. Fitur yang diusungnya juga sangat lengkap. Buat kebutuhan edit foto landscape, potrait, semua bisa. Kabar terakhir NIK software sudah berbayar kembali loh. Sedih deh..

Akhir kata

Semoga penjelasan di atas bisa anda pahami, tetapi jika tidak silahkan buka saja youtube. Di sana terdapat banyak sekali tutorial mengenai pengenalan photoshop. Lebih enak belajar di sana sih daripada dijelaskan seperti ini. Capek bacanya, ya gak sih. Hahaha..