Stop Membandingkan Kamera, dan Fokus Pada Hasil Foto Saja

quotes android photography pubg mobile legend aplikasi whatsapp gapps apk teknik fotografi kamera dslr bluetooth headset insurance foto keren

mrfdn - Dunia fotografi sedang dibanjiri oleh bermunculan berbagai macam kamera. Mulai dari kamera entry level, semi pro, hingga jajaran kamera profesional dengan fitur lengkap.

Tidak bisa dipungkiri hal demikian. Orang semakin hari semakin menginginkan hasil foto yang lebih bagus. Banyak yang mengeluhkan hal ini berasal dari kamera yang digunakan.
Foto model dari kamera standar nikon cantik namanya jolene rotinsulu waktu foto model di makassar
Nikon D5100, lensa Nikon 50/1.8


Namun apakah hal demikian selalu benar?

Menurut saya, tidak. Seorang yang mampu memaksimalkan peralatan yang dimilikinya adalah mereka yang tidak akan risau akan gear yang dipakainya.


Mereka hanya fokus untuk menghasilkan satu karya foto yang lebih bagus, hari ke hari. Tetapi tidak dapat dipungkiri disini peran kamera juga menentukan hasil. Semakin bagus kamera yang dipakai, maka hasilnya juga semakin bagus.

Bagi sebagian orang yang mengeluhkan peralatan yang dimiliki, mungkin mereka memang bergerak di bidang fotografi profesional, yang mengutamakan hasil foto yang jernih, fokus, dan lebih tajam. Tetapi bagi pemula seperti saya, hal ini bukan hal yang begitu penting. Memotret, membidik objek, mengkomposisikan gambar adalah hal yang lebih utama untuk dipelajari.

Seiring waktu seorang pemula akan mengetahui karakter fotonya, dan tahu kapan dia harus membutuhkan satu alat tertentu.

Tidak ada salahnya seorang membeli kamera mahal. Tetapi kamera yang murah akan memotivasi kita untuk menciptakan foto yang lebih baik.

Baca juga :: Menguasai Kamera Yang Dimiliki Saat ini Penting Dari Pada Mengeluhkannya

Fotografi itu erat kaitannya mengenai cara berpikir


Seorang dengan menggunakan kamera murah meriah, akan terus berusaha bagaimana menghasilkan gambar yang baik. Dia akan termotivasi untuk menghasilkan foto yang lebih baik dari hari ke hari. Sampai akhirnya dia akan tahu dimana titik kelemahan dari alat yang digunakannya.

Menurut saya hal ini adalah sesuatu yang sangat penting. Mengingat fotografi adalah cara kita berpikir. Dengan menguasai peralatan yang dimiliki, kita akan lebih memahami bagaimana fotografi lebih luas. Bukan sekedar mengenai alat atau teknis saja.

Saya juga kadang bertanya kepada diri sendiri, mengapa teman-teman saya yang sudah lama di fotografi tidak mengupgrade peralatan yang dimilikinya. Mungkin mereka memiliki alasan mengenai hal ini. Tetapi satu hal yang menarik bahwa "dengan membanding-bandingkan alat yang dimiliki, kita akan stak pada fotografi secara teknis saja", kita tidak bisa berkembang dengan mengeluhkan hal demikian.

Jika melihat satu karya foto orang, tidak usah lagi mengatakan bahwa "wajar kamera yang digunakannya bagus", tetapi akan lebih baik jika kita berusaha untuk mencoba membuat foto yang lebih baik lagi.

Bukankah itu lebih membuat anda menghasilkan sesuatu.

Lalu ketika anda berhasil menghasilkan foto yang menarik dengan peralatan murah yang anda miliki, anda pun memiliki kepercayaan diri bahwa anda mampu membuat foto yang lebih bagus daripada itu.

Sekian.