Lebih Enak Mana Blogging dengan Desktop, Laptop atau Smartphone!

Ngeblog bisa di mana saja kapan saja dengan gadget di tangan

mrfdn - Memasuki dunia blogging yang sebenarnya ada sesuatu yang menjadi tuntutan seorang blogger. Terlebih sebagai blogger pemula, tuntutan itu berupa kegiatan menulis. Bagi saya sendiri, menulis adalah sesuatu yang baru bagi saya. Tidak pernah sebelumnya terpikirkan untuk membuat banyak tulisan di dalam satu blog seperti blog yang saya telah bikin ini.

Pengetahuan saya tentang blogging pun semakin bertambah sebab kegiatan menulis selalu diimbangi dengan kegiatan membaca. Seperti kata pepatah bahwa "penulis yang baik adalah pembaca yang rakus".

Saya menulis blog sebagai wadah untuk saya menuangkan apa yang saya ketahui, saya menjadikan blog sebagai catatan perjalanan hidup saya. Mencatat apa yang saya ketahui hari ini, dan siapa tahu suatu hari saya melupakan sesuatu, bisa saya tengok kembali blog saya ini.
blogging-dengan-desktop-laptop-atau-smartphone

Sebagian orang mungkin mengira bahwa kegiatan ngeblog itu adalah kegiatan yang santai, ternyata tidak. Jika niatnya memang mencari duit, atau menjadi terkenal, maka ketika terjun ke sana, haruslah memiliki sikap konsisten dalam ngeblog, yap, menerbitkan tulisan demi tulisan.

Dalam melakukan kegiatan menulis ini, saya pikir ada 3 hal unik yang menarik untuk saya bahas pada tulisan ini. Kegiatan itu mengenai cara blogger membuat tulisannya. Saya membedakannya menjadi 3 hal yakni, desktop blogger, laptop blogger, dan mobile blogger. Hhehe.

Blogging dengan desktop, laptop, atau smartphone?


Ah, ini kan hanyalah mengenai alat yang digunakan.

Yup benar sekali..

Seorang blogger pasti memiliki seperangkap alat komputer yang digunakan untuk menerbitkan sebuah tulisan. Saya sendiri menggunakan laptop setiap kali menerbitkan tulisan. Apa uniknya dengan 3 hal tersebut? Yuk kita bahas secara ringkas saja.

1. Desktop blogger

Kalian pasti tahu desktop sama juga artinya dengan komputer pc. Jika di rumah seorang memiliki seperangkap komputer yang berupa pc, maka untuk melakukan blogging tidak dilakukannya di tempat lain.

Desktop blogger juga bisa dilakukan bagi mereka yang bekerja di kantor. Dengan bekal komputer yang disediakan di atas mejanya, bisa sekali-kali menulis di sana. Seorang blogger yang ingin produktif pasti tidak akan melewatkan jam-jam kosong untuk tidak mengurusi blognya.
blogging dengan desktop, laptop, atau smartphone


Keterbatasan yang dimiliki oleh desktop blogger adalah banyaknya biaya listrik yang digunakan untuk melakukan kegiatan menulis di blog saja. Tetapi kelebihannya adalah saking lengkapnya fasilitas pada pc, maka memudahkan dalam menulis artikel. Terlebih jika didukung oleh meja dan kursi yang nyaman serta ukuran layar monitor yang besar maka menulis dan mengedit blog akan terasa lebih menyenangkan.

2. Laptop blogger

Bagi mereka yang mobile, suka berpindah tempat, dan menyukai suasa yang berbeda, maka laptop adalah solusi untuk ngeblog. Laptop jaman sekarang sudah dibuat semakin kecil dan ringan, namun tetap poweful.

Dengan bekal laptop maka seorang bisa menghasilkan tulisan di mana saja, bahkan di dalam kelas ketika waktu senggang, menunggu dosen datang, membuka laptop lalu mengerjakan blog adalah kegiatan yang produktif bagi seorang blogger.

Keuntungan menggunakan laptop adalah banyak sekali. Selain fleksibilitasnya, juga konektifitas untuk mengakses internet bisa dilakukan di mana saja.

3. Smartphone blogger

Nah yang terakhir adalah bagi mereka yang bisa dikatakan blogger pemula. Dengan segala keterbatasan tidak sedikit yang hanya berbekal smartphone di tangan, mengisi blognya dengan konten-konten yang menarik hanya melalui menulis dari smartphone yang dimilikinya.


Baik itu android atau apple, sebuah aplikasi catatan yang terinstall di handphone akan memudahkan blogger menuliskan ide-ide yang muncul. Apalagi ide itu secara spontan, maka tanpa perlu lama-lama membuka laptop atau pc, tinggal menulisnya di catatan.

Namun, dibalik kemudahan menuliskan ide secara cepat, seorang yang hanya mengandalkan smartphone untuk ngeblog pun memiliki kendala seperti terlalu kecilnya layar sehingga untuk melakukan pengaturan pada blognya akan terasa sedikit sulit.

Akhir kata

Sebagai blogger, kita tidak usah dibatasi dengan berbagai alat yang kita miliki. Apapun itu, intinya kan kita hanya perlu membuat konten dan konsisten mengisi blog kita.

Dari pilihan di atas, yang mana yang anda lakukan untuk melakukan kegiatan ngeblog anda?


Loading...