Yuk Mengenal Dimensi Pada Fotografi

Apa itu dimensi pada foto dan bagaimana cara mendapatkannya?


mrfdn - Halo selamat datang di blog saya, kali ini yuk kita bahas tentang dimensi dalam fotografi. Kalau pemahaman awam saya, dimensi foto itu adalah ketika kita melihat foto terasa foto itu seperti tiga dimensi.

Apa yang membuat foto menjadi tiga dimensi?

Ada tiga faktor

1. Arah cahaya
2. Sudut pengambilan gambar
3. Kualitas lensa

Mari kita bahas satu per satu secara singkat. Sebab saya yakin anda yang membaca tidak suka membaca tulis blog yang terlalu bertele-tele. Okey..

1. Arah cahaya

Dalam menentukan komposisi foto, untuk mendapatkan efek dimensi foto yang bagus, atur pencahayahaan yang tepat. Kalau anda memotret model, berikan efek rim light pada model. Efek rim light yakni cahaya yang mengenai objek pada sisi pinggirnya. Misalnya seperti di bawah ini.
dimensi pada fotografi
Menggunakan pencahayaan natural, matahari di sore hari berada di belakang model. Dengan bantuan reflektor yang diarahkan ke depan model untuk mengisi fill in.

Kalau anda memotret landscape pada pagi atau sore hari, arahkan kamera ke samping kiri atau kanan. Jangan memotret langsung mengarah ke matahari. Dengan begitu cahaya akan mengenai objek yang terkena sinar matahari dari sisi samping. Ini akan menambah dimensi dari foto anda.

Dibandingkan foto model, foto landscape agak susah dilakukan untuk dibuat lebih berdimensi, sebab mungkin tidak semua objek bagus berada pada sisi kiri atau kanan dari arah matahari. Mungkin saja di tempat kita memotret pada bagian sampingnya kurang menarik daripada bagian depannya. Kita mesti pintar-pintar memilih lokasi foto yang bagus.

Baca juga :: Rahasia Trik Fotografi Untuk Membuat Foto Model Lebih Keren

2. Sudut pengambilan gambar

Selanjutnya cobalah mengambil dari angle yang berbeda.

Untuk foto model cobalah komposisikan foto dengan memberikan ruang kosong. Anda bisa mundur sedikit ke belakang seperti memotret satu badan model itu. Dengan begitu anda akan mendapatkan banyak ruang kosong. Nah manfaatkan ruang kosong itu dengan memberikan efek blur dengan lensa yang anda gunakan.
yuk membuat foto lebih berdimensi
Mundur sedikit ke belakang untuk mendapatkan spasi negatif sehingga subjek nampak berdimensi dengan area di sekitarnya.

Lalu gunakan background yang tidak flat, bukan merupakan tembok, tetapi tempat yang luas, sehingga efek dimensi yang dihasilkan lebih terasa.

Jika memotret landscape, manfaatkan leading lines. Dengan leading lines, ini akan memberikan kesan dalam terhadap foto anda. Ambil posisi sedikit lebih rendah dari biasanya untuk membuat foreground lebih dekat dengan anda, sehingga background anda akan terlihat lebih kecil.
leading lines dan perspektif yang membentuk dimensi pada foto
Dengan menempatkan objek sepeda di depan, dengan latar belakang dermaga yang membentuk perspektif bisa menambah kesan dimensi pada foto landscape

Baca juga :: Tips memanfaatkan leading lines

Kemudian anda juga bisa memanfaatkan perspektif. Anda bisa mengambil gambar dari satu sudut bangunan dengan memanfaatkan perspektif dari bangunan tersebut. Sehingga membentuk satu titik temu. Ini akan memberikan efek dimensi yang bagus terhadap foto yang anda buat.

3. Kualitas lensa

Lensa yang bagus untuk menghasilkan efek dimensi pada foto anda adalah lensa yang memiliki bukaan yang besar. Misalnya lensa 35mm f/1.4, atau lensa 50mm f/1.4 yang dipasang pada kamera full frame. Karena bukaannya yang besar tersebut maka kita bisa menghasilkan efek blur atau bokeh yang menarik.

Orang ketika melihat foto orang yang seakan-akan terlihat tiga dimensi, maka peran lensa yang digunakan pastilah sangat bagus. Lihat saja lensa-lensa mahal seperti noctilux 50mm f/1.0, atau lensa 35mm f/1.2, ketika dipasangkan pada kamera maka hasil foto dengan objek orang akan terlihat seperti tiga dimensi pada gambar.
dimensi foto dari lensa noctilux
Foto dari google, menggunakan lensa Noctilux 50mm. Dimensinya keren abis.

Lensa mahal memang menang di segala kualitas.

Jika anda masih belum bisa membeli lensa yang mahal-mahal, silahkan memaksimalkan alat yang anda miliki dengan opsi pertama dan opsi kedua di atas.

Akhir kata

Demikianlah tips yang bisa dilakukan untuk memberikan dimensi pada foto anda. Semoga anda bisa mengerti lebih dalam mengenai dimensi pada foto.

Sebenarnya dimensi foto bukan hanya mengenai kedalaman pada foto atau efek tiga dimensi yang dihasilkan, tetapi dimensi pada fotografi juga mengenai panjang dan lebar frame foto yang digunakan.

Misalnya frame standar pada kamera dslr itu 2:3 (dua banding tiga), sedangkan pada kamera medium format ada yang memiliki dimensi 1:1 (satu banding satu). Tetapi itu kita bisa kita bahas lebih lanjut pada artikel yang lain.

Semoga artikel ini bermanfaat.