Yuk Memotret dengan Memanfaatkan Spasi Negatif Dalam Fotografi

find my pphone android phones android developer insurance car insurance lock phone gfx tool pubg android apk foto keren android os for pc kamera android definition insurance companies car insurance quotes auto insurance android os versions quotes android device manager location history open handset alliance headphone android device manager google gapps android device manager unlock ssd murah android device manager for pc find my device android find my samsung tablet headset google play service android android device manager location unavailable android software download for pc fix my device samsung support europe android phones car insurance companies insurance quotes cheap car insurance android versions foto keluarga android download android 9 gfx tool android pie cara main mobile legend settingan pubg istilah dalam pubg cara main pubg di pc pubg mobile lite pubg mobile online pubg mobile tencent hp murah pubg mobile update pubg mobile apkpure gl tool headset gaming headset iphone cheap insurance auto insurance companies headset samsung earphone gaming earphone terbaik 2018 earphone mega bass terbaik headset bluetooth xiaomi earphone terbaik earphone gaming custom rom earphone jbl earphone miniso teknik fotografi komposisi fotografi pengertian fotografi jenis fotografi sejarah fotografi kamera canon kamera dslr rekomendasi earphone terbaik headset bluetooth terbaik headset bluetooth jbl headset hp kamera mirrorless toko kamera jual kamera auto insurance quotes liability insurance
mrfdn - Tahukah anda spasi negatif dalam foto yang anda buat? Kalau belum mungkin artikel ini bisa sedikit membantu anda dalam memahami komposisi foto.

Gunakanlah spasi negatif untuk melihat bentuk dan ukuran objek dengan lebih efektif. Selain itu manfaat dari negatif spasi adalah kita bisa menghasilkan komposisi foto yang lebih baik.
 


Pertama tama, mari kita ketahui dulu apa itu "spasi negatif"


Spasi negatif pada foto adalah bagian dari foto yang terlihat kosong, sehingga objek foto akan terlihat lebih fokus.

Sayangnya hal ini tidak begitu dipahami orang-orang dalam penggunaannya. Kebanyakan dari kita hanya terpaku untuk mengambil satu gambar dengan fokus ke objeknya saja.

Singkatnya spasi negatif ini merupakan bagian dari foto yang mengelilingi subjek foto kita, subjek utama foto kita disebut dengan spasi positif.


penjelasan negatif spasi
kuning :: negatif spasi, biru :: positif spasi (poi)


Coba lihat foto di atas, negatif spasi saya tandai dengan warna kuning, sedangkan spasi positif ditandai dengan warna biru. Spasi positif merupakan subjek yang menjadi point of interest atau poi pada foto ini. Dengan memanfaatkan negatif spasi, kita bisa mengistirahatkan mata untuk menjelajahi foto.

Sebenarnya spasi negatif foto di atas berisi bagian foto yang merupakan leading line, yang menuntut mata ke poi / pusat perhatiannya yaitu bayangan orang.

Bagaimana mengaplikasikan spasi negatif pada foto anda?

Otak kita sebenarnya sudah terlalu familiar dengan berbagai bentuk, ukuran, warna, tekstur, dan sebagainya. Jadi, kita hanya tidak terbiasa untuk melihat sebuah objek itu bisa direkam melalui lensa kamera kita dengan memiki spasi negatif. Memang terasa agak sulit.

Untuk itu cobalah trik ini.

Coba lihat area dinding polos di tempat sekitar anda berada. Apakah anda menemukannya kosong atau berisi beberapa benda yang menempel di sana. Coba lihat, lagi apakah pada bagian kiri dan kanannya terlalu ramai akan benda-benda? Jika tidak, anda berhasil menemukan spasi negatif dari dinding tersebut.

Kalau di sana tergantung satu lukisan, cobalah mengambil satu atau dua frame. Gunakan kamera handphone anda, lalu tempatkan objek nya di mana saja anda inginkan, tidak usah melakukan zoom, biarkan benda itu berada di sana dalam bidikan komposisi yang anda buat. Lalu anda pun berhasil membuat komposisi foto dengan memiliki spasi negatif.
negatif space
Coba anda tentukan bagian mana dari foto di atas yang memiliki negatif spasi dan positif spasi

Bagaimana? Anda suka atau tidak?

Sekilas mengenai fill the frame

Selanjutnya, lawan hal yang berlawanan sebaliknya dilakukan ketika kita mengkomposisikan gambar dengan teknik fill the frame. Dimana dalam hal ini kita mengisi seluruh frame gambar kita dengan objek utama yang kita bidik.
fill the frame photography composition
foto dengan fill the frame. saya mengisi bagian foto di sebelah kiri dengan menjadikan pohon yang lebih dekat jaraknya dengan saya menjadi pengisi bagian kosong sekaligus sebagai framing terhadap subjek utama foto saya. Subjek utama atau poi (point of interest) utama pada foto ini tentunya adalah pohon kedua yang anda lihat pada sebelah kanan.


Fill the frame biasanya dilakukan pada foto bersama atau foto keluarga. Dimana hasil foto anda akan nampak anda sebagai objek foto saja, tidak ada bagian kosong dari foto itu yang tidak terisi dengan subjek foto.

Akhir kata

Seberapa sering anda memotret dengan memperhatikan negatif spasi. Kalau jarang, silahkan dipraktekkan sendiri. Gunakan smartphone anda lalu cobalah bidik objek sederhana di sekeliling anda.

Foto dengan negatif spasi yang menonjol biasanya memiliki kesan foto yang minimalis.

Semoga artikel ini bermanfaat. :)