Cara Mengedit Foto dengan Dodge and Burn Pada Photoshop

find my pphone android phones android developer insurance car insurance lock phone gfx tool pubg android apk foto keren android os for pc kamera android definition insurance companies car insurance quotes auto insurance android os versions quotes android device manager location history open handset alliance headphone android device manager google gapps android device manager unlock ssd murah android device manager for pc find my device android find my samsung tablet headset google play service android android device manager location unavailable android software download for pc fix my device samsung support europe android phones car insurance companies insurance quotes cheap car insurance android versions foto keluarga android download android 9 gfx tool android pie cara main mobile legend settingan pubg istilah dalam pubg cara main pubg di pc pubg mobile lite pubg mobile online pubg mobile tencent hp murah pubg mobile update pubg mobile apkpure gl tool headset gaming headset iphone cheap insurance auto insurance companies headset samsung earphone gaming earphone terbaik 2018 earphone mega bass terbaik headset bluetooth xiaomi earphone terbaik earphone gaming custom rom earphone jbl earphone miniso teknik fotografi komposisi fotografi pengertian fotografi jenis fotografi sejarah fotografi kamera canon kamera dslr rekomendasi earphone terbaik headset bluetooth terbaik headset bluetooth jbl headset hp kamera mirrorless toko kamera jual kamera auto insurance quotes liability insurance
mrfdn - Sewaktu memotret terkadang kita mendapatkan area yang terlihat agak gelap atau sedikit terlalu terang pada hasil foto kita.

Area yang kurang cahaya tersebut disebabkan karena arah cahaya yang mengenai objek kita kurang.

Untuk mensiasatinya kita bisa menggunakan fitur yang terdapat pada program edit foto seperti photoshop atau lightroom.

Tool tersebut dikenal dengan nama dodge and burn.

Baca juga :: Tools yang Sebaiknya Dikuasai Untuk Edit Foto di Photoshop

Sebenarnya dodge burn sudah dilakukan sejak jaman kamera film. Proses ini dilakukan pada saat mencetak foto ke kertas foto di ruangan gelap yang disebut juga dengan istillah darkroom. Teknisi/fotografer yang mencetak fotonya bisa mengkoreksi bagian mana yang ingin digelapkan dan bagian mana ingin diterangkan.

Pada jaman yang sudah serba komputer ini, file foto yang kita dapatkan akan diedit menggunakan software editi foto.

Kali ini saya akan memperlihatkan cara menggunakan tool dodge and burn yang untuk mengedit foto anda. Ada banyak cara lain untuk melakukan dodge and burn pada foto kita.

Lihat contoh foto di bawah. Pada are mata model kelihatan gelap. Kelihatan seram sekali. Untuk itu mari kita coba mengeditnya dengan menggunakan dodge and burn.
cara mengedit foto dengan tool dodge and burn pada photoshop


Prinsip kerja dodge and burn sama seperti menggunakan brush tool pada photoshop. Dengan menggunakan mouse, kita bisa mengoles bagian yang ingin diedit.

1. Pertama buka foto
2. Buat layer baru dengan menekan tombol di bawah atau bisa juga dengan shortcut shift+crtl+nama
3. Buat layer fill dengan menekan shift+f5 lalu isi dengan 50% gray
4. Ubah layer style dari normal menjadi soft light
5. Tekan dodge and burn. Pilih dodge untuk menerangkan, dan burn untuk menggelapkan area yang diinginkan. Pada menu ini saya ingin menerangkan area mata pada foto model ini.

6. Atur exposure nya, jangan melebihi 10%
7. Arahkan mouse ke area mata model yang terlihat gelap lalu gosok beberapa kali sehinga area tersebut terlihat lebih terang.
cara mengedit foto dengan tool dodge and burn pada photoshop
8. Kalau selesai, silahkan simpan foto anda.

Trik ini bisa anda lakukan pada semua jenis foto yang ingin anda edit, seperti portrait, model, landscape, street, dan lain-lain.
cara mengedit foto dengan tool dodge and burn pada photoshop
Sekarang area mata dan wajah pada model sudah kelihatan lebih terang.

Dengan dodge and burn, foto menjadi lebih berdimensi, karena kita memainkan gelap terang cahayanya. Semoga artikel ini bermanfaat.