Perlukah Mengikuti Workshop Kelas Fotografi?

Macam-macam kelas untuk belajar fotografi


mrfdn - Seorang pemula dalam fotografi tentu ingin segera memahami ilmu fotografi. Ilmu fotografi itu sebenarnya bisa didapatkan dari mana saja, termasuk dari youtube. Namun sangat berbeda jika kita mengikuti langsung kelas fotografi.

Belajar bersama orang yang sudah ahli dalam fotografi itu akan membuat pikiran lebih terbuka.


Sebenarnya kelas fotografi itu selalu ada dibuka di tempat anda tinggal. Mengingat hobi fotografi ini semakin popular di kalangan anak muda dan kaum lelaki khususnya.

Hanya yang membedakan adalah materi yang disampaikan. Ada beberapa kelas fotografi yang biasanya dibuat, seperti ::


1. Kelas fotografi dasar

Kelas fotografi dasar ini biasanya mengajarkan seputar pengenalan dasar-dasar tentang fotografi. Di sana diajarkan tentang cara menggunakan kamera, prinsip dasar kamera, dan cara-cara mengambil gambar seperti komposisi rule of third, dan angle dalam fotografi, dan lain-lain.

Mengikuti kelas fotografi dasar bagi pemula sangat penting. Dengan mempermantap pengetahuan tentang ilmu dasarnya, maka seorang fotografer akan mampu membuat foto yang sesuai dengan aturan fotografi yang ada.

Baca juga :: Panduan belajar fotografi bagi pemula 

2. Kelas fotografi advance

Biasanya kelas fotografi advance ini diikuti berbarengan setelah mengikuti kelas dasar. Untuk mengikuti kelas fotografi dasar ini anda diharapkan mengetahui terlebih dahulu segala pengetahuan dasar mengenai fotografi, yang mana telah dijelaskan pada kelas basic/dasar.

Sangat disayangkan mengikuti kelas advance namun belum menguasai beberapa hal dasar dalam fotografi.

Materi yang disajikan pada kelas advance biasanya mengenai pengenalan alat lighting, bagaimana mengatur pencahayaan pada foto, bagaimana mengarahkan model, bagaimana mengedit foto, dan lain-lain.

Kelas advance juga biasanya menyajikan workshop fotografi tentang salah satu genre, misalnya kelas foto landscape, kelas foto modeling, kelas foto macro, kelas fotografi street, dan masih banyak lagi, tinggal pilih sesuai keinginan anda.

Di sini anda akan diarahkan apa yang sekiranya telah dipelajari pada kelas dasar untuk diperbaiki atau dipermantap lagi.

3. Kelas foto profesional

Bagi yang telah menguasai teknik fotografi secara mahir, saatnya mencari peluang bisnis di bidang fotografi. Kelas foto profesional akan mengajarkan anda bagaimana mencari peluang dalam fotografi, membuat portfolio, mencari dan menangani klien, dan bekerja secara profesional di bidang komersil photography.

Bagi fotografer yang mendedikasikan hidupnya dari kamera, mereka akan tidak tanggung-tanggung untuk terjun di bidang foto komersil. Dengan bekerja secara profesional kita bisa mendapatkan uang dari alat kamera yang kita miliki.

Akhir kata

Ilmu fotografi itu sangat banyak, bisa dipelajari dari mana saja dan kapan saja. Bagi pemula yang ingin terjun di hobi fotografi, setidaknya sekali seumur hidup mengikuti kelas fotografi. Selain bermanfaat secara teknis fotografi, juga menambah wawasan dan pertemanan anda dalam bidang fotografi.

Sekarang anda pilih mau memasuki kelas foto yang mana?
Loading...