Sebuah Titik Perhentian dalam Dunia Blog

quotes android photography pubg mobile legend aplikasi whatsapp gapps apk teknik fotografi kamera dslr bluetooth headset insurance foto keren
Ijinkan saya berkomentar mengenai hal ini.

Sebagai blogger pemula yang masih seumuran jagung, saya tentu selalu semangat untuk melakukan searching di internet untuk menambah wawasan mengenai seputar blogging. Hobi saya adalah membandingkan sesuatu, misalnya fitur satu template dengan template yang lain, antara cms wordpress, joomla, dan blogger, sampai saya menemukan satu titik perhentian.
Sebuah Titik Perhentian dalam Dunia Blog


Saya seperti berada pada satu stasiun kereta untuk selanjutnya menunggu kereta yang akan memberangkatkan saya ke tujuan selanjutnya. Di sini saya berhenti cukup lama, cukup waktu untuk berkunjung keliling ke stasiun ini sambil menunggu kereta saya datang menjemput.

Titik ini merupakan titik yang sangat-sangat vital bagi kelangsungan semangat ngeblog. Yakni antara dunia blogger murni dengan blogger dengan tujuan uang.


Yap, saya mencoba menuliskan ini dengan sesuatu yang saya tangkap dan pahami dalam pikiran saya. Jika anda penasaran silahkan lanjut membacanya, namun jika tidak silahkan tinggalkan saja. :)

Saya memulai dengan satu pertanyaan, "apa sih yang membuat orang semangat ngeblog?" apakah semangat berbagi? Apakah uang? Atau apa?

Untuk menjawab hal tersebut di atas, inilah pendapat saya.

Saya merasa dunia blog itu adalah dunia dimana orang berbagi hal, cerita, pengalaman, dan lain-lain. Hal ini menjadikan dunia ngeblog terasa begitu indah. Ngeblog bagi sebagian orang bisa menjadi wadah untuk membagikan pengalaman, membagikan tips dan trik tentang berbagai hal. Saya mendapatkan beberapa teman blog yang masih setia menulis hal-hal menarik tentang pengalamannya di blognya.

Namun, seiring waktu, bermunculanlah blog-blog yang didasari tujuan dengan uang


Apa yang mereka lakukan?
Yang mereka lakukan adalah membuat tulisan yang terbilang biasa-biasa saja. (duuh maaf banget kalau ada yang tersinggung dengan hal ini, saya tidak bermaksud apa-apa, saya bisa mengukur tulisan saya juga tulisan yang masih ecek-ecek), tapi ijinkan saya untuk melanjutkan menuliskan ini lagi.

Blog-blog baru seangkatan saya bermunculan, meskipun tidak semuanya buruk, tetapi saya melihat betapa keras tujuan mereka untuk menghasilkan uang dari internet melalui akun google adsense yang telah terpasang di blog masing-masing.

Saya tidak menyalahkan hal demikian, itu merupakan hak seseorang untuk mendapatkan uang. Semua bebas untuk mencari cara untuk menghasilkan uang. Tetapi yang saya garis bawahi dalam hal ini adalah mengapa hal seperti itu begitu dipaksakan? Melalui artikel yang terbilang tidak begitu-begitu saja, bahkan hanya berisi konten yang sama persis dengan konten-konten yang selalu dibahas. Untuk apa menulis tulisan yang sudah dibahas oleh orang lain yang sudah lebih dahulu?

Coba anda luruskan perkataan saya yang di atas! Maafkan sekali lagi kalau terbilang terlalu lancang untuk menuliskan hal demikian.

Dunia ngeblog kini di mata saya ada 2 dunia. Yang satu tentang uang saja, tidak mengutamakan isi konten, dan pertemanan di dunia blog, dan yang satu lagi adalah dunia ngeblog yang masih murni, dimana di sana orang-orang meimliki sesuatu untuk mereka share dengan tulus.

Harus saya akui bahwa dunia ngeblog yang asyik dan sehat adalah yang dunia kedua. Mengapa? Karena di sana mereka tidak terlalu mementingkan uang yang didapatkan. Mereka memiliki misi untuk berbagi, berteman dan menjadi teman. Nyawa dari blog itu masih terasa ada.

Dunia blog yang seperti ini menurut saya yang paling nyaman, sesekali saya menemukan blog yang isinya hanyalah artikel tutorial yang saya merasa seperti "kok ini pernah saya baca ya". Belum lagi artikel ditulis dengan sangat memaksakan diri. Bahasa yang digunakan terasa seperti berbicara dengan google translate.

Sekali lagi saya tidak menyalahkan dengan adanya blog-blog seperti itu, hanya saja, jika terus-terusan berada pada zona seperti itu kita tidak akan melihat betapa blog ini bukan hanya mengenai tips, dan cara ini itu.

Tetapi blog juga mengenai hal-hal menarik dari seseorang


Saya tidak sedang asyik membaca blog orang-orang yang suka curhat, tetapi saya menemukan semangat ngeblog dari blog-blog yang ditulis dari hati, meskipun hanya berupa pengalaman pribadi tetapi rasanya sebagai pembaca saya sangat dekat dengan mereka si penulis.

Informasi memang sangat kita butuhkan, sebagai penulis yang baru terjun ke dunia blog, mungkin hari ini saya menulis seperti ini karena menemukan dua titik pertemuan antara blogger yang memaksakan uang tanpa mengutamakan kepuasan pengunjung, dan blogger satu lagi yang memiliki semangat murni karena ingin berbagi.

Seperti ada yang hilang dari semangat dunia ngeblog. Di sini tujuan awal ngeblog seseorang bisa menjadi goyah. Dari yang dulunya ingin berbagi, tiba-tiba dengan semangat keuntungan semata, memaksakan sesuatu yang akhirnya pembaca pun merasakan bahwa tulisannya kini berubah dan terkesan dipaksakan.

Akhir kata

Semoga artikel ini bisa membuka wawasan kita, semoga ada manfaatnya bagi terutama saya pribadi. Mohon maaf jika terdapat hal yang kurang mengenakkan bagi pembaca. Semoga blog yang susah payah kita bangun seiring waktu bisa bermanfaat kepada orang lain, yang akhirnya dengan itu bisa menghasilkan manfaat berupa materi kepada kita sendiri.

Di sini saya berhenti untuk lanjut lagi, bukan berhenti untuk selamanya. Sepertinya kereta saya sudah mau tiba, sekian dulu dari saya. Salam senyum. :)