Semangat Baru di Hari Blogger Nasional

Selamat Hari Blogger Nasional 27 Oktober 2018

mrfdn - Hai selamat datang di blog saya. Blog sederhana yang membahas tentang fotografi. Saya senang sekali bisa berbagi pengetahuan saya tentang fotografi kepada teman-teman semua.

Ilmu yang saya dapatkan tentang fotografi ini bukanlah dari sekolah khusus fotografi, tetapi saya pelajari sendiri secara otodidak. Sesekali saya mengikuti kelas fotografi, dan kuncinya adalah sering-sering hunting dan bereksperiment.
selamat-hari-blogger-nasional

Oh iya. Hari ini hari blog nasional ternyata. Tepatnya hari sabtu, tanggal 27 Oktober 2018.

Wah, bakalan jadi hari yang spesial nih buat para blogger di seluruh penjuru tanah air. Ibarat lebaran, yang umat muslim lakukan setiap tahunnya, hari ini terasa spesial bagi para blogger. Bukan begitu?

Mungkin bukan saya saja yang menulis tentang topik pembahasan ini di hari spesial ini. Tapi yang pasti, misi saya pribadi adalah menjadi blogger yang bisa bermanfaat kepada orang lain mengenai fotografi.

Hhmm.. Apa yang spesial di hari blogger ini?

Di kehidupan nyata saya tidak ada. Sebab tadi pagi seperti biasa saya berangkat kuliah, kena macet parah. Untung saja dosen belum masuk. Hari ini juga hujan, cukup deras. Sepertinya ini hujan pertama yang paling deras turun di bulan oktober ini. Sepulang kuliah dapat macet lagi, tetapi untung saja ada teman yang mentraktir makan pisang ijo. Jadi cukup meredakan stress di jalan..

Sedangkan di dunia online, di grup whatsapp, grup facebook, grup google plus, yang membahas tentang blogging pada ramai mengunggah tulisan tentang blogging. Ada yang mengirimkan link artikel yang telah dibuatnya susah payah, ada pula yang hanya mengucapkan selamat hari blogger nasional.

Okey, dari semua ini, bagi saya yang masih pemula di dunia blogging ini. Kalau ingat tahun lalu awal-awal saya membuat blog, saya membeli domain blog ini dengan memasang nama panjang saya, muhammadrafiuddin.net. Bukannya tidak suka, tetapi menurut saya nama domain ini panjang sekali. Hahaha..

Saya menerbitkan beberapa artikel saja, lalu meninggalkannya, sampai hampir setahun, tepatnya pada saat umur domainnya sudah mau expired. Saya meminta teman saya yang membelikan domain ini untuk mengganti nama domain saya. Akhirnya saya ganti ke mrfdn.com. Hehehe..

Baca juga :: Persamaan Belajar Blog dengan Belajar Fotografi

Hilangkan kebiasaan menunda

Sebenarnya tahun lalu itu, di blog saya ini terdapat banyak sekali draft-draft tulisan. Saya menulis banyak sekali topik dan judul untuk saya bahas. Tetapi selalu tertunda, karena merasa tidak sanggup menulis yang panjang. Saya akhirnya berpikir ini adalah kebiasaan yang buruk, saya tidak bisa berkembang kalau hanya diam saja, saya harus segera mengeksekusinya.

Yang mesti saya tingkatkan

Adalah kegiatan membaca saya. Tidak bisa dipungkiri bahwa membaca dan menulis adalah sesuatu yang sangat erat kaitannya. Semakin banyak membaca maka semakin bagus pula tullisan yang bisa saya buat.

Mengukur pencapaian

Kalau mengukur pencapaian saya dari setahun lalu, saya merasa semakin bersemangat untuk ngeblog. Melihat artikel-artikel yang telah saya bikin telah ratusan, saya merasa bangga terhadap diri saya sendiri. Sering saya bertanya kepada diri sendiri, kenapa tahun lalu saya tidak mulai menulis banyak artikel ya?

Selang beberapa bulan, blogging menjadi semakin menyenangkan. Terlebih di saat saya mengetahui cara mengedit dan menggongta ganti template, belajar mengedit template, ini merupakan sebuah hobi baru bagi saya. Senang rasanya bisa melihat blog saya tampil rapih. Semoga para pembaca juga suka dengan tampilan seperti ini. Meskipun template yang saya pakai masih template gratisan, tetapi saya cukup senang. Beberapa tulisan yang keyword tidak terlalu ramai bisa muncul di halaman pertama SERP, seperti artikel ini Cara Mudah Meningkatkan CTR Google Adsense - PEMULA. Terakhir saya cek sudah berada di SERP, tidak tahu sekarang. Hehehe..

Hal yang menyenangkan pula terjadi dengan ramainya blog walking yang saya lakukan. Membaca blog-blog menarik dari teman-teman ternyata menyenangkan, ada yang memberi inspirasi, ada yang lucu, ada yang curhat, dan masih banyak lagi. Semua melakukan kegiatan ngeblog ini dengan cara masing-masing.

Kesenangan blog walking sampai-sampai saya memasang widget followers untuk lebih memudahkan saya melakukan bw ke blog teman-teman, dan seiring waktu kenalan makin bertambah. Senang rasanya. Meskipun baru nemu 2 blogger yang sealiran, tentang fotografi, tidak ada perbedaan antara blogger yang satu dengan yang lain. Dan itu menjadikan saya merasa makin banyak teman, terima kasih sudah menjadi followers saya. :)

Akhir kata

Dengan semangat ngeblog yang saya miliki, dengan kemudahan saya mengakses internet, peralatan juga memadai, semoga semakin memotivasi saya untuk mengisi konten di blog saya ini dengan artikel-artikel menarik. Dan semoga teman-teman pembaca senang mengunjungi blog saya.

Akhir kata saya ucapkan selamat hari blogger nasional. :)