Solusi Aman Menggunakan Gambar di Google Secara Bebas

find my pphone android phones android developer insurance car insurance lock phone gfx tool pubg android apk foto keren android os for pc kamera android definition insurance companies car insurance quotes auto insurance android os versions quotes android device manager location history open handset alliance headphone android device manager google gapps android device manager unlock ssd murah android device manager for pc find my device android find my samsung tablet headset google play service android android device manager location unavailable android software download for pc fix my device samsung support europe android phones car insurance companies insurance quotes cheap car insurance android versions foto keluarga android download android 9 gfx tool android pie cara main mobile legend settingan pubg istilah dalam pubg cara main pubg di pc pubg mobile lite pubg mobile online pubg mobile tencent hp murah pubg mobile update pubg mobile apkpure gl tool headset gaming headset iphone cheap insurance auto insurance companies headset samsung earphone gaming earphone terbaik 2018 earphone mega bass terbaik headset bluetooth xiaomi earphone terbaik earphone gaming custom rom earphone jbl earphone miniso teknik fotografi komposisi fotografi pengertian fotografi jenis fotografi sejarah fotografi kamera canon kamera dslr rekomendasi earphone terbaik headset bluetooth terbaik headset bluetooth jbl headset hp kamera mirrorless toko kamera jual kamera auto insurance quotes liability insurance

Tidak mendapatkan foto dari situs penyedia foto seperti Pixabay atau Pexels? Coba cari di Google dengan cara ini


Fungsi foto atau gambar pada sebuah postingan artikel blog bisa sebagai pemanis, bisa juga sebagai informasi yang menjelaskan yang tidak bisa dijelaskan dalam kata-kata. Seperti istilah "sebuah foto berbicara seribu kata".

Mendapatkan foto untuk digunakan pada postingan blog bisa didapatkan dengan bebas di google. Tetapi sebaiknya jangan asal comot. Saya juga baru tahu bahwa google menyediakan layanan foto yang bisa digunakan dan tidak bisa digunakan secara bebas.

Kalau biasanya saya mendapatkan gambar dari Pexels atau Pixabay. Kedua situs itu menyediakan foto yang bisa digunakan secara gratis dan bebas pada blog kita, tanpa harus membelinya. Beda dengan situs stok foto yang lain seperti Shutterstock, atau Dreamstime, yang mana fotonya harus berbayar. Tetapi memang foto-foto dari situs itu bagus-bagus semua. Karena dikerjakan oleh fotografer yang ahli di bidang stock photo.

Lanjut...

Namun kalau tidak mendapatkan foto yang sesuai keinginan hati saya biasanya berlaih ke google. Setelah mengetikkan kata kunci (lebih bagus masukkan kata kunci dengan bahasa inggris biar hasilnya lebih banyak), di google ini terdapat pilihan pada tab images >> tools >> usage right.

Terdapat 5 pilihan, 1 non filtered by licence, dan 4 pilihan berlabel reuse (bisa digunakan).


Untuk menggunakan foto dari google dengan gratis pada blog kita, silahkan memilih label "labeled for reuse with modification" atau "labeled for reuse".
Solusi Aman Menggunakan Gambar di Google Secara Bebas

Sebelum tahu ini saya asal comot gambar saja dari google. Hehe..

Tetapi harus dimaklumi bahwa memang hasil foto yang ditampilkan tidak sekeren foto-foto yang berada terdapat pada opsi "non filtered"

Pada opsi non filtered itu masih belum diketahui foto mana saja yang bisa digunakan secara bebas. Berbeda pada opsi filtered dimana sudah jelas mana saja foto yang bisa kita gunakan pada blog kita.

Akhir kata

Bagi saya memilih foto yang tepat untuk postingan blog itu sangat penting. Selain sebagai penarik perhatian juga sebagai pemanis blog saya.

Menggunakan gambar dari google tanpa filter sepertinya ada hal yang bertolak belakang dengan hati saya. Antara rasa ingin menggunakannya atau tidak. Ingin menggunakannya karena fotonya bagus, tetapi belum tentu bisa digunakan secara legal. Siapa tahu pemiliknya tidak memperbolehkan menggunakan fotonya secara bebas.

Hhmm.. Biarlah dilema ini hanya ada pada saya sendiri.

Silahkan anda tentukan sendiri pilihan anda.

Menggunakan foto-foto dari google adalah pilihan terakhir bagi saya. Sebab memang lebih baik kalau foto di blog itu milik kita pribadi. :)

Bagaimana dengan anda?