Tips Manfaatkan Garis Bantu Untuk Membidik Komposisi Foto Anda

find my pphone android phones android developer insurance car insurance lock phone gfx tool pubg android apk foto keren android os for pc kamera android definition insurance companies car insurance quotes auto insurance android os versions quotes android device manager location history open handset alliance headphone android device manager google gapps android device manager unlock ssd murah android device manager for pc find my device android find my samsung tablet headset google play service android android device manager location unavailable android software download for pc fix my device samsung support europe android phones car insurance companies insurance quotes cheap car insurance android versions foto keluarga android download android 9 gfx tool android pie cara main mobile legend settingan pubg istilah dalam pubg cara main pubg di pc pubg mobile lite pubg mobile online pubg mobile tencent hp murah pubg mobile update pubg mobile apkpure gl tool headset gaming headset iphone cheap insurance auto insurance companies headset samsung earphone gaming earphone terbaik 2018 earphone mega bass terbaik headset bluetooth xiaomi earphone terbaik earphone gaming custom rom earphone jbl earphone miniso teknik fotografi komposisi fotografi pengertian fotografi jenis fotografi sejarah fotografi kamera canon kamera dslr rekomendasi earphone terbaik headset bluetooth terbaik headset bluetooth jbl headset hp kamera mirrorless toko kamera jual kamera auto insurance quotes liability insurance

Apa itu leading line dan bagaimana menggunakannya?


Ada satu hal yang menarik dalam menentukan komposisi foto yakni leading line. Leading line dalam bahasa indonesia artinnya garus bantu.

Untuk memudahkan dalam pemahaman kita dalam fotografi, garis bantu ini merupakan elemen dalam sebuah foto yang menuntun mata menuju ke satu titik, titik itu bisa berupa point of interest pada foto kita, bisa juga merupakan titik yang akan mengantar mata untuk menjelajahi foto tersebut.

Dengan adanya leading line ini maka orang akan terbantu dalam melihat apa yang sebenarnya mau anda sampaikan pada foto anda. Dan perlu diingat bahwa garis bantu ini tidak selalu harus ada pada sebuah karya fotografi.

Selain itu leading line juga berfungsi untuk menambah dimensi atau kedalaman pada foto anda.

Bagaimana menemukan leading line?
Pada umumnya yang saya lakukan, jika saya mengkomposisikan gambar, saya menarik garis dari salah satu sudut menuju ke satu titik. Seperti contoh foto di bawah ini. Saya menjadikan bangkai perahu sebagai leading line untuk menuju ke satu perahu lain yang berada jauh di depan sana.
Tips Manfaatkan Garis Bantu / leading line Untuk Membidik Komposisi Foto Anda


Seperti ada garis yang membimbing mata menuju ke satu titik kan!


Nah, garis itu yang disebut dengan leading line. Memang terlihat sangat kasat mata tetapi memiliki efek yang bagus untuk foto yang akan kita buat.

Beberapa jenis leading line

Garis bantu ini ada berbagai macamnya. Kita bisa mengidentifikasi foto melalui leading line yang digunakannya.

1. Garis diagonal


Garis diagonal ini akan membawa / menuntun mata dari satu titik pada sudut foto menuju ke sudut yang lain.
Tips Manfaatkan Garis Bantu / leading line Untuk Membidik Komposisi Foto Anda

Mungkin inilah garis yang paling banyak digunakan orang dalam membuat komposisi foto.

2. Garis melengkung

Salah satu cara membuat leading line adalah menemukan garis yang melengkung.
Tips Manfaatkan Garis Bantu / leading line Untuk Membidik Komposisi Foto Anda
Lengkungan garis ini akan terlihat menarik jika dipertemukan dengan sebuah poi.

3. Garis horizontal


Tips Manfaatkan Garis Bantu / leading line Untuk Membidik Komposisi Foto Anda

Foto di atas mengandung garis bantu yang membujur dari sisi kiri ke sisi kanan dan bertemu pada satu titik yang menjadi poi (point of interest) pada foto kita.

4. Garis vertikal


Tips Manfaatkan Garis Bantu / leading line Untuk Membidik Komposisi Foto Anda

Dalam mengkomposisikan foto ini fotografer memanfaatkan garis vertikal yakni garis yang berasal dari atas ke bawah untuk menunjukkan objek foto utamanya.

5. Garis bantu pertemuan


Tips Manfaatkan Garis Bantu / leading line Untuk Membidik Komposisi Foto Anda

Anda bisa memanfaatkan garis dari semua sudut pada sebuah komposisi kemudian bertemu tepat di tengah-tengah frame anda. Ini yang disebut dengan titik temu. Leading line ini akan menambah kesan kedalaman pada foto anda.

6. Garis bantu yang tersirat


Coba perhatikan foto di bawah ini, seorang yang sedang memandang ke satu arah itu sebenarnya secara tersirat memberikan pesan kepada otak kita untuk mengikuti apa yang dia lihat.
Tips Manfaatkan Garis Bantu / leading line Untuk Membidik Komposisi Foto Anda
Anda bisa memanfaatkan ini untuk memaksimalkan komposisi foto anda.

7. Garis yang berpotongan

https://www.mrfdn.com/2018/10/tips-manfaatkan-garis-bantu-leading-line-fotografi.html

Anda juga bisa membidik foto dengan melihat garis yang saling berpotongan. Leading line yang seperti ini sangat menarik perhatian.

Akhir kata

Garis bantu merupakan cara yang efektif untuk bercerita pada foto anda. Dengan menempatkan beberapa poin pada komposisi foto anda, anda bisa mempengaruhi cara orang melihat foto anda.

Jika bermanfaat, silahkan dipraktekkan. Semoga bermanfaat. :)