Bagaimana Memilih Lokasi Pemotretan yang Tepat Agar Foto Lebih Keren

Tips memilih lokasi pemotretan


mrfdn - Kita biasa memotret karena ajak dari teman atau kebutuhan komersil. Biasanya orang meminta difoto di luar ruangan, apa yang sebaiknya dilakukan oleh fotografer ketika menemukan hal seperti ini? Ternyata memotret di luar ruangan tidak sesimple yang kita bayangkan. Meskipun kita memiliki imajinasi akan membuat foto seperti itu, tetapi untuk mengeksekusinya kadang butuh usaha yang lebih.
Bagaimana Memilih Lokasi Pemotretan yang Tepat Agar Foto Lebih Keren

Kadang kita merasa harus memutar otak bagaimana membuat foto yang bagus sesuai keinginan klien kita. Di sinilah dibutuhkan kreatifitas seorang fotografer untuk membuat foto yang semenarik mungkin untuk si klien. Mempertimbangkan lokasi yang tepat untuk foto klien ini sangat penting. Dibutuhkan perencanaan yang matang sebelum mengeksekusi agar hasilnya bisa memuaskan.


Berikut tips memilih lokasi pemotretan yang tepat untuk berfoto

Baca juga :: Tips Foto Model dengan Konsep Fotografi Secara Profesional

1. Jika anda memotret orang carilah lokasi yang sesuai dengan keinginan si klien

Pertama tanyakan kepada klien lokasi seperti apa yang diinginkan? Jika dia sudah menentukan mau foto di mana, cobalah untuk berjalan-jalan untuk mencari spot yang kira-kira tepat. Namun jika klien tidak memberikan opsi cobalah untuk memberikan satu opsi.
Bagaimana Memilih Lokasi Pemotretan yang Tepat Agar Foto Lebih Keren

Tetapi terlebih dahulu anda harus mengetahui latar belakang dari klien anda, tanyakan apa hobinya, atau dimana dia biasa melakukan kegiatan. Ini akan memudahkan anda untuk mencari lokasi pemotretan.

Pemotretan dalam ruangan yang dimaksud dalam aritkel ini adalah terbatas pada foto studio saja. Orang biasanya suka foto di luar ruangan seperti di taman, pantai, cafe, atau tempat kerjanya. Anda bisa mengeksplore tempat-tempat tersebut, lalu menemukan lokasi yang tepat untuk mereka berpose.

2. Ciptakan keadaan yang baik di tempat pemotretan

Ini sangat penting untuk diperhatikan, yakni buatlah suasana yang senyaman mungkin bagi orang yang kita foto. Ini akan membantu mereka menemukan mood yang bagus selama memotret.
Bagaimana Memilih Lokasi Pemotretan yang Tepat Agar Foto Lebih Keren

Mengenai lokasinya, cobalah buat suasana lokasi tersebut menjadi hidup. Seperti dengan menyalakan musik selama pemotretan, atau memberikan candaan yang bisa membuat mereka menjadi rileks.

Dengan memilih lokasi yang tepat anda bisa mengeksplore apa yang bisa dilakukan klien anda, mungkin saja awalnya mereka jaim (jaga image) atau malu di depan kamera, tetapi dengan memilih lokasi yang tepat ini akan membuat menambah mood pada foto yang dihasilkan nantinya.

3. Pilih lokasi pemotretan yang bersih

Anda harus tahu kapan lokasi itu ramai, kapan lokasi tersebut sepi. Lokasi yang bersih dan tidak banyak distraksi akan menambah kesan kerapihan pada foto yang anda buat. Dan pasti semua orang suka dengan foto yang rapih. Inilah tantangan selama memotret di luar ruangan.
Bagaimana Memilih Lokasi Pemotretan yang Tepat Agar Foto Lebih Keren

Kadang kita menemukan tempat sampah yang mengganggu subjek foto kita, kabel dan tiang listrik di mana-mana, kadang kita menemukan orang yang lalu lalang, dan lain-lain.

Kalau hal ini tidak bisa anda tangani cobalah untuk meminta bantuan orang lain, atau memilih waktu yang tepat untuk memotet itu.

4. Sesuaikan lensa yang akan anda gunakan

Misalnya jika anda memotret orang menggunakan lensa lebar, maka pasti anda akan menampilkan latar belakang dimana lokasi anda memotret. Lensa lebar akan memakan banyak ruang kosong di dalam frame anda. Usahakan untuk memastikan tidak banyak objek yang mengganggu selama memakai lensa lebar.

Sedangkan jika anda menggunakan lensa tele, buatlah lokasi pemotretan tersebut seakan-akan tidak di luar ruangan. Maksud saya manfaatkan bokeh yang dihasilkan dari lensa tele tersebut. Anda bisa menggunakan f/2.8 untuk membuat background menjadi blur. Teknik ini akan sedikit membuat subjek lebih fokus dan elemen yang mengganggu foto bisa diminimalisir.

5. Cari lokasi yang memiliki framing yang unik

Framing adalah sesuatu dalam objek yang dijadikan aksen dari objek utama kita. Anda bisa memanfaatkan framing dalam fotografi. Dengan menempatkan objek dalam framing anda bisa mendapatkan foto yang menarik.
https://www.mrfdn.com/2018/10/tips-memilih-lokasi-pemotretan.html

Carilah lokasi yang memiliki framing yang unik, karena anda memotret di luar ruangan maka anda tidak sulit untuk menemukannya.

Akhir kata

Itulah lima tips memilih lokasi pemotretan di luar ruangan. Semoga bermanfaat.