Cara Mengarahkan Model yang Tidak Tahu Berpose di Depan Kamera

Tips mudah mengarahkan model yang tidak tahu berpose di depan kamera


mrfdn - Sebagai fotografer kadang kita mendapatkan pekerjaan untuk memotret orang. Meskipun bukan pekerjaan yang tidak dibayar, kita sebaiknya harus tetap menghasilkan foto yang bagus.

Orang yang difoto pun bermacam-macam. Ada yang tahu berpose ada juga yang tidak tahu. Nah, terkadang juga kita dapat orang yang tidak tahu pose.

Misalnya, anak remaja yang sekedar narsis saja ketika difoto, atau orang dewasa yang hanya bisa tersenyum dengan badan kaku di depan kamera.

Sebenarnya semua orang itu bisa berpose dengan baik di depan kamera. Asalkan dia mau saja diatur anda akan mendapatkan hasil foto yang bagus.

Di sini mari kita coba bahas tentang bagaimana cara mengatur pose orang yang tidak tahu pose saat berfoto. Lakukan saja teknik ini.

Baca juga ::  Rahasia Membuat Foto Model Lebih Keren

Berkomunikasi dengan bahasa yang sesuai usia dan karakter orang yang difoto

Berkomunikasi merupakan hal yang penting untuk membuat orang yang difoto untuk bisa berpose.

Ketika anda berhadapan dengan anak-anak, cobalah berkomunikasi dengannya dengan nada yang sedikit menghibur, jangan terlalu tegang dengan mereka.

Namun ketika anda berhadapan dengan orang tua, janganlah melakukan hal yang sama.

Kiranya anda bisa melakukan hal yang berbeda misalnya dengan berbicara dengan sopan, anggap dia berharga, lebih tinggi, lebih hebat daripada anda. Ini akan membuat orang yang difoto lebih percaya diri.

Mengatur pose

1. Mulai dari arah badannya

Pertama-tama, atur gaya mereka mulai dari bagaimana dia di depan kamera. Arahkan badannya mulai dari menghadap tegak lurus depan kamera. Setelah itu, coba dari arah lain. Mintalah dia untuk berdiri menyerong ke samping kiri atau kanan.
tips mengarahkan model yang tidak tahu berpose di depan kamera


Ini sangat cocok ketika memotret pasangan seperti pasangan foto prewedding. Minta mereka untuk berhadapan satu sama lain, jepret. Lalu pose lain mintalah untuk saling berpaling, lalu jepret lagi. Selanjutnya, arahkan salah satu melihat ke arah lain, dan pasangannya memandang ke arahnya.
tips mengarahkan model yang tidak tahu berpose di depan kamera pose foto pengantin

2. Mainkan tangan

Hal kedua adalah mintalah untuk memainkan tangannya. Bisa dengan menggenggam benda-benda di sekitar, atau meletakkan tangan di area tubuh, seperti pinggul, wajah, dan lain-lain.
foto cewe sedang berpose back pose

Kalau mereka berpasangan coba untuk membiarkan mereka menggam tangan satu sama lain. Biar kelihatan mesra, atau merangkul.
foto cewek igo cantik manis sedang memainkan tangannya dengan berbaju gaun ala snow white

Kalau pasangan yang tidak mau saling bersentuhan, tangannya sebaiknya dimasukkan ke dalam kantung celana saja, sedangkan ceweknya melakukan pose yang kelihatan manis.

3. Pancing ekspresi

Selanjutnya adalah pancing ekspresi orang yang kita foto.
si doi sedang berekspresi saya langsung ambil candid saja
ekspresi model

Pada sesi foto prewedding, orang biasanya ditanyai tentang apa hobi mereka, maka kita lakukan pendekatan mengenai hal-hal yang menyangkut itu.
cewek igo cantik bergigi ginsul sedang senyum lebar manis banget

Misalnya, hobi pasangan adalah memainkan gitar, mintalah mereka untuk memainkan gitar dengan riang kepada pasangannya.

Sedangkan pasangannya akan mendengarkan secara riang gembira. Dengan begitu diharapkan akan didapatkan ekspresi yang natural antara pasangan.

Akhir kata

Mengarahkan orang yang tidak tahu pose untuk difoto memang susah-susah gampang. Ada trik yang bisa dilakukan oleh fotografer.

Dengan trik ini diharapkan dapat menjadikan orang yang difoto bisa menghasilkan ekspresi yang lebih natural di depan kamera.

Semoga bermanfaat. ~~All photos taken by me.