Tips Blog : Mengecek Struktur Data Blog Supaya Semakin SEO

Sudahkah Anda melakukan structured data testing di blog anda?

mrfdn - Artikel kali ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi, dan imajinasi yang tinggi.

Bagi para blogger, kita sebenarnya hanya butuh untuk menghasilkan konten dan artikel yang banyak dan menarik.

Tetapi menarik di mata orang itu sudah biasa, tetapi kalau menarik di mata google, belum tentu. Ada banyak hal yang dipertimbangkan google untuk bisa menjadikan blog kita bernilai bagus atau tidak. Salah satunya dari struktur kode data yang digunakan.

Google ibarat sebuah robot super yang memiliki kekuatan super power. Perilakunya mirip sekali manusia. Selain sebagai robot super dia juga sebagai rumah sakit sekaligus dokter yang bisa mendeteksi penyakit di blog kita.

Bercanda.

Maksud saya adalah bagi kita yang berada di lingkungan blogging, kita pasti sudah khatam dengan yang namanya blog post. Yap, setiap isi artikel yang kita buat disebut sebagai blog post.

Tetapi blog post hanya bisa dibaca oleh orang.

Google tidak..!

Yang google baca adalah bagaimana halaman yang diakses seseorang itu secara keseluruhan. 

Tidak hanya halaman blog post atau artikel kita, tetapi juga semua kode-kode yang berhasil dipanggil melalui device si pengakses.

Kode-kode tersebut adalah yang berada di balik tampilan yang kita lihat.

Kode tersebut bisa dilihat dengan cara menekan ctrl+u pada shortcut keybord kita.

Nanti akan tampil kode-kode yang hanya berupa tulisan, angka, tanda baca. Itulah yang dibaca oleh google.

Nah, sebagaimana telah saya bilang di awal tadi, google itu ibarat robot super. Dia mampu melihat mana website yang bagus, dan mana yang tidak bagus. Dia telah diprogram untuk bisa menampilkan mana yang memiliki struktur bagus, nama yang tidak.

Seperti pemeriksaan kesehatan, dia seperti dokter yang mampu mengetahui di bagian mana dari website kita yang tidak stabil. Meskipun kita tidak melihatnya secara kasat mata, tetapi dia mampu memberitahukan bahwa di bagian tertentu terdapat kesalahan pengkodean, atau sebagainya.

Silahkan melakukan pengecekan struktur data blog anda, link nya ::

Google Structure Data Testing Tool

pasti alamat blog anda di data structure google


Silahkan memasukkan alamat home blog anda yang bertanda http:://....com dan cek juga halaman postingan blog anda yang bertanda http://....html

Berangkat dari situ, google pun menyediakan layanan untuk kita para blogger untuk bisa mengecek website atau blog kita. Dengan memasukkan alamat domain web blog kita maka dia akan melakukan pengecekan secara cepat.

Nanti hasilnya akan memperlihatkan apakah ada atau tidak ada dari halaman yang diakses oleh orang yang memiliki kekurangan.

Setelah mengetahui kekurangan yang kita miliki maka kita bisa memperbaikinya dengan mudah.

Bagi pengguna blogger atau blogspot kode-kode tersebut bisa dimodifikasi melalui halaman edit template.

Cara mencari bagian mana yang ingin diperbaiki bisa dengan menekan ctrl+f pada keyboard. Dengan mengetikkan kata kunci bagian mana yang ingin diperbaiki.

Pada umumnya biasanya pada beberapa template yang kurang bagus secara struktur data-nya akan memperlihatkan bagian yang kurang seperti kode hatom, author, breadcrumb, dan berbagai kode-kode lainnya.
setelah di cek di data structure google terdapat kesalahan kode di blog nya


Cara memperbaiki struktur data blog yang eror

Untuk memperbaikinya ada kode-kode yang telah dibuat oleh blogger lain, anda bisa mengecek blog Kompi Ajaib, atau Bung Frangki mengenai memperbaiki struktur data blog.

Setelah memperbaiki struktur blog kita, silahkan dicek kembali di data structure google tersebut.

Kalau sudah menunjukkan tidak ada kesalahan maka selamat blog anda normal di mata google.

blog saya ternyata dianggap baik dan sehat di mata google data structure

Tips bagi anda yang sering gonta-ganti atau edit template ::

Cek terlebih dahulu data structure template yang ingin anda pasang pada blog anda. 
Jangan karena ingin tampil keren saja, tetapi sebenarnya banyak erornya di mata google. Karena dengan memasang template yang kurang bagus sangat berpengaruh terhadap kualitas seo blog kita.

Kemudian jika anda sering melakukan edit template, jangan sampai salah edit sehingga menyebabkan eror pada struktur data google ini. Ini akan merugikan anda. Reputasi blog anda mungkin akan menurun karena dianggap kurang baik oleh google.

Akhir kata

Demikian postingan ini. Selamat mencoba mengecek struktur data blog anda supaya semakin seo.

Dengan memiliki blog yang sehat maka langkah selanjutnya adalah mengisinya dengan konten-konten yang menarik supaya blog makin gemuk dan ramai pengunjungnya.

Baca juga :: Cara meningkatkan CTR Google adsense