Cara Mudah Latihan Mengetik 10 Jari Supaya Lancar Menulis Artikel Blog

Manfaat teknik mengetik 10 jari yang saya rasakan saat ini


mrfdn - Salah satu kemampuan yang sebaiknya ditingkatkan bagi seorang blogger adalah mengetik dengan cepat dengan menggunakan 10 jari. Bagi orang yang sudah lama menggunakan papan tuts pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut.

Namun bagi pemula, yang baru mendengarnya mungkin sedikit agak bingung. Apa sih maksudnya?

Baiklah, pengertian mengetik 10 jari adalah salah satu teknik mengetik dengan cepat. Dengan memanfaatkan kedua buah tangan kita, dengan memanfaatkan kesepuluh jari jemari yang kita miliki.

Dengan menguasai teknik 10 jari ini maka anda akan dapat menulis kata apapun yang terlintas di kepala. Saya sendiri sudah merasakan sendiri manfaat dari mengetik 10 jari ini. Saya dengan mudah bisa mengetik dengan cepat, sehingga tidak perlu melihat lagi papan keyboard pada. Hanya fokus pada layar monitor saat mengetik.

Mengetik 10 jari dulu saya mulai pelajari sejak waktu smp, waktu itu di rumah baru ada komputer, dan di perpustakaan sekolah saya menemukan cara mengetik 10 jari pada mesin ketik manual. Saya meminjamnya, lalu di rumah saya mempraktekkannya. Dan alhamdulillah sekarang ilmu itu bermanfaat. Waktu itu saya belum kenal yang namanya internet, hanya baca dari buku saja.

Syarat utamanya adalah tidak boleh mengintip ke keyboard saat mengetik.

Penasaran cara mengetik 10 jari? Yuk simak terus pembahasannya di sini.

Untuk pemula, anda harus meletakkan tangan di atas keyboard, jari telunjuk tangan kiri diletakkan pada tuts f, sedangkan jari telunjuk tangan kanan diletakkan pada huruf j. Sedangkan jari-jari yang ada setelah jari telunjuk mengikuti alur ke kiri dan ke kanan sehingga jari kelingking kiri akan menyenuth huruf a, sedangkan jari kelingking kanan akan menyentuh tombol titik dua pada keyboard.

Anda bisa mulai belajar mengetik 10 jari. Sekarang sudah ada aplikasi yang bagus untuk melatih tangan mengetik cepat. Aplikasi tersebut bisa menjadi latihan, bahkan ada aplikasi yang dibuat seperti game. Jadi dengan begitu tangan semakin menjadi lincah untuk mengetik.

Aplikasi yang bisa anda gunakan adalah Typeracer dan 10fastfingers.

Typeracer

Pada aplikasi ini anda bisa bermain sambil belajar menggunakan jari jemari anda mengetik text yang muncul di layar. Dengan menampilkan ikon mobil, di sana anda akan bertemu dengan beberapa orang secara live lalu berlomba menyelesaikan text / tulisan yang muncul di layar. Siapa cepat maka dia yang jadi juara.

Tapi sayang text yang bisa dimasukkan hanya text dalam bahasa Inggris.
latihan mengetik 10 jari

Pada akhir lomba akan ditunjukkan berapa kata yang bisa anda tulis dalam satu menit, ditunjukkan dalam word per minute (wpm). Eh, saya juara satu, hihi..

10 Fast fingers

Berbeda dengan aplikasi di atas, pada 10fastfingers ini anda bisa memilih bahasa yang ingin anda gunakan. Dan bagusnya lagi ada bahasa Indonesia. Anda tinggal mencoba mengetikkan tulisan yang muncul, kalau hasilnya merah berarti anda telah menekan tombol atau huruf yang salah. Kalau tulisannya menjadi hijau artinya tulisan anda benar.
latihan mengetik 10 jari dengan aplikasi 10fastfingers

Aplikasi ini memberikan anda waktu 1 menit untuk menyelesaikan semua tulisan yang muncul. Setelah itu akan muncul berapa rata-rata kata yang bisa anda ketik dalam satu menit.

Nah itu dia guys 2 aplikasi yang bisa membantu anda dalam berlatih mengetik 10 jari. Yang mana yang anda pilih? Silahkan coba sendiri.

Kemampuan mengetik cepat ini bukan sehari atau dua hari bisa langsung dikuasai, tetapi cukup butuh waktu yang lama untuk bisa mengetik secara lancar. Dengan terus berlatih maka jari jemari kita akan semakin lincah pula.

Semoga bermanfaat.
Loading...