Hunting Foto Pemandangan Sungai Unik di Kampili, Gowa

Pengalaman hunting foto landscape di Kampili


mrfdn - Hi.. Selamat datang di blog saya. Kali ini saya ingin menunjukkan kepada kalian satu spot menarik buat foto landscape. Letaknya di Kampili, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Terkhusus bagi landscaper, kalau anda ke makassar, mungkin bisa menyempatkan memotret di spot satu ini.
 
hunting foto pemandangan sungai di kampili gowa
Spot foto di Kampili, Gowa


Baiklah kita mulai saja perjalanan ke Kampili
Kampili merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Dengan waktu tempuh perjalanan dari kota makassar, desa Kampili bisa ditemukan dengan waktu sekitar kurang lebih 45 menit dengan mengendarai mobil, dan bisa lebih cepat kalau mengendarai motor.

Di desa tersebut kita bisa menemukan pemandangan alam berupa sungai. Bukan sembarang sungai, tetapi ini lebih unik. Pada beberapa bagian sungai tersebut memiliki bebatuan yang keras dan berbentuk sangat unik.

Dengan corak yang unik tersebut, fotografer yang jeli akan mampu mengkreasikan komposisi foto yang menarik.
mengkomposisikan foto di kampili gowa
Sibuk nyari angle foto biar dapat komposisi foto yang unik

Ukuran bebatuan ada yang besar dan ada yang kecil. Bentuknya pun berbeda-beda, ada yang memiliki lubang yang dalam, ada juga yang tidak, unik deh pokoknya.

Baca juga :: Objek POI yang umum pada foto pemandangan

Pada musim hujan bebatuan tersebut akan menjadi licin, terdapat banyak lumut, jadi kita harus berhati-hati saat melangkahkan kaki. Sangat disarankan untuk menggunakan alas kaki untuk melindungi kaki dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Mempersiapkan hunting foto di Kampili

Sesampai di lokasi hunting, kita akan dikenakan biaya parkir motor sekitar rp. 5.000,- saja. Ada baiknya membawa saja helm anda masuk ke lokasi hunting, daripada menyimpannya di sana untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Anda akan berjalan sekitar 10-20 meter saja menuju lokasi hunting.

Pada bagian atas anda akan menemukan tempat pengatur air sungai. Karena ini adalah semacam bendungan yang airnya mengalir juga ke sawah-sawah di sekitarnya.

Anda bisa menemukan berbagai macam komposisi foto yang menarik. Cari angle foto yang unik dan berani.
mengatur exposure waktu hunting foto di kampili gowa
Mensetting exposure

Sudah banyak fotografer yang datang ke sini untuk mencoba sensasi memotret di Kampili. Kalau belum merasakan sendiri, sepertinya berbeda. Apalagi kalau cuma lihat hasilnya melalui instagram. Kalau memotret sendiri anda akan berpikir banyak-banyak karena harus menentukan komposisi yang mana yang sebaiknya diambil. Seperti yang saya sudah bilang di atas tadi bahwa banyak angle foto yang menarik bisa diciptakan dari tempat ini.

Waktu pemotretan baiknya dilakukan pada sore hari. Sekitar jam 5 sampai menjelang matahari terbenam. Biasanya kalau anda beruntung anda akan mendapatkan hasil awan yang cetar. Langit yang merah merona dengan paduan awan yang berbentuk selalu menjadi daya tarik bagi foto pemandangan.
memilih angle foto yang berani di kampili
Akhirnya saya dapat angle foto yang menarik, hasilnya bisa anda lihat di bawah.

Saya pernah mengambil foto di tempat ini beberapa tahun lalu, menurut saya foto itu sangat unik karena saya mengambilnya dengan angle yang benar-benar berbeda. Dan saya yakin belum ada yang pernah mengambil foto seperti foto saya itu. Bagi saya mendapatkan foto itu sangat menyenangkan, memuaskan hati saya pribadi.

Lalu beberapa tahun setelah itu saya kembali datang ke Kampili untuk mengambil angle yang sama, ternyata hasilnya tidak sama. Jadi bisa dibilang spot foto di Kampili itu dinamis. Setiap kali datang ke sana keadaannya selalu saja berbeda. Dan fotografer yang jeli akan mampu menciptakan foto yang bagus dari sana.


Di atas adalah salah satu hasil foto hunting di Kampili.

Akhir kata

Demikianlah pengalaman saya memotret di Kampili. Sebuah desa kecil di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Spot ini merupakan salah satu spot foto favorit fotografer landscape. Foto-foto Kampili sudah banyak bertebaran di instagram. Bukan hanya para fotografer pemandangan yang sering ke sana, tetapi kadang juga lokasi itu dijadikan spot foto prewedding yang menarik, apalagi tempatnya dekat dari kota Makassar.

Semua foto diambil menggunakan kamera hp, kecuali foto yang anda lihat di instagram.