Tips dan Trik Cara Membuat Foto Levitasi Melayang

Apa itu fotografi levitasi


Fotografi levitasi adalah salah satu teknik fotografi yang menunjukkan subjek yang difoto terlihat seperti melayang. Kata levitasi berasal dari bahasa Inggris "levitate" yang artinya angkat/naik.

Mendapatkan foto levitasi yang baik tidaklah cukup hanya sekali jepretan saja. Kadang dibutuhkan berulang kali jepretan hingga didapatkan foto yang benar-benar natural.

Membuat foto levitasi biasanya dilakukan oleh dua orang atau lebih. Orang yang memperagakan gaya levitasi harus benar-benar tahu bagaimana foto levitasi nantinya akan jadi.
natsumi hayashi foto levitasi cewek asal jepang
foto :: google. Natsumi Hayashi, cewek jepang yang doyan foto levitasi

Jadi seorang fotografer dan si model harus memiliki dahulu kesamaan tentang konsep foto yang diinginkan.

Prinsip membuat foto melayang

Yang perlu diperhatikan oleh model adalah tentang bagaimana dia akan melompat, tetapi tidak terlihat seakan-akan dia melompat.

Dia harus menunjukkan ekspresi yang normal, yang biasa saja. Seperti tidak terjadi apa-apa.

Hal ini akan terasa sedikit sulit.

Makanya di awal tadi saya katakan bahwa tidak akan berhasil jika dilakukan hanya dengan satu atau shot saja.

Dalam foto levitasi fotografer dan modelnya akan saling berkaitan dengan moment.

Di mana si model berkaitan dengan moment yang tepat kapan dia harus melompat dan menunjukkan ekspresi yang unik, dan si fotografer berkaitan dengan kapan dia harus menekan shutter release nya.

Cara mengambil foto levitasi

Cara mengambil foto levitasi pada dasarnya sama seperti membuat foto yang freeze. Dimana shutter speed yang digunakan harus di atas 1/250 sec. Dengan begitu akan didapatkan hasil foto levitasi yang tidak shake/goyang/blur.

Beberapa fotografer levitasi yang terkenal adalah salah satunya yang berasal dari jepang. Dia adalah seorang wanita yang bernama Natsumi Hayashi. Sejak kemunculannya di dunia internet, semua orang terkagum-kagum dengan karya fotonya. Tidak terkecuali saya.

foto google. Natsumi Hayashi.

Pada foto levitasi yang dihasilkannya terlihat sangat natural. Ekspresinya seperti dia dengan dunianya sendiri. Kadang saya berpikir bagaimana cara menciptakan foto sebagus itu, senatural itu.

Dia menunjukkan ekspresi seperti benar-benar dia terbang. Di mana pun dia berada, di dalam rumah, di jalanan, di stasiun kereta, di mana saja. Ah.. Saya hanya bisa terkagum-kagum melihat karya foto levitasinya.

Saya pernah mencoba membuat foto levitasi juga. Bersama teman di kampus, kami mencoba membuat foto yang bergaya levitasi. Tetapi yang didapatkan sebagian besar hasilnya gagal. Yang didapatkan hanyalah buang-buang shutter count kamera. Hihi..

Baca juga :: Membuat foto keren yang kreatif

Trik mendapatkan foto levitasi keren

Cara lain membuat foto levitasi adalah dengan melakukan sedikit olah digital terhadap foto.

Dengan bantuan software seperti photoshop anda bisa membuat foto levitasi dengan mudah. Hanya saja anda butuh orang lebih banyak untuk membantu anda membuatnya. 
trik membuat foto levitasi tanpa mesti susah payah melompat berulang kali


Caranya biasanya model akan menggunakan bantuan kursi tanpa sandaran. Mereka bisa duduk atau melakukan gaya lain di atas kursi. Setelah dieksekusi hasil foto yang didapatkan akan diolah pada photoshop lalu dimasking bagian kursi sehingga tidak kelihatan lagi.
konsep foto levitasi keren
Foto Edward 500px
levitasi fotografi di atas air keren
Foto Maria Bulankina 500px

Hasil foto akan nampak seperti nyata bahwa model benar-benar seperti melayang. Tanpa perlu bersusah payah memburu ekspresinya ketika harus terpaksa untuk melompat lalu menunjukkan ekspresi yang natural.

Bagaimana dengan anda? Tertarik membuat foto levitasi juga?