Mengapa Masih Memotret dengan Hitam Putih?

mrfdn - Beberapa waktu yang lalu, saya membaca buku tentang fotografi hitam putih. Disana diberitahukan bahwa dengan black and white kita lebih memperhatikan objek foto seperti texture, pola, bentuk, dan sebagainya.

Tahukah anda bahwa dasar untuk menciptakan foto yang baik adalah dengan mengetahui itu semua?

Lantas saya berpikir, bagaimana kalau saya membuat foto dengan hitam putih. Untuk apa? Untuk menjadikan objek tersebut benar-benar fokus.

Dengan foto hitam putih saya bisa menampilkan bentuk yang lebih baik daripada warna. Dengan hitam putih anda mampu lebih fokus pada tekstur yang anda ingin foto, dan lain sebagainya.
masih memotret hitam putih bw


Intinya dengan hitam putih kita belajar bisa lebih fokus terhadap objek foto kita.

Dalam postingan ini tolong teman-teman bantu saya untuk menjawab pertanyaan yang tertera pada judul ini. Karena saya benar-benar belum mengerti.

Fotografer hitam putih yang mendunia

Saya masih kurang mengerti mengapa saat ini masih saja ada orang yang membuat foto hitam putih. Dan mereka sukses dengan karya karyanya.

Apakah ini mengenai konsistensinya?
Ataukah mereka hanya bisa membuat foto dengan hitam putih saja?

Di tengah-tengah perkembangan teknologi yang sudah mampu menghasilkan foto berwarna.

Saya kurang mengerti...

Contohnya saja, Hengki Koentjoro. Fotografer asal Indonesia yang memiliki karya fotografi hitam putih yang mendunia.

Melihat fotonya saya selalu terbius. Dan dia memang selalu berhasil saya terbius. Melihat sepintas saja, saya sudah bisa menebak oh ini karya fotonya.

Dia itu otentik dengan karyanya.

Masih banyak fotografer yang sehebat itu, banyak sekali... Contohnya, Sebastian Salgado, Michael Kenna, dan masih banyak lagi..

Mereka semua berhasil memukau dunia dengan karya foto black and white yang dimilikinya. Tapi mengapa ya? Saya masih tidak mengerti..

Mencoba membuat foto hitam putih

Saya juga memiliki foto hitam putih. Mencoba memotret saja. Tapi kok kelihatannya keren ya.. hehehe..
foto landscape dalam hitam putih bw mood


Saya pernah mensubmitnya ke salah satu website fotografi yang untuk bisa fotonya tampil di situs tersebut terlebih dahulu fotonya akan dikurasi oleh juri. Website tersebut bernama 1x.com.

Dan ternyata foto saya berhasil lolos 3. Dan semuanya adalah foto hitam putih.. Silahkan lihat sendiri.


Hhmm... Saya masih kurang mengerti.

Akhir kata

Melihat foto hitam putih yang bagus seperti memiliki karakter sendiri. Biasanya foto-foto yang demikian sangat kuat. Baik dari segi subjek dan objek yang difotonya. Mereka akan stand out di antara foto-foto warna yang lainnya.

Yap, pada akhirnya sebuah karya foto bagi saya adalah cerminan diri si pemiliknya. Karya foto sebaiknya ditampilkan ke khalayak. Baik dalam bentuk pameran, maupun upload di sosial media.

Mau itu foto hitam putih, ataupun warna, biarlah orang lain yang menilainya sendiri.

Bagaimana? Apakah anda tertarik bikin bw juga?