5 Cara Terbaru Supaya Main PUBG Mobile Tidak Nge-lag Lagi Untuk HP Spek Rendah

find my pphone android phones android developer insurance car insurance lock phone gfx tool pubg android apk foto keren android os for pc kamera android definition insurance companies car insurance quotes auto insurance android os versions quotes android device manager location history open handset alliance headphone android device manager google gapps android device manager unlock ssd murah android device manager for pc find my device android find my samsung tablet headset google play service android android device manager location unavailable android software download for pc fix my device samsung support europe android phones car insurance companies insurance quotes cheap car insurance android versions foto keluarga android download android 9 gfx tool android pie cara main mobile legend settingan pubg istilah dalam pubg cara main pubg di pc pubg mobile lite pubg mobile online pubg mobile tencent hp murah pubg mobile update pubg mobile apkpure gl tool headset gaming headset iphone cheap insurance auto insurance companies headset samsung earphone gaming earphone terbaik 2018 earphone mega bass terbaik headset bluetooth xiaomi earphone terbaik earphone gaming custom rom earphone jbl earphone miniso teknik fotografi komposisi fotografi pengertian fotografi jenis fotografi sejarah fotografi kamera canon kamera dslr rekomendasi earphone terbaik headset bluetooth terbaik headset bluetooth jbl headset hp kamera mirrorless toko kamera jual kamera auto insurance quotes liability insurance

Tips dan cara biar ringan main pubg tidak nge lag lagi atau putus-putus


mrfdn - Pernah tidak kalian mengalami lag saat main PUBG mobile? Kalau iya, mungkin sebabnya karena memori hp sudah penuh sehingga prosesnya jadi agak lambat. Kalau alasan lain karena spek hape yang sudah tidak mampu, ya mau gimana lagi.. Hal ini mesti diakali..
Cara Supaya Main PUBG Mobile Tidak Nge-lag Lagi Untuk HP Spek Rendah


Saya juga sebenarnya main PUBG mobile. Bukan untuk ngejar ranking, saya hanya senang menembak. Ada sensasi yang menyenangkan saat berhasil melumpuhkan musuh-musuh. Jarang chicken dinner juga.. Hehehe..

Bagi pemain PUBG yang benar-benar ingin selalu menang, di tiap pertandingan, pasti tidak ingin mengalami yang namanya hape lag saat main, apalagi sudah ketemu sama musuh di depan. Pasti bikin jengkel.

Nah kali ini saya tulis beberapa tips untuk mengatasi hal itu. Ini berdasarkan pengalaman pribadi saya ya main pugb menggunakan hp xiaomi redmi 4x saja. Saya sudah pernah merasakan bermain PUBG menggunakan hp redmi note 5, dan menggunakan tablet ipad pro juga. Jadi ada perbandingan yang bisa mejadi penilaian saya.


Pada redmi 4x saya terasa sekali lagnya saat main PUBG, lag itu terjadi setelah dilakukan update. Dengan versi terbaru pastinya ada juga beberapa fitur yang ingin ditunjukkan oleh si pembuat game tencent, namun bagi pengguna tidak demikian. Bagi sebagian games yang menggunakan hp jadul untuk bermain PUBG pasti akan mengalami pengurangan kenyamanan memainkan game ini.
setting pubg mobile android


Maka dari itu seiring waktu semakin bagus game itu, semakin sering update, maka semakin tinggi juga spesifikasi smartphone untuk bisa menjalankannya secara lancar.

Contohnya saja, sekarang di PUBG sudah ada mode gambar movie, yang mana kita bisa merasakan pengalaman gambar yang sangat bagus, mirip film. Keren deh pokoknya. Nah mode ini sebenarnya tidak begitu terasa pada xiaomi redmi 4x yang saya gunakan, mentok di mode colorfull saja. Sedangkan sewaktu saya menggunakan tablet ipad pro saya merasakan sendiri betapa gambar PUBG bisa sangat halus dan bebas dari nge-lag lag atau patah-patah.
pubg mobile ngelag

Yah,, mau gimana lagi, menggunakan hp redmi 4x tidak sebagus menggunakan ipad pro. Jadi paling tidak hanya bisa maksimalkan di performance nya saja. Paling tidak main PUBG mobile bisa lancar.


Oiya, sekedar info saja, bahwa redmi 4x yang saya gunakan speknya ram 2gb dan internal storage 16 gb. Dengan layar 5 inch, sudah cukup lah bisa jalankan PUBG mobile, meskipun layarnya tidak besar tapi cukup lah..

Cara mengatasi lag PUBG mobile

1. Update rom miui dan jalankan game booster

Kalau anda masih menggunakan rom xiaomi bawaan silahkan update miui ke miui 9 atau 10. Jalankan fitur game booster. Dengan begitu rom xiaomi akan mensetting grafik untuk bisa bekerja lebih keras untuk memainkan game PUBG.
game pubg mobile fps

2. Install GFX tool

Tool satu ini menjadi tool paling favorit para pemain PUBG mobile. Pengalaman saya menggunakan tool ini cukup membantu. Setelah install anda akan diarahkan ke beberapa menu settingan game PUBG yang ingin anda mainkan. Pilih settingan terendah. Mulai dari memilih resolusi yang paling rendah, pemilihan frame per second (fps) yang rendah 20 atau 30 fps.

Dengan settingan segitu anda akan mendapatkan pengalaman bermain PUBG mobile tidak lagi patah patah.

Kalau settingan di atas masih juga lag, coba cara terakhir berikut

3. Ganti rom android menjadi custom rom

Rom merupakan sistem operasi yang menjalankan smartphone android anda. Dengan rom bawaan xiaomi mungkin terdapat sedikit hal yang kurang bisa menjalankan aplikasi game semacam PUBG. Maka dari itu bermunculanlah pada developers. Mereka mengembangkan software untuk bisa menjalankan aplikasi lebih baik, selain itu keuntungan lain juga bisa dirasakan dengan berubahnya tampilan android anda.

Silahkan baca artikel saya mengenai rom android disini

Dengan menginstall custom rom anda akan merasakan peningkatan performa di hp anda. Fitur fitur yang tidak terlalu berguna akan dipangkas, dan fitur wajib akan ditingkatkan performance nya.

Ada beberapa custom rom yang bisa diinstal yang menurut saya cocok untuk redmi 4x anda.

1. Pixel experience (oreo)
Rom satu ini saya sudah coba sendiri pada hp saya, dan rasanya sangat adem. Baterainya juga tahan lama. Untuk pemakaian main game PUBG mobile juga lancar.

Untuk lebih mantap lagi, sandingkan rom ini dengan mengganti kernelnya dengan kernel rockstar non trebel. Dengan kombinasi ini anda akan mendapatkan performance game PUBG mobile lebih lancar.

2. Arrow os pie
Rom ini merupakan favorit mereka yang suka main PUBG, katanya rom ini sangat rekomended. Main PUBG jadi lancar tanpa lag atau putus-putus. Beberapa perbaikan settingan PUBG sudah akan berjalan fix dengan mamakai rom ini.

3. Havoc os (oreo)
Rom havoc sebenarnya lebih terkenal dari segi tampilannya. Setelah menginstall rom ini hp xiaomi redmi 4x akan terasa seperti hp baru. Pada setiap sudut layar sudah tidak lagi lancip, tetapi dibuat melengkung, ala-ala hape jaman sekarang.


Tetapi untuk memainkan game PUBG mobile juga bisa lebih bagus kok. Pasangkan rom ini dengan kernel rockstar untuk mendapatkan performance game yang lebih baik.

4. Lineage OS (oreo)
Lineage os merupakan versi terbaru dari rom legendaris yang bernama Cyanoged Mod. Memasang rom ini pada redmi 4x akan membuat performa gaming pubg terasa lebih lancar.

Jika kamu membaca postingan ini di tahun 2019, pasang yang versi 15. Baterai mu akan adem selama pemakain normal, tapi kalau diajak main game suhu hp akan sedikit panas), tapi lancar. Saya sudah membuktikannya.

5. Botleggers OS (pie)
ROM satu ini menjadi buah bibir di antara para games. Terutama di grup facebook dan telegram Redmi 4x. Dengan menggunakan rom ini kamu mendapatkan kustomisasi yang luar biasa. Kalau diajak main game, hayuk. Performa pubg di rom ini cukup bagus. Tapi tidak selancar Lineage OS.

Cuma bug yang saya dapatkan adalah hp saya jadi sering restart sendiri. Menggunakan custom kernel pun terasa lebih baik. Kostum kernel yang cocok untuk main game adalah twister dan rockstar.

Yang saya sukai dari dari rom bootleggers adalah animasi saat menyalakan hp, ada efek glitch, seperti hp rusak. Keren deh pokoknya.

daftar hp yang bisa main pubg mobile

4. Pasang config

Ini adalah alternatif saja kalau anda tidak ingin install GFX tool. Sebenarnya config sama saja dengan fungsi dari GFX tool. Dengan memasang config game PUBG maka performa grafik akan meningkat.

5. Aktifkan Force GPU Rendering

Ini selalu ada di setiap hp android. Pertama aktifkan dahulu developer option.

Caranya, masuk ke about phone, lalu tekan versi hp anda.

Pada HP Xiaomi anda bisa menekan MIUI Version sebanyak 7 kali berturut-turut.
Nanti developer option akan muncul di menu setting/pengaturan.
Masuk ke sana lalu cari Force GPU Rendering.

Ini akan membuat hp anda dipaksa untuk menjalankan kemampuan grafiknya dengan maksimal.

Akhir kata

Nah, itu dia tips dari saya mengenai cara supaya main PUBG tidak nge-lag. Dengan mengaplikasikan tips ini saya percaya anda akan merasakan performa game PUBG yang lebih baik, dan terakhir yang tidak kalah penting adalah pastikan jaringan internet kalian saat main game juga stabil.

Kalau anda punya tips lain silahkan tambahkan di kolom komentar di bawah.

Semoga artikel ini bermanfaat.