Terbaru, Hari Ini Pagespeed Insight Google Berubah Tampilan, Cek Fitur Terbarunya

quotes android photography pubg mobile legend aplikasi whatsapp gapps apk teknik fotografi kamera dslr bluetooth headset insurance foto keren

mrfdn - Hari ini sepulang kuliah barusan, sudah kenyang, saatnya buka laptop bentar, browsing sana sini. Dan seperti biasa blog walking buat nyari referensi. Sekalian nyari kenalan baru juga.. Hehehe..

Dalam penjelajahan blog walking malam ini saya menemukan blog-blog yang baru saya datangi. Saya menemukan tampilan blog yang istimewa, keren-keren.

Bukan hanya tampilannya yang keren, tetapi konten yang disuduhkan juga keren bingits..

Kemudian kalau saya menemukan blog keren, saya biasanya melakukan ctrl+u, dan mengecek pagespeed nya.

Ini adalah hal yang iseng sekali..

Sebagai blogger pemula mungkin ini hal yang wajar lah ya.. Hihiihi..

Tetapi hari ini ada yang mengejutkan bagi saya yang sudah rutin mengunjungi situs milik google satu ini.

Halaman Pagespeed Insight Google yang baru

Saya menemukan tampilan yang berbeda dari hari kemarin pada halaman developers google. Page speed insight telah berubah tampilan.

Kamu tahu gak perubahan yang dilakukan google? Kalau belum silahkan perhatikan tampilan baru di bawah ini.

Saya sampai tidak sempat mengabadikan tampilan lama dari page speed insight.

Sebagai informasi bagi yang belum tahu, pagespeed insight adalah layanan google untuk anda bisa mengecek seberapa cepat halaman website/situs/blog yang anda punya. Caranya sangat gampang, anda tinggal mengetikkan alamat blog anda, dimulai dari https://....com

Setelah itu tekan analyze.

Selain halaman depan situs blog anda, silahkan juga cek halaman postingan anda yang dimulai dari https://....html

Ini penting, karena anda bisa membandingkan seberapa cepat halaman home atau halaman utama blog anda atau landing page nya, dengan halaman postingan artikel anda. Apakah sama-sama cepat atau terdapat perbedaan.

Dengan hasil yang didapatkan anda bisa memperbaiki bagian mana dari blog anda yang sebaiknya ditingkatkan. Terkadang hasilnya menunjukkan perlambatan terdapat di javascript yang load untuk membuka blog anda. Anda bisa mempertimbangkan untuk membiarkannya atau menghilangkannya.


Nah, setelah itu google akan menampilkan angka dari 0 sampai 100.

Jika hasilnya menunjukkan angka 0-49 maka kecepatan situs anda terbilang slow/lambat
Jika hasilnya menunjukkan angka 50-89 maka kecepatan situs anda terbilang rata-rata
Jika hasilnya menunjukkan angka 90-100 maka kecepatan situs anda terbilang cepat.

hasil pemeriksaan pagespeed insight terbaru dari google
Hasil pemeriksaan halaman landing page blog ini jika diakses malalui desktop.
Hasil analisis google pagespeed insight mengakses landing page situs ini dari smartphone.

Pada bagian hasil pengecekan, sebelumnya saya tidak pernah melihat tulisan ini,

The speed score is based on the lab data analyzed by lighthouse.

Lighthouse sendiri adalah salah satu extension yang diinstall di browser google chrome di desktop anda untuk mengecek berapa nilai performa blog anda. Mulai dari kecepatan sampai skor seo nya.

Rata-rata blog dengan template amp memiliki kecepatan yang sangat baik.

Mengukur kecepatan ini sangat perlu bagi pemilik situs/website/blog, pasalnya ini berpengaruh kepada pengalaman pengunjung dalam mengakses blog anda.

Jika blog anda terbilang lambat, maka bisa jadi pengunjung akan menutup halaman situs anda sebelum melihat halaman website anda yang sebenarnya.

Selain itu, kecepatan blog juga dinilai oleh google sebagai salah satu hal pertama yang penting terkait dengan CTR atau click through ratio bagi yang bermain google adsense.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata orang akan meninggalkan situs yang dibukanya jika halaman yang diaksesnya lebih dari 3 detik.

Maka di sinilah anda bisa mengecek seberapa cepat situs anda. Kalau situs anda benar-benar cepat, selamat anda sudah selangkah lebih maju, sekarang anda pun tinggal mencari traffic yang banyak untuk situs anda.

Mengenai nilai situs mrfdn.com


Saya juga sering memperhatkan hal ini. Kemarin-kemarin sebelum tampilannya berubah seperti sekarang, nilai situs saya hanya berada di angka 60 dan 70 saja. Tetapi setelah berubah tampilan alangkah kagetnya saya ketika melihat hasilnya menjadi 97-100.

Bagi kamu yang nilai nya sudah di atas angka 90 an mungkin biasa saja, tetapi bagi saya ini sesuatu yang spesial banget loh.. Sebuah angka yang saya cita-citakan. Hhehe.. Thank you Google.

Sekarang silahkan mengecek situs anda sendiri di halaman Pagespeed Insight Google.