Panduan Berwisata di Makassar dan Sekitarnya Satu sampai Empat Hari

Apa yang bisa dilakukan jika berkunjung ke Kota Makassar meskipun hanya satu atau dua hari? 

wisata di makassar

mrfdn - Berkunjung di kota Makassar bagi sebagian orang punya tujuan tertentu. Ada yang karena kerjaan, ada yang datang untuk hunting foto, ada juga yang ingin berwisata.

Bagi mereka yang ingin berwisata di kota Makassar, hanya ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi. Dan lebih banyak tempat di luar daerah Makassar.

Bagi saya sebenarnya di kota Makassar itu hanya ada beberapa tempat wisata, dan banyak sekali tempat kuliner.

Jadi berkunjung di kota Makassar dengan tujuan wisata tentu ada baiknya datang dengan persiapan yang cukup.

Kali ini saya akan bagikan tips tentang berwisata di kota Makassar.

1. Tempat berwisata di Makassar

Di sini saya mencoba membagikan tempat wisata yang bisa didatangi. Beberapa di antaranya sangat instagramable. Tempat wisata tersebut ada di dalam kota dan luar kota

Wisata Dalam kota Makassar

Jika anda datang ke kota Makassar hanya sehari atau dua hari saja. Mungkin tempat wisata dalam kota Makassar berikut bisa anda kunjungi.

1. Benteng Fort Rotterdam

Terletak di jalan pasar ikan, benteng rotterdam yang dahulunya disebut sebagai benteng panyyua, adalah tempat yang pas. Pannyyua artinya penyu, karena bentuk benteng ini kalau dilihat dari atas berbentuk seperti penyu.

Di sana anda bisa melihat benteng yang besar peninggalan jaman kompeni.

Sumber wikipedia.

Di dalamnya terdapat galeri museum Lagaligo. Di dalam museum tersebut terdapat berbagai macam barang pusaka peninggalan raja-raja.
wisata di makassar musium lagaligo fort rotterdam


Mengunjungi tempat ini anda akan dibawa ke masa lalu.

Anda bisa berkunjung dari jam 7 pagi sampai jam 6 sore. Perlu anda ketahui bahwa Benteng Rotterdam selalu ramai setiap hari. Paling ramai pada hari sabtu dan minggu, terutama sore hari.
jalan-jalan di benteng roterdam


Tidak ada biaya yang dikenakan untuk berkunjung ke sini. Gratis.

2. Museum kota Makassar

Lokasi selanjutnya adalah museum kota Makassar.

Terletak di jalan Balaikota. Anda bisa datang dan melihat sebuah tempat yang indah.
museum kota makassar wisata di makassar
Museum Kota Makassar


Di dalamnya terdapat banyak sekali foto-foto keadaan Makassar jaman dahulu. Mukai dari jaman belanda, jaman jepang, sampai jaman sekarang. Terlihat perkembangan jaman yang akan membawa anda ke masa lalu.

Mengunjungi tempat ini gratis. Buka setiap hari kecuali hari Minggu.

3. Pantai Losari

Selanjutnya, ada pantai losari. Di sana anda bisa datang kapan saja, pagi, siang, sore, malam. Terserah.
wisata di makassar foto pantai losari
Pantai Losari di pagi hari

Lokasi yang menjadi icon kota Makassar ini sangat terkenal. Katanya belum berkunjung ke Makassar kalau belum menginjakkan kaki di pantai losari.

Pantai losari biasa juga disebut panlos. Waktu paling ramai adalah sore hari sampai malam hari.

Sore hari karena di sana anda bisa menikmati sunset. Ada yang bilang sunset di kota Makassar itu salah satu yang spesial di Indonesia.

Mengunjungi pantai losari jangan berharap akan menemukan pantai dengan pasir putih. Tidak ada sama sekali. Yg ada hanya bibir pantai yang serupa tanjung dengan beton di segala area.

Tapi tidak usah khawatir, tempat ini sangat berkesan kok ketika anda mengunjunginya.

4. Pulau Samalona

Jika anda memang ingin mengunjungi pantai, silahkan datang ke pulau Samalona.
wisata di makassar hunting di pulau samalona
Hunting model di pulau Samalona, foto pulaunya cari sendiri ya di google, soalnya pulaunya lumayan gede, gak muat lensa kamera ku. :D


Teletak di seberang kota Makassar. Pulau ini bisa ditempuh dengan waktu 30 menit dengan perjalanan dari pelabuhan Kayu Bangkoa yang terletak di jalan pasar ikan.

Biaya sewa kapal bermacam-macam. Tergantung banyaknya orang. Saran saya supaya murah anda datang berombongan. Biaya sewa kapal sudah dihitung biaya pulang-pergi.

Jika anda datang pagi hari, dan ingin kembali pada sore hari, nanti akan dijemput oleh pengemudinya. Jangan lupa meminta nomor hp pengemudinya supaya anda bisa menelponnya kapan pun anda ingin minta dijemput.

Sebenarnya pulau samalona adalah yang terjauh dari kota Makassar. Dalam perjalanan ke sana anda akan melewati beberapa pulau seperti pulau lae-lae, pulau gusung, dan pulau kayangan. Sebenarnya anda juga bisa berkunjung dari satu pulau ke pulau yang lain.

Baca juga :: Tempat hunting foto keren di Makassar

Wisata Luar kota sekitar Makassar

Jika anda memiliki waktu yang luang di kota Makassar seperti 3-4 hari, sempatkan waktu untuk berkunjung ke tempat wisata sekitar kota Makassar.

Berikut tempat wisata luar kota Makassar yang bisa anda kunjungi.

1. Rammang-rammang, Maros

Entah sudah berapa banyak orang yang berkunjung ke tempat ini. Saya sendiri sangat jarang berkunjung. Bukan karena tidak suka, tapi karena tidak ada keperluan saja.

Saya biasanya ke rammang-rammang untuk mengantar orang/tamu. Yah.. jadi semacam guide lah gitu. Hehe..

Dan yang paling banyak berkunjung ke sana tidak lain adalah para fotografer.

Banyak sekali yang terpesona dengan keindahan rammang-rammang. Mengunjungi tempat ini baiknya dilakukan pada pagi hari. Atau sore hari.

Biasanya fotografer akan datang ke sana sebelum jam 5 pagi.

Perjalanan dari Makassar bisa ditempuh dengan waktu 1 jam (kalau tidak macet). Kalau tidak ada teman, anda bisa mengorder Grab atau Gocar untuk mengantar anda ke sana.

Sesampai di sana anda bisa start dari dermaga luar atau dermaga dalam.

Dermaga luar terdapat di pinggir jalan poros, sedangkan dermaga dalam terdapat di dalan rammang-rammang.

Memasuki ke dermaga dalam anda akan menikmati pemandangan alam persawahan dan melihat batu karst yang tinggi megah. (lebay) tapi beneran keren loh.

Selanjutnya anda akan menaiki perahu. Biaya sewa perahu sudah tertulis didermaga. Maksimal satu perahu 6-10 orang.

Anda akan diantar ke dalam desa rammang-rammang. Di dalam anda akan menemukan pemandangan yang indah, dan sebagai catatan waktu yang paling tepat adalah pada pagi hari sebelum matahari terbit.
spot foto pemandangan batu karst rammang-rammang maros wisata di makassar
Spot foto ini hanya saya yang punya. Belum pernah saya melihat foto yang sama dengan punya saya ini di Rammang-Rammang. Meskipun jelek begini, foto ini pernah sekali menang di lomba foto dan beberapa kali masuk nominasi. Jadi tolong jangan dipergunakan untuk kebutuhan apapun. ~best regard.


Menyaksikan sunrise dari kampung berua sangat berkesan deh pokoknya.

Saya menulis pengalaman saya memotret di Rammang-rammang di artikel ini.

2. Bantimurung, Maros

Satu lagi tempat yang bisa anda kunjungi di luar kota Makassar adalah bantimurung. Terletak kurang lebih 30km dari kota Makassar.

Di sana anda akan menemukan tempat penangkaran kupu-kupu.

Selain itu terdapat pula air terjun. Anda bisa berenang di sana. Menikmati segarnya air terjun dari sungai yang mengalir.

3. Kabupaten Toraja

Toraja adalah tempat wisata favorit di sulawesi selatan. Jika anda ingin menghabiskan waktu yang panjang di Makassar, tidak ada salahnya berkunjung ke toraja.

Terketak di bagian utara sulawesi selatan. Toraja bisa ditempuh dalam waktu 8 jam dari kota Makassar. Berangkat menggunakan bus pada malam hari, anda akan tiba di toraja pada pagi hari.

Selanjutnya silahkan kunjungi tempat-tempat wisatanya seperti, Kete Kesu, Negeri di atas awan, dan lain-lain. Tidak ada pantai di Toraja karena daerah ini adalah pegunungan.
wisata di makassar dan sekitarnya negeri di atas awan tana toraja
Berfoto di Negeri di atas awan, Tana Toraja.


Kalau beruntung anda akan mendapatkan upacara adat pemotongan kerbau.

4. Kabupaten Bulukumba

Nah, pilihan lain ada juga yang seru. Bagi anda yang senang dengan ke pantai silahkan habiskan beberapa hari di bulukumba.

Di bulukumba ada banyak sekali pantai. Daerah ini dikelilingi oleh pantai. Mulai dari bira, di sebelah timur anda akan menemukan pantai Kapoposang, pantai Samboang, Apparallang, pantai Ujung Tiro.

Sedangkan pada bagian barat anda akan menemukan pantai Bara, pantai Lemo-lemo, dan beberapa pantai yang tidak saya ketahui namanya.
wisata di makassar pantai bara bulukumba
Berfoto di pantai Bara, Bulukumba di pagi hari. Pantai yang masih alami, belum terjamah.


Anda pasti sudah tahu apa yang dilakukan ketika di pantai!

Selain wisara pantainya, bulukumba juga menyimpan objek wisata yang menarik. Anda bisa berkunjung ke daerah Kajang. Sebuah tempat yang terisolir. Tidak ada listrik, penduduknya hidup dengan cara yang tradisional. Uniknya adalah penduduknya semua memakai pakaian yang serba hitam. Katanya kalau mau masuk ke sana harus berpakaian hitam-hitam juga.

Nah itu dia tempat lokasi wisata di luar kota Makassar. Ada Rammang-rammang, Bantimurung, Toraja, dan Bukukumba. Silahkan luangkan waktu yang sedikit banyak untuk berkunjung ke sana.

2. Mencicipi kuliner di kota Makassar


Nah, sekarang mari kita mencicipi kuliner kota Makassar. Hhmm.. Ada yang sudah lapar belum?


Baiklah, bagi anda yang penasaran dengan kuliner kota Makassar.

Coto
Pertama ada coto Makassar, yang bisa anda temukan di banyak tempat di kota Makassar.

Coto bukan soto ya. Makanan yang berupa daging dan jeroan, yang dihidangkan dengan ketupat. Sangat enak disantap pagi atau siang hari.

Pallubasa
Selanjutnya ada pallubasa. Sama seperti coto, daging dan jeroan juga, tetapi beda bumbunya. Sangat mantap disantap di malam hari.

Pisang ijo
Kalau anda mencari cemilan anda mungkin bisa mencoba pisang ijo. Pisang ijo ini sangat nikmat disantap siang hari panasnya kota Makassar.

Pisang epe
Kalau sore hari anda mungkin mencari cemilan, silahkan ke kawasan pantai losari. Di sana anda akan menemukan banyak gerobak. Mereka menjual pisang epe.

Ada berbagai rasa pisang epe ini, bisa dicampur gula merah, coklat, atau keju.

Selengkapnya baca disini. Daftar kuliner dan oleh-leh kota Makassar.

Akhir kata

Demikian artikel mengunjungi kota Makassar. Ada berbagai tempat wisata dan kuliner yang bisa anda kunjungi selagi di kota daeng.

Semoga bermanfaat. All photos are taken by me.